Resep Kulit Martabak yang Praktis, Sederhana dan Tidak Mudah Robek

Sekali-kali anda bisa membuat martabak sendiri di rumah. Nah, agar tidak gagal anda bisa simak resep dan cara membuat kulit martabak yang praktis, sederhana dan tidak mudah robek seperti di bawah ini.

Resep Kulit Martabak
5 from 1 vote
Print

Resep Kulit Martabak yang Praktis, Sederhana dan Tidak Mudah Robek

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword kulit martabak, martabak asin, resep martabak
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 1 jam
Porsi 12 buah

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 300 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 ml air putih
  • 35 ml minyak sayur
  • 2 butir telur bebek
  • 1/2 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah

Cara Membuat Kulit Martabak

  1. Pertama kali, langkah yang harus dilakukan yaitu menyiapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat kulit martabak. Anda bisa menggunakan mangkuk yang ukurannya besar.

  2. Selanjutnya silakan masukan beberapa bahan seperti putih telur dan tepung terigu yang telah anda sediakan. Aduk bahan-bahan ini hingga tercampur dengan merata.

  3. Ambil minyak sayur yang sudah anda sediakan, lalu tuangkan dengan menggunakan sendok sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Lalu anda bisa uleni adonan hingga tercampur dengan merata.

  4. Kemudian dengan bergantian silakan masukan air dan minyak. Masukan sedikit demi sedikit sambil adonan diuleni agar tidak menjadi lengket. Anda bisa melakukan langkah ini sampai adonan menjadi kalis dan lemas.

  5. Apabila adonan sudah seperti itu, anda bisa mendiamkannya dalam mangkuk. Lalu untuk permukaan adonan silakan dibalut dengan menggunakan plastik. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

  6. Selanjutnya silakan adonan dibagi menjadi beberapa bagian dengan ukuran sesuai dengan selera. Misalkan anda bisa membaginya menjadi 12 buah dengan berat tiap adonan 40 gram.

  7. Jika adonan sudah dibagi menjadi beberapa bagian, anda bisa memindahkannya dalam mangkuk yang ukurannya lebih kecil.

  8. Silakan minyak goreng dituangkan ke dalam mangkuk sampai semua permukaan adonan menjadi terendam. Anda bisa mendiamkannya dalam suhu ruangan minimal selama 4 jam.

  9. Kulit martabak siap digunakan. Anda bisa langsung membuat marabak telur spesial kesukaan keluarga.

Ketika membuat kulit martabak ini anda harus memperhatikan urutan dalam pembuatannya. Sebab nantinya akan berpengaruh untuk hasil akhir. Ketika memasukan garam pastikan saat tepung telah dicampur dengan air, jangan dibalik.

Lihat juga : Aneka Resep Martabak

Resep dan Cara Membuat Kulit Martabak Manis

Resep Kulit Martabak

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 150 gram gula pasir
  • 2 kuning telur
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 650 ml air
  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt baking powder

Cara Membuat Kulit Martabak Manis

  1. Pertama,silakan masukan 1 butir telur ke dalam wadah. Lalu kocok lepas.
  2. Selanjutya, untuk 2 kuning telur juga silakan dikocok lepas.
  3. Setelah itu, silakan baking powder dan tepung terigu di ayak. Lalu masukan gula pasir dan aduk-aduk hingga tercampur merata.
  4. Tambahkan bahan-bahan yang lainnya seperti vanili bubuk, telur yang sudah dikocok dan garam. Aduk-aduk lagi semua bahan hingga tercampur merata.
  5. Kemudian silakan sedikit demi sedikit tuangkan air sambil adonan dikocok dengan kecepatan rendah hingga lembut. Lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam. Jika sudah didiamkan, adonan bisa anda gunakan.
  6. Silakan adonan ditimbang 250 gram. Lalu tambahkan baking powder sebanyak ¼ sendok teh. Aduk-aduk hingga semua adonan tercampur dengan merata.
  7. Silakan panaskan cetakan martabak manis dengan menggunakan api sedang. Tuangkan adonan pada cetakan dan tunggu selama kurang lebih 15 menit.
  8. Diamkan hingga adonan berbusa. Lalu kecilnya apinya dan biarkan lagi hingga berlubang.
  9. Selanjutnya taburkan gula pasir, tutup dan tunggu hingga matang. Jika sudah, anda bisa mengangkatnya.

Kulit martabak manis sudah selesai dibuat. Langkah selanjutnya yaitu menambahkan aneka topping martabak untuk disajikan pada keluarga tercinta.

Baca juga : Resep Kuping Gajah

Tips Membuat Kulit Martabak Agar Tidak Mudah Sobek

Dalam membuat martabak telur, salah satu hal yang lumayan sulit yaitu mencegah kulit sobek. Nah, agar saat membuat martabak di rumah kulitnya tidak mudah sobek, anda bisa perhatikan beberapa tips membuat kulit martabak berikut ini.

Menggunakan Tepung Terigu Protein Tinggi

Tips pertama yang harus diperhatikan dalam membuat kulit martabak agar tidak mudah robek yaitu dengan memakai tepung terigu protein tinggi. Tepung terigu ini bisa dipakai untuk membuat roti. Anda bisa memilih tepung terigu protein tinggi di pasaran, saat ini banyak merek yang bisa anda jadikan pilihan. Tepung terigu ini memiliki kandungan gluten tinggi sehingga kulit martabak akan menjadi elastis. Gluten akan menjadikan kulit martabak tidak menjadi mudah robek.

Air Dituangkan Sedikit Demi Sedikit

Ketika anda menuangkan air ke dalam adonan, anda harus menuangkannya sedikit demi sedikit. Ini dilakukan agar gluten dapat dengan sempurna terbentuk.

Diamkan Adonan Selama 30 Menit

Apabila adonan martabak sudah terbentuk, anda bisa mendiamkannya atau mengistirahatkannya selama kurang lebih setengah jam.  Dengan proses istirahat ini nantinya gluten akan semakin terbentuk. Sehingga dengan begitu kulit martabak akan menjadi semakin lentur, tidak mudah sobek dan elastis. Setelah itu, adonan bisa anda potong-potong, lalu rendam dalam minyak.

Rendam Dalam Minyak

Hal yang tidak kalah penting lainnya yaitu proses perendaman. Apabila adonan tidak direndam dengan minyak, adonan tidak akan menjadi elastis. Anda juga harus melakukan proses perendaman dengan benar. Adonan yang sudah dibagi-bagi dapat direndam dengan minyak selama kurang lebih 2 jam.

Selain beberapa tips di atas,  anda juga harus memperhatikan bagaimana cara yang benar saat melebarkan kulit martabak.

Tips Membuat Martabak Manis Agar Lembut dan Bersarang

  1. Agar martabak manis teksturnya lembut dan bersarang, anda harus perhatikan beberapa tips ini.
  2. Memakai bahan pengembang. Martabak manis teksturnya akan berserat, bersarang atau berpori sebab terdapat gelembung terjebak pada adonan. Dimana gelembubg ini akan muncul sebab adonan ditambahkan pengembang seperti baking powder, baking soda dan ragi. Pilihlah salah satu pengembang atau anda bisa mengkombinasikan dua bahan.
  3. Menggunakan wajan anti lengket dan tebal. Apabila anda ingin martabak matang dengan sempurna, anda bisa menggunakan wajan yang paling tebal. Pastikan juga wajan atau panci yang dipakai antilengket sehingga martabak akan mudah untuk diangkat. Sehingga martabak akan matang merata.
  4. Wajan sudah panas sebelum digunakan. Tips lainnya agar martabak menjadi bersarang yaitu memasukan adonan ketika wajan sudah panas sempurna.
  5. Tutup wajan ketika adonan telah bulat dengan merata. Anda bisa menuangkan adonan pada wajan dan anda bisa meratakannya sampai berbentuk bulat. Agar pemukaan bagian atas segera matang anda bisa menutupnya ketika adonan sudah bulat merata.
  6. Oleskan mentega atau margarin saat martabak panas. Apabila permukaan martabak agak padat, anda bisa menaburkan secukupnya gula dan wajan silakan ditutup lagi. Jika pinggiran martabak lepas dari wajan, silakan buka tutupnya lalu oleskan mentega atau margarin pada permukaan martabak. Dengan tips ini tekstur martabak akan menjadi lembut dan lebih berasa.

Itulah resep kulit martabak praktis dan mudah dibuat serta beberapa tips yang harus diperhatikan saat membuat kulit martabak, baik martabak asin ataupun martabak manis.

One Response

  1. Serlin 23 Februari 2021

Leave a Reply

Rating Resep




 

Show Buttons
Hide Buttons