Resep Kue Lidah Kucing

Resep Kue Lidah Kucing – Secara sekilas saja, anda dapat dengan mudah membedakan kue lidah kucing dengan jenis kue kering lainnya. Ya, kue lidah kucing memang terkenal dengan bentuknya yang pipih dan memanjang yang secara sekilas terlihat seperti bentuk lidah kucing.

Untuk rasanya sendiri, kue lidah kucing terasa manis dengan tekstur yang garing dan renyah. Kue ini hampir selalu anda temukan pada saat perayaan hari lebaran karena banyak sekali digemari oleh banyak orang, terutama anak-anak.

Bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat kue lidah kucing tidak terlalu banyak dan peralatan yang dibutuhkan pun cukup sederhana. Selain itu, proses pembuatannya juga tidak sulit, sehingga sangat cocok menjadi pilihan untuk anda yang sedang ingin membuat kue lebaran sendiri di rumah.

Dibawah ini, kami sajikan resep kue lidah kucing yang dapat anda coba dengan sangat mudah di rumah!

Resep Kue Lidah Kucing

Salah satu cemilan yang wajib disajikan pada saat hari lebaran tiba adalah kue lidah kucing. Sajian yang terkenal dengan bentuknya yang lonjong dan tipis ini memang merupakan salah satu kue lebaran yang banyak digemari. Cita rasanya yang manis juga sangat lezat ketika disantap. Yuk kita simak resep lidah kucing yang dapat anda coba dengan sangat mudah di rumah!

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, kue lidah kucing, resep lidah kucing
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 1 toples ukuran sedang

Bahan-bahan

  • 100 gram tepung terigu protein rendah
  • 25 gram tepung maizenna
  • 60 gram margarin
  • 100 gram mentega dingin
  • 4 putih telur
  • 50 gram gula pasir
  • 75 gram gula pasir
  • 10 gram susu bubuk

Langkah-langkah

  1. Siapkan mixer, lalu kocok mentega, margarin, dan gula bubuk dengan menggunakan kecepatan tinggi hingga tampak pucat.

  2. Turunkan kecepatan mixer ke level rendah lalu tambahkan tepung terigu, tepung maizenna, dan susu bubuk. Kocok hingga semua bahan tercampur rata, sisihkan.

  3. Dalam wadah terpisah, kocok telur dan garam dengan menggunakan mixer dalam kecepatan tinggi hingga tampak berbusa. Tambahkan gula pasir dedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga tekstur adonan menjadi kaku.

  4. Masukkan campuran telur dan gula (meringue) ke dalam adonan terigu secara perlahan sambil diaduk lipat dengan menggunakan spatula sampai merata.

  5. Siapkan plastik segitiga, masukkan adonan ke dalamnya lalu potong ujungnya dengan diameter sekitar 1 cm

  6. Olesi loyang dengan sedikit mentega lalu semprotkan adonan kue ke atas loyang dengan bentuk memanjang seukuran jari telunjuk.

  7. Panaskan oven dengan suhu 140 derajat celcius lalu panggang adonan selama sekitar 15 menit.

  8. Setelah 15 menit, angkat loyang dari oven, biarkan dingin, lalu keluarkan kue dari loyang. Simpan kue dalam toples kedap udara agar tetep renyah dalam waktu yang lama.

Demikianlah cara membuat kue lidah kucing yang tentunya sangat mudah untuk anda coba di rumah. Kue lidah kucing selalu menjadi pilihan yang tepat untuk anda sajikan saat hari raya lebaran tiba. Pastinya, semua anggota keluarga akan tergoda untuk menikmatinya.

Jangan lupa untuk terus menjaga kualitas kue lidah kucing anda di dalam toples kedap udara. Kue lidah kucing tidak akan terasa nikmat lagi ketika sudah kehilangan tekstur renyahnya. Oleh karena itu jangan membiarkan kue lidah kucing anda tersimpan di dalam wadah yang terbuka atau tidak tertutup dengan rapat ya!

Selamat membuat kue lidah kucing di rumah!

(Baca juga: Resep Serabi Keju Kuah)

Baca Juga  Resep Bakpao Tanpa Ulen

Tinggalkan komentar

Rating Resep