Resep Kue Bolen Pisang Keju

Resep Kue Bolen Pisang Keju – Untuk anda penggemar pastry, pasti sudah tidak asing dengan bolen yang sering juga disebut roti bolen atau bolen pisang. Kue bolen sendiri sebenarnya berasal dari Bandung yang juga menjadi oleh-oleh khas kota kembang tersebut.

Secara tekstur, kue bolen memiliki beberapa lapisan pastri yang renyah yang agak sedikit mirip dengan corissant. Pada umumnya, kue bolen sering disajikan sebagai cemilan sore hari yang sangat lezat jika disandingkan dengan teh atau kopi hangat. Selain itu, kue bolen juga dapat dijadikan sebagai sajian penutup atau dessert.

Membuat kue bolen ternyata tidak sesulit yang dibayangkan dan bahan bakunya yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan praktis.

Yuk kita simak resep kue bolen pisang keju di bawah ini yang khusus kami bagikan untuk anda!

Resep Bolen Pisang Keju

Kue bolen merupakan salah satu jenis pastry yang sudah banyak dikenal di Indonesia, anda dapat menemukannya dengan mudah baik di toko kue, pasar, bahkan supermarket. Seperti yang anda ketahui, bolen memiliki tekstur lembut dan garing dengan isian yang beraneka ragam seperti pisang, keju, dan coklat. Ternyata membuat bolen itu tidak terlalu sulit, anda dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Sajian Dessert, Snack
Masakan Belanda
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 8 buah

Bahan-bahan

  • 300 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 180 ml air es
  • 150 gram korsvet
  • 4 buah pisang raja
  • 150 gram keju cheddar
  • 50 gram kecu cheddar parut
  • margarin leleh secukupnya, untuk olesan

Langkah-langkah

  1. Siapkan wadah atau mangkuk besar, masukkan terigu, garam, gula pasir, dan air es. Campurkan semua bahan dengan menggunakan tangan hingga terbentuk adonan yang kalis. Simpan adonan di dalam kulkas selama sekitar 15 menit.

  2. Setelah 15 menit, keluarkan adonan. Taburkan terigu diatas area pembuatan bolen lalu pipihkan adonan dengan menggunakan roller.

  3. Taruh korsvet diatas adonan lalu tutup korsvet dengan menggunakan adonan. Lipat adonan dari empat sisi hingga korsvet tertutup dengan sempurna.

  4. Pipihkan kembali adonan yang berisi korsvet dengan menggunakan roller. Lipat adonan dari sisi kanan dan kiri sehingga adonan memiliki tiga lapisan.

  5. Pipihkan adonan secukupnya dengan menggunakan roller lalu lipat kembali dengan lapisan yang sama. Masukkan kembali adonan ke dalam kulkas selama 15 menit.

  6. Setelah dingin, giling sebentar adonan menggunakan roller lalu potong dengan bentuk persegi empat hingga menjadi 8 sampai 10 potongan

  7. Siapkan isian bolen. Potong pisang dangan panjang sekitar 3 cm dan keju dengan potongan korek api atau sesuai selera.

  8. Taruh pisang dan keju yang telah dipotong di atas adonan bolen lalu tutup isian dengan rapat.

  9. Setelah semua adonan selesai, taruh diatas wajan anti lengket. Olesi bagian atas boleh dengan margarin leleh lalu taburi dengan keju parut.

  10. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius lalu panggang adonan selama kurang lebih 35 menit.

  11. Pisahkan setiap potongan bolen satu persatu lalu sajikan.

Selain isian pisang keju anda juga dapat menggunakan bahan-bahan lain seperti cokelat batangan. Bahkan, jika anda ingin menikmati bolen dengan rasa asin, anda dapat menggunakan sosis atau daging asap sebagai isiannya.

Pastinya, baik anak-anak hingga orang tua akan sangat menyukai bolen, maka tidak ada salahnya mencoba membuat kue bolen sendiri di rumah yang ternyata cukup mudah proses pembuatannya!

(Baca juga: Resep Mochi Gulung)

Baca Juga  Resep Pie Nutella

Tinggalkan komentar

Rating Resep