Resep Martabak Manis Mini yang Simple dan Lezat

Resep Martabak Manis  – Kumpul keluarga rasanya tidak akan lengkap tanpa kehadiran cemilan yang nikmat. Anda bisa membuat sendiri cemilan untuk keluarga di rumah. Salah satu cemilan yang bisa anda buat yaitu martabak. Martabak merupakan cemilan manis yang dibuat dari aneka bahan-bahan dengan topping lezat sebagai pelengkapnya.

Agar lebih praktis, anda bisa membuat martabak mini di rumah. Ukurannya yang kecil akan lebih mudah untuk dibuat, oleh karena itu resepnya  banyak dicari.

Selain dijadikan sebagai cemilan, martabak manis mini juga bisa anda buat untuk acara spesial. Agar lebih spesial, anda bisa menambahkan aneka topping di atasnya sesuai selera. Anda juga bisa mencampurkan banyak topping supaya semakin nikmat. Nah, untuk anda yang penasaran dan ingin membuat martabak manis mini, anda bisa simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Resep Martabak Manis Mini yang Simple dan Lezat

Sajian Dessert
Masakan Indonesian
Keyword martabak keju, martabak manis, resep martabak manis
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 40 menit
Porsi 4
Kalori 149 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan Untuk Kulit

  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 650 ml air
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 2 butir telur

Bahan Untuk Taburan

  • 1/2 sdt gula pasir
  • 25 gram keju parut
  • 1/2 sdm mentega asin
  • 1 sdm meises
  • 1/2 sdm susu kental manis
  • 1/4 sdt wijen sangrai

Langkah-langkah

Cara Membuat Kulit

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu membuat kulit untuk martabak. Silakan anda ambil tepung terigu beserta baking powder yang sudah anda  sediakan. Kemudian ayak keduanya.

  2. Setelah itu, masukan gula pasir yang sudah anda sediakan sesuai dengan takaran yang telah ditentukan. Lalu silakan aduk-aduk semua bahan hingga merata.

  3. Selanjutnya, masukan vanili bubuk, telur dan garam. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata.

  4. Silakan ambil air, lalu tuangkan sedikit demi sedikit. Anda bisa sambil mengkocok adonan dengan kecepatan sedang, yakni 20 menit hingga adonan menjadi lembut. Jika sudah, diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam.

  5. Berikutnya silakan adonan ditimbang sebanyak 125 gram. Lalu masukan baking powder sebanyak ¼ sendok teh. Aduk-aduk kembali hingga semua adonan tercampur merata.

Cara Membuat Martabak Manis Mini

  1. Silakan ambil cetakan martabak mini. Lalu panaskan beberapa saat.

  2. Setelah cekatan martabak panas, anda bisa menuangkan adonan yang sudah dibuat. Tunggu sekitar 15 menit dan biarkan hingga adonan berbusa. Apabila sudah seperti itu, anda bisa mengecilkan api kompor.

  3. Ambil gula pasir yang sudah disediakan. Lalu taburkan gula pasir sebanyak ½ sendok teh di atas adonan. Anda bisa membiarkannya beberapa saat hingga berlubang.

  4. Kemudian tutup adonan dan tunggu hingga matang. Jika sudah matang, anda bisa mengangkatnya.

  5. Setelah itu, silakan oleskan ½ sendok makan mentega asin di atas martabak manis. Lalu anda bisa menaburinya gula pasir, wijen, meises, susu kental manis dan keju parut di atasnya.

  6. Terakhir anda bisa menyajikan martabak manis mini ini untuk keluarga tercinta di rumah. Rasanya yang lezat tentu akan membuat anda dan keluarga ketagihan. Selain itu, cara membuatnya yang mudah bisa anda ikuti di rumah dengan mudah.

 

Nah, itulah resep martabak mini manis yang bisa anda coba di rumah untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba.

Loading...

Leave a Reply






Show Buttons
Hide Buttons