Resep Keripik Pisang yang Renyah, Enak dan Mudah Dibuat

Resep Keripik Pisang yang Renyah, Enak dan Mudah Dibuat – Pisang merupakan buah-buahan yang bisa kita nikmati dengan berbagai cara. Selain dimakan langsung setelah matang, pisang juga bisa dibuat smoothies dan lain sebagainya. Bahkan pisang yang masih dalam keadaan mentah pun bisa kita manfaatkan untuk dibuat keripik.

Artikel menarik lainnya : Resep Membuat Pisang Goreng

Nah, keripik pisang termasuk salah satu cemilan yang banyak disukai. Sebab teksturnya renyah dan rasanya bisa kita buat sesuai dengan keinginan, misalkan dibuat asin, manis, ditambahkan cokelat dan lain sebagainya.

Yuk buat cemilan keripik pisang ini di rumah. Kami hadirkan aneka resep keripik pisang yang renyah, enak dan mudah dibuat untuk anda seperti berikut ini.

Artikel lainnya : Resep Kulit Martabak

Resep Keripik Pisang
5 from 1 vote
Print

Resep dan Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat

Sajian Snack
Keyword cemilan, keripik, keripik pisang
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 1 jam
Porsi 450 gram
Kalori 519 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 500 ml minyak
  • 11 buah pisang kepok mentah

Bahan Untuk Pencelup

  • 1/2 sdt garam
  • 250 air hangat
  • 1/2 sdt air kapur sirih

Bahan Untuk Taburan

  • 2 sdm cokelat bubuk
  • 2 sdm susu bubuk
  • 2 sdm gula donat

Langkah-langkah

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat

  1. Langkah pertama kali yang harus dilakukan yaitu, silakan ambil pisang yang sudah anda sediakan. Lalu iris tipis serong pisang. Jik sudah selesai, silakan pisang yang sudah diiris tadi dicuci dengan air bersih sebanyak tiga kali hingga keset serta getahnya hilang. Jika sudah, silakan angkat dan tiriskan.

  2. Langkah berikutnya silakan siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya. Panaskan minyak goreng tersebut dengan menggunakan api sedang. Jika sudah panas, silakan masukan irisan pisang tadi hingga matang. Setelah matang, anda bisa meniriskan dan mendinginkannya.

Cara Membuat Pencelup

  1. Jika keripik pisang sudah selesai dibuat, sekarang anda bisa membuat pencelup. Caranya yaitu silakan aduk bahan-bahan seperti air kapur sirih, air hangat dan garam. Aduk bahan-bahan ini hingga merata dan larut.

  2. Ambil pisang yang sudah digoreng dan anda bisa mencelupkannya ke dalam bahan campuran pencelup. Jika pisang sudah terbalut dengan merata, anda bisa mengangkat dan meniriskannya terlebih dahulu.

  3. Lalu panaskan lagi minyak dengan api sedang. Setelah panas, anda bisa menggoreng lagi keripik yang sudah dimasukan ke dalam bahan pencelup hingga matang dan kering. Jika sudah, anda bisa mengangkat dan meniriskannya.

Cara Membuat Taburan

  1. Setelah semua pisang selesai digoreng, anda bisa membuat bahan taburan. Caranya yaitu silakan campurkan bahan-bahan seperti gula donat, cokelat dan susu bubuk. Aduk-aduk semua bahan ini hingga merata.

  2. Lalu anda bisa memasukannya ke dalam kantong plastik. Pisang yang masih panas silakan dimasukan ke dalam kantong plastik. Anda bisa mengocoknya hingga seluruh bagian pisang terbalut.

  3. Terakhir anda bisa menyajikannya untuk cemilan nikmat dan lezat.

Keripik pisang cokelat sudah selesai dibuat, anda bisa menyajikannya untuk keluarga di rumah. Kehadirannya di tengah keluarga akan membuat kumpul keluarga anda semakin ramai dan hangat.

Resep dan Cara Membuat Keripik Pisang Keju yang Enak dan Gurih

Resep Keripik Pisang

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 10 buah pisang ambon
  • 1 sendok teh kapur sirih
  • 1 liter air bersih
  • Keju parut secukupnya
  • Bubuk keju secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Pisang Keju

  1. Pertama-tama, silakan ambil pisang yang sudah anda sediakan. Lalu kupas kulit pisang hingga bersih. Jika sudah, anda bisa mengirisnya tipis. Sisihkan.
  2. Langkah selanjutnya silakan ambil wadah bersih. Lalu tuangkan air sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan.
  3. Kemudian masukan kapur sirih yang sudah anda sediakan. Aduk-aduk sampai tercampur dengan merata.
  4. Selanjutnya silakan masukan pisang ke dalam air kapur sirih. Rendam pisang selama kurang lebih 1 jam.
  5. Ambil lagi wadah bersih yang lainnya. Lalu masukan pisang yang sudah direndam dan sebelumnya sudah ditiriskan terlebih dahulu. Lalu anda bisa menaburinya dengan menggunakan garam. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata.
  6. Berikutnya silakan ambil wajan dan tuangkan minyak goreng ke dalamnya. Lalu panaskan minyak goreng tersebut dengan menggunakan api sedang.
  7. Setelah minyak panas, silakan masukan pisang dan goreng hingga matang atau berubah warna menjadi coklat keemasan. Setelah seperti itu, anda bisa mengangkat dan meniriskannya terlebih dahulu.
  8. Ambil wadah tertutup, lalu silakan masukan pisang ke dalamnya. Masukan juga bumbu keju bubuk. Anda bisa menutup wadah dan kocok-kocok sampai merata. Pastikan anda mengocoknya dengan pelan agar keripik tidak hancur.
  9. Silakan ambil tempat saji dan letakan pisang pada tempat saji. Lalu anda bisa menaburinya dengan menggunakan keju parut.
  10. Terakhir silakan sajikan keripik pisang keju ini untuk keluarga di rumah.

Sajian keripik pisang keju telah selesai dibuat. Tekstur keripik yang renyah, berpadu dengan gurihnya keju akan membuat siapa saja yang menikmatinya ketagihan.

Resep dan Cara Membuat Keripik Pisang Moka yang Enak dan Nagih

Resep Keripik Pisang

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 10 buah pisang kepok mentah
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Untuk Pencelup

  • 2 sdm air kapur sirih
  • 1.000 ml air hangat

Bahan Untuk Taburan

  • 3 sachet mochacino, silakan di blender
  • 3 sdm gula tepung
  • 3 sdm susu bubuk

Cara Membuat Keripik Pisang Moka

  1. Pertama-tama, silakan ambil pisang yang sudah anda sediakan. Lalu kupas dan iris tipis pisang dengan bentuk memanjang. Jika sudah selesai, silakan cuci pisang yang sudah diiris menggunakan air bersih sebanyak 3 kali. Anda harus mencuci pisang hingga kesat dan hilang getahnya. Jika sudah, tiriskan.
  2. Setelah itu, silakan sediakan wadah dan masukan air kapur sirih serta air hangat. Aduk-aduk hingga merata.
  3. Selanjutnya masukan pisang ke dalam bahan pencelup. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah, silakan tiriskan terlebih dahulu.
  4. Kemudian sediakan wajan dan masukan minyak ke dalamnya. Panaskan minyak goreng tersebut dengan api kecil. Setelah panas, anda bisa menggoreng pisang sampai kering dan matang.
  5. Jika sudah seperti itu, silakan angkat pisang dan tiriskan. Anda bisa menunggunya beberapa saat hingga dingin.
  6. Silakan bahan taburan dan pisang dimasukan ke dalam kantung plastik. Lalu anda bisa mengocoknya hingga tercampur dengan merata.
  7. Terakhir silakan sajikan pada tempat saji atau toples yang sudah anda sediakan.

Keripik pisang moka sudah selesai dibuat. Keripik pisang yang renyah dengan rasa moka yang menggoda akan memberikan sensasi yang berbeda saat pertama kali digigit. Rasanya yang lezat dan nikmat akan membuat anda ketagihan. Sajian ini bisa anda buat untuk cemilan keluarga tercinta di rumah, sebab cara membuatnya sederhana dan bahannya pun praktis.

Itulah aneka resep keripik pisang yang bisa anda buat di rumah. Selamat mencoba.

1 komentar untuk “Resep Keripik Pisang yang Renyah, Enak dan Mudah Dibuat”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rating Resep




 

Show Buttons
Hide Buttons
Scroll to Top