Resep Kue Moci

Kue moci merupakan salah satu cemilan bercita rasa manis dengan tekstur yang kenyal.

Kue yang berasal dari negeri sakura ini sudah terkenal sejak dahulu kala di Indonesia dan digemari banyak orang.  Saat ini, kue moci telah banyak dimodifikasi dengan isian yang beragam, tidak hanya kacang hijau atau kacang tanah saja, anda juga dapat menikmati moci dengan isian es krim yang tentunya sangat lezat.

Ternyata membuat moci tidak sesulit yang anda bayangkan. Anda dapat membuatnya di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang cukup mudah didapatkan di pasar atau supermarket.

Jika anda memiliki stok tepung ketan di rumah, anda hanya perlu membeli bahan-bahan pelengkap lainnya karena tepung ketan adalah bahan utama yang akan digunakan dalam proses pembuatan moci kali ini. Untuk isiannya anda dapat berinovasi dengan isian apapun sesuai selera anda selain kacang tanah yang digunakan pada resep.

Berikut ini kami sajikan resep kue moci yang dapat anda coba di rumah dengan mudah.

Resep Kue Moci

Pada resep kue moci kali ini, kita akan menggunakan kacang tanah sebagai isiannya yang membuatnya menjadi kue moci tradisional khas Jepang. Bahan-bahan utama yang digunakan diantaranya tepung ketan, kacang tanah, dan tepung maizena, Tentunya bahan-bahan tersebut sangat mudah didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Sajian Snack
Masakan Japanese
Keyword Aneka resep Kue, kue moci, resep kue moci
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 10 buah

Bahan-bahan

Bahan Kulit Moci

  • 150 gram tepung ketan
  • 50 gram tepung beras
  • 60 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • pewarna makanan sesuai selera
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 60 gram tepung maizena untuk membalur kulit
  • 250 ml air

Bahan Isian

  • 100 gram kacang tanah
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan air hangat

Langkah-langkah

Cara Membuat Kue Moci

  1. Pertama-tama, kita buat isian kue mocinya terlebih dahulu. Sangrai kacang tanah yang telah disiapkan hingga muncul bintik hitam lalu matikan api. Setelah dingin kupas kacang yang telah disangrai.

  2. Siapkan blender atau food processor lalu haluskan kacang bersama gula pasir. Setelah halus buat bulatan-bulatan kacang dengan tekstur yang cukup padat, sisihkan.

  3. Kemudian, kita mulai membuat kulit mocinya. Sangrai tepung maizena yang akan digunakan untuk baluran moci, sisihkan.

  4. Buat adonan kulit moci dengan mencampurkan tepung ketan, tepung beras, garam, dan vanili dalam suatu wadah. Aduk hingga merata.

  5. Tuangkan 250 ml air secara perlahan dan hati-hati. Aduk rata hingga bertekstur agak kental dan tambahkan pewarna makanan sesuai selera.

  6. Saring adonan ke dalam teplon, masukan gula pasir dan minyak goreng, aduk secara merata.

  7. Nyalakan api dan aduk adonan moci hingga kalis dan matang. Matikan api dan biarkan adonan hinga terasa hangat.

  8. Ambil adonan moci secukupnya, pipihkan serta tambahkan isian kacang di tengahnya. Bulatkan adonan hingga terasa padat, baluri dengan maizena, dan kue moci siap dihidangkan.

Itulah resep kue moci yang tentunya sangat mudah untuk dicoba. Membuat kue moci juga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan yntuk dilakukan bersama anak-anak. Anda dapat memodifikasi resep di atas dengan menggunakan bahan isian lain sesuai selera, pewarna makanan yang menarik, dan membuat bentuk kue moci yang unik.

(Baca juga artikel lainnya: Resep Roti Maryam)

Baca Juga  Resep Matcha Fudgy Brownies

Tinggalkan komentar

Rating Resep