Resep Kue Sumpia Abon

Resep Kue Sumpia Abon – Jika anda sedang ingin menikmati cemilan tradisional dengan cita rasa asin dan tekstur yang renyah, kue sumpia adalah pilihan yang sangat tepat. Kue yang satu ini sudah banyak dikenal dan dapat anda jumpai di berbagai toko makanan ataupun oleh-oleh. Banyak yang meyebutkan bahwa kue sumpia berasal dari Bandung dan memang anda akan banyak menjumpai cemilan renyah ini saat anda berkunjung ke Kota Kembang.

Seperti yang anda ketahui, nama sumpia dari kue ini diambil dari bentuknya yang menyerupai lumpia hanya saja dengan ukuran yang lebih kecil. Tidak jauh dari lumpia, kue sumpia juga terdiri dari kulit lumpia yang digoreng dan diberi beraneka ragam isian. Bahan baku yang paling populer untuk dijadikan isian sumpia adalah udang dan abon.

Ternyata, membuat kue sumpia ini cukup mudah loh. Bahan baku yang digunakan dapat anda temukan di pasar tradisional ataupun supermarket. Peralatan memasak yang dibutuhkan pun sangatlah sederhana. Oleh karena itu, anda dapat menjadikan kue sumpia sebagai variasa cemilan di rumah yang dapat anda buat sendiri.

Pada resep kali ini, kita akan membuat sumpia dengan isian abon dan jika anda ingin menikmati sumpia dengan cita rasa yang lebih pedas, anda juga dapat menambahkan chili flakes pada isiannya. Langsung saja yuk kita simak resep kue sumpia abon di bawah ini!

Resep Kue Sumpia Abon

Kue sumpia terkenal dengan teksturnya yang garing dan renyah. Tidak heran jika kue yang satu ini banyak sekali digemari untuk dijadikan cemilan saat menonton TV atau bercengkrama bersama keluarga. Membuat kue sumpia ternyata tidak terlalu sulit dan anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan sangat mudah. Pada resep kali ini, kita akan membuat kue sumpia dengan isian abon yang sangat praktis!

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, resep sumpia abon, resep sumpia praktis
Waktu Memasak 45 minutes
Porsi 1 toples kecil

Bahan-bahan

  • 20 lembar kulit lumpia berukuran 20 x 20 cm
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan air
  • 200 gram abon sapi atau abon ayam
  • 2 sendok makan chilli flakes
  • minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Langkah-langkah

  1. Potong kulit lumpia menjadi masing-masing 5 x 5 cm, sisihkan.

  2. Dalam sebuah wadah, campurkan abon dengan chili flakes lalu aduk hingga merata, sisihkan.

  3. Larutkan tepung terigu bersama air dalam wadah terpisah.

  4. Ambil satu lembar kulit lumpia lalu letakkan sekitar 1/2 sendok makan campuran abon pada salah satu ujungnya. Lipat kulit lumpia hingga menyerupai amplop lalu gulung dan rekatkan dengan menggunakan larutan tepung. Ulangi langkah ini sampai semua kulit lumpia terpakai habis

  5. Panaskan minyak dengan api sedang lalu goreng sumpia hingga benar-benar terendam. Angkat sumpia ketika warnaya sudah terlihat kecoklatan. Tiriskan dan biarkan dingin lalu simpan di dalam toples kedap udara.

Salah satu tips untuk menghasilkan kue sumpia yang renyah dan garing adalah dengan menggunakan kulit lumpia impor. Ada bisa mendapatkannya di supermarket ataupun toko-toko online.

Pastikan anda menyimpan kue sumpia anda di dalam toples kedap udara yang ditutup dengan sangat rapat. Hal tersebut dikarenakan kue sumpia akan terasa alot dan kehilangan tekstur renyahnya apabila anda menyimpannya di ruangan terbuka atau di dalam toples yang tidak terutup rapat.

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Onde-Onde Pandan Isi Kacang Merah yang Lembut dan Enak

Selamat mencoba membuat kue sumpia di rumah!

(Baca juga: Resep Kue Pie Teflon)

Tinggalkan komentar

Rating Resep