Resep Lempeng Pisang Enak

Resep Lempeng Pisang Enak – Pisang merupakan buah yang kaya akan vitamin dan serat yang bermanfaat untuk kesehatan. Buah pisang itu sendiri banyak jenisnya. Bisa kita nikmati langsung saat sudah matang ataupun diolah menjadi berbagai makanan yang lezat. Salah satu olahan buah pisang yang paling sederhana yaitu pisang goreng. Selain itu buah pisang juga bisa diolah menjadi bolu pisang, pisang karamel, lempeng pisang dan lain sebagainya.

Nah, berbicara tentang lempeng pisang, lempeng pisang itu sendiri merupakan olahan pisang yang berasal dari Banjar. Resepnya hampir mirip seperti pancake pisang. Hanya saja, yang membedakannya yaitu adonan lempeng pisang menggunakan pisang yang dipotong dadu, diiris melintang ataupun dihancurkan kasar. Sehingga saat menikmati sajian lempeng pisang ini kita bisa menikmati tekstur asli dari buah pisang.

Untuk anda yang punya stock pisang matang di rumah, anda boleh mencoba membuat sajian lempeng pisang ini. Resepnya mudah dan cara membuatnya sederhana. Yuk simak resep dan cara membuat lempeng pisang di bawah ini.

Resep Lempeng Pisang Enak

Lempeng pisang, terbuat dari adonan tepung terigu dengan campuran pisang matang yang dipotong atau diiris. Adonan kemudian dimasak dalam pan anti lengket. Setelah matang bisa disajikan dengan aneka toping sesuai selera.

Sajian Dessert
Masakan Indonesian
Keyword Resep lempeng pisang, Resep olahan pisang, Resep pisang
Waktu Persiapan 5 minutes
Waktu Memasak 45 minutes
Porsi 3 porsi
Kalori 193 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 5 buah pisang raja
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 200 ml susu cair
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan margarin yang dilelehkan
  • Margarin secukupnya yang akan digunakan untuk memasak

Langkah-langkah

Cara Membuat Lempeng Pisang

  1. Pertama-tama langkah yang dapat anda lakukan yaitu memotong dadu pisang yang sudah disediakan. Selain dipotong dadu, anda juga bisa mengirisnya atau menghancurkan kasar pisang. Jika sudah, silakan sisihkan.

  2. Selanjutnya silakan siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Lalu dalam wadah masukan semua bahan-bahan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Aduk semua bahan hingga merata, kecuali pisang. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.

  3. Setelah itu, silakan panaskan pan ati lengket dengan menggunakan api kecil. Lalu setelah panas, bisa diolesi dengan menggunakan margarin. Oles tipis saja.

  4. Potongan pisang silakan masukan ke dalam adonan yang sudah anda buat. Jika sudah, aduk-aduk hingga tercampur dengan merata.

  5. Ambil adonan sebanyak satu sendok sayur. Lalu tuangkan di atas pan. Tunggu beberapa saat hingga muncul gelembung-gelembung, serta bagian pinggir warnanya berubah menjadi kecoklatan.

  6. Jika sudah seperti itu, kue bisa anda balik dan tunggu hingga bagian sisinya masak.

  7. Jika sudah matang, anda bisa angkat kue dan sajikan pada tempat saji yang sudah disediakan.

Catatan Resep

Tips Membuat Lempeng Pisang

Ada beberapa tips yang dapat anda simak saat membuat lempeng pisang seperti berikut ini.

  • Selain menggunakan susu cair, anda juga bisa menggunakan santan.
  • Apabila adonan yang anda buat terlalu kental, anda bisa menambahkan air atau susu lagi.
  • Untuk menikmati lempeng pisang yang lebih nikmat, anda bisa menyajikannya bersama aneka topping seperti madu, potongan buah segar atau susu kental manis sesuai dengan selera.

Sajian lempeng pisang sudah selesai dibuat. Anda bisa membuatnya di rumah untuk kudapan nikmat bersama keluarga tercinta. Anda bisa menambahkan aneka topping agar cita rasa dari lempeng pisang semakin nikmat. Selamat mencoba.

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Onde-Onde Ketawa Keju yang Renyah dan Spesial

Tinggalkan komentar

Rating Resep