Resep Mac And Cheese Enak

Resep Mac And Cheese Enak – Macaroni and cheese biasanya disajikan untuk menu sarapan, selingan maupun untuk makan siang praktis. Resep makaroni ini sangat praktis, mudah dibuat dan tentunya rasanya sangat lezat. Ketika menyantapnya anda akan merasakan rasa keju yang kaya dengan tekstur yang creamy dan tentunya bikin ketagihan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa dijamin akan menyukai sajian nikmat ini.

Meskipun saat ini sudah ada mac and cheese instan, namun tidak ada salahnya jika anda membuatnya sendiri di rumah, karena cara membuatnya mudah dan siapapun pasti bisa membuatnya. Yuk simak resep mac and cheese di bawah ini.

Resep Mac And Cheese Enak

Sajian macaroni and cheese ini terbuat dari bahan utama pasta jenis macaroni elbow. Kemudian pasta diaduk dengan saus keju dan dicampurkan dengan keju cheddar. Bisa langsung disantap atau dipanggang terlebih dahulu.

Sajian Main Course
Masakan Italian
Keyword Pasta, Pasta macaroni, Resep pasta
Waktu Persiapan 15 minutes
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 4 porsi
Kalori 164 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 250 macaroni Elbow
  • 1.5 liter air

Bahan Untuk Saus

  • 2 sendok makan mentega
  • 1/2 sendok teh gar
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 100 gram keju mozzarella parut
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 250 ml susu cair
  • 100 gram keju cheddar parut

Langkah-langkah

Cara Membuat Mac And Cheese

  1. Setelah semua bahan-bahan disiapkan, langkah selanjutnya yaitu membuat sajian mac and cheese. Pertama, silakan siapkan panci yang akan digunakan untuk merebus macaroni. Lalu masukan air ke dalamnya. Tambahkan sedikit garam.

  2. Didihkan air dalam panci tersebut. Lalu masukan macaroni yang sudah anda sediakan. Rebus macaroni dengan menggunakan api sedang sampai hampir lunak. Jika sudah seperti itu, silakan angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

  3. Langkah berikutnya yaitu membuat saus. Silakan lelehkan mentega yang telah disediakan di atas api kecil.

  4. Selanjutnya masukan tepung terigu. Aduk-aduk hingga bergumpal rata.

  5. Kemudian tuangkan susu sambil saus diaduk terus menerus hingga terigu larut, serta saus menjadi adonan yang licin dan mendidih.

  6. Jika sudah seperti itu, tambahkan garam dan merica. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata.

  7. Tambahkan macaroni yang sudah direbus tadi. Aduk-aduk kembali hingga tercampur dengan merata.

  8. Tambahkan sebagian keju cheddar serta keju mozarella. Aduk-aduk sampai kejunya meleleh. Jika sudah seperti itu, anda bisa mengangkatnya.

  9. Setelah itu, silakan sediakan mangkuk saji. Lalu tuangkan makaroni ke dalam mangkuk saji tersebut.

  10. Di atasnya silakan taburkan sisa keju cheddar serta mozarella. Tunggu hingga meleleh.

  11. Apabila anda akan memanggangnya, anda bisa memasukan macaroni cheese ini dalam oven panas. Panggang dengan suhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 10 menit.

  12. Terakhir anda bisa langsung mengangkat dan menyajikannya.

Catatan Resep

Tips Membuat Mac And Cheese

Berikut ini beberapa tips yang harus anda perhatikan saat membuat sajian mac and cheese.

  • Ada banyak bentuk macaroni yang bisa kita temukan di pasaran. Jika anda  akan menggunakan macaroni panjang, maka sebaiknya potong-potong terlebih dahulu sepanjang 3 cm.
  • Ketika merebus macaroni untuk sajian mac and cheese, anda harus memperhatikan kematangannya. Pastikan macaroni tidak direbus terlalu lunak. Pasalnya, macaroni nantinya akan dipanggang lagi dan apabila didiamkan akan makin lunak.
  • Adapun jenis keju yang bisa anda gunakan untuk sajian mac and cheese ini yaitu mozarella, smoked cheddar atau keju parmesan. Supaya dapat meleleh rata, anda bisa menyerut kasar keju.

Sajian mac and cheese sudah selesai dibuat. Yuk buat di rumah dan sajikan di tengah-tengah keluarga tercinta. Selamat mencoba di rumah.

Baca juga : Resep Wingko Babat Empuk

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Pasta Italia Fettucini Aglio Olio yang Mudah nan Enak

Tinggalkan komentar

Rating Resep