Resep Kembang Goyang Lezat

Resep Kembang Goyang Lezat – Kembang goyang merupakan cemilan khas Betawi, bentuknya unik seperti kelopak bunga. Seperti namanya, cara membuat cemilan yang satu ini harus menggoyangkan adonan di atas minyak panas. Rasanya gurih dan enak, serta teksturnya renyah.

Meskipun kembang goyang banyak dijual di pasaran, namun tidak ada salahnya anda membuatnya sendiri di rumah. Anda bisa menyesuaikan bahannya agar mendapatkan rasa kue kembang goyang yang lezat. Yuk simak resep dan cara membuat kembang goyang yang enak dan lezat di bawah ini.

Resep Kembang Goyang Lezat

Adonan kembang goyang terbuat dari bahan-bahan berupa tepung beras, tepung terigu, tapioka, telur, garam, vanila dan gula lalu diencerkan dengan santan. Kemudian dicetak dengan menggunakan cetakan kembang goyang. Pada saat digoreng, cetakan kembang goyang yang berisi adonan kemudian digoyang-goyangkan dalam minyak panas agar adonan lepas dari cetakan. Selanjutnya digoreng hingga matang dan renyah.

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, kue kering, resep kue
Waktu Persiapan 15 minutes
Waktu Memasak 50 minutes
Porsi 5 porsi
Kalori 68 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 100 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 gram tapiok
  • 200 ml santan sedang
  • 2 butir telur, silakan kocok lepas
  • 50 gram gula
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanila
  • Minyak goreng secukupnya
  • Cetakan Kembang Goyang

Langkah-langkah

Cara Membuat Kembang Goyang Renyah

  1. Pertama-tama, silakan siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan kembang goyang. Lalu campurkan semua bahan ke dalam wadah tersebut. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur dengan merata. Kemudian silakan saring adonan sampai tidak ada bagian bergerindil.

  2. Dalam wajan silakan panaskan minyak dalam jumlah yang cukup banyak.

  3. Lalu ambil cetakan dan panaskan dengan cara mencelupkannya ke dalam minyak panas. Celupkan sebentar saja.

  4. Kemudian cetakan celupkan ke dalam adonan namun pastikan jangan sampai tenggelam. Kemudian angkat.

  5. Cetakan masukan dalam penggorengan sambil digoyang-goyang sampai kue lepas. Silakan ulangi langkah yang sama sampai adonan habis.

  6. Kembang goyang digoreng hingga benar-benar matang dan warnanya menjadi kuning kecoklatan. Jika sudah seperti itu, silakan angkat dan tiriskan terlebih dahulu hingga dingin.

  7. Terakhir anda bisa langsung menyajikannya atau disimpan dalam toples yang kedap udara.

Catatan Resep

Tips Membuat Kembang Goyang Anti Gagal

  • Pakai tepung dan santan dengan komposisi yang tepat. Campurkan bahan dasar seperti tepung tapioka, tepung beras dan tepung terigu. Selain itu, bahan yang lainnya juga penting untuk diperhatikan seperti gula, santan, telur dan vanili. Santan digunakan sebagai pelarut adonan sehingga anda tidak harus menambahkan air.
  • Cetakan celupkan dalam minyak panas agar adonan tidak lengket, serta tetap menempel pada cetakan. Selain itu, memasukan cetakan dalam minyak panas juga akan membuat bentuknya lebih rapi dan lebih mudah dilepaskan dari cetakan. Saat mencelupkan cetakan dalam adonan, anda bisa cek garis batas tinggi adonan yang ada pada cetakan. Usahakan untuk tidak melewati batas itu karena nantinya adonan akan sulit untuk dilepaskan.
  • Adonan harus disaring sebelum dicetak supaya tidak terdapat gumpalan tepung. Gumpalan pada adonan akan membuat kembang goyang keras dan bantat. Gunakan saringan dengan lubang yang kecil agar hasil adonan halus.
  • Supaya adonan mudah digoyangkan, anda sebaiknya tidak terlalu penuh memasukan adonan. Goyangkan dengan perlahan hingga terlepas dari cetakan. Jangan terburu-buru ketika menggoyangkannya.

Itulah resep dan cara membuat kembang goyang yang enak dan lezat, serta tips anti gagal membuat kembang goyang. Selamat mencoba di rumah.

Lihat juga : Resep Kacang Telur Renyah

Baca Juga  Aneka Bahan dan Resep Kue Semprit Mawar Paling Enak juga Renyah Sajian Spesial Lebaran

Tinggalkan komentar

Rating Resep