Resep Kastengel Praktis

Resep Kastengel Praktis – Kurang dari satu bulan lagi, kita akan memasuki bulan Ramadhan, dan tentunya anda sudah mulai mempersiapkan kue kering untuk disajikan pada saat hari lebaran tiba. Kue kering memang sudah menjadi hidangan wajib untuk menjamu anggota keluarga dan tamu-tamu yang berkunjung ke rumah anda.

Pastinya, kue kastengel selalu menjadi salah satu pilihan utama dan primadona untuk kue kering lebaran. Tak lengkap rasanya jika anda tidak menambahkan kue kastengel atau kue keju ke dalam daftar kue kering yang akan anda sajikan pada saat hari raya nanti.

Seperti yang anda ketahui, kue kastengel merupakan kue dengan cita rasa asin yang sangat gurih. Perpaduan antara margarin dengan beberapa jenis keju sebagai bahan utamanya menjadikan rasa kue kastengel sangat lezat dan terkesan mewah.

Kue kastangel juga cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah lho. Jika anda seringkali menemukan kue kastengel dengan kualitas yang baik dijual dengan harga yang mahal, tidak ada salahnya anda membuat kue tersebut sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.

Di bawah ini, kami sajikan resep kastengel praktis yang dapat anda coba di rumah!

Resep Kastengel Praktis

Kue kastengel atau kue keju tentunya sudah banyak dikenal yang seringkali anda temukan saat perayaan Idul Fitri atau lebaran. Seperti namanya, salah satu bahan utama yang digunakan adalah keju yang membuatnya terasa gurih dengan tekstur yang sangat renyah. Bentuk dari kue kastangel juga sangat khas dengan potongan persegi panjang kecil dengan taburan keju panggang di atasnya. Membuat kue kastangel di rumah memang sangat menyenangkan, yuk kita simak resep kastangel praktis di bawah ini!

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, resep kastengel keju, resep kue kastengel
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 1 loyang sedang

Bahan-bahan

Bahan Utama Yang Dibutuhkan

  • 350 gram tepung terigu protein sedang
  • 300 gram margarin
  • 100 gram keju parmesan
  • 100 gram keju gouda
  • 50 gram tepung maizena
  • 20 gram susu bubuk

Bahan Olesan Kue

  • 2 butir kuning telur
  • 1 sdm susu cair

Bahan Topping Kue

  • 50 gram keju cheddar parut

Langkah-langkah

  1. Siapkan sebuah wadah, masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk lalu campurkan hingga merata, sisihkan.

  2. Parut keju gouda dan keju parmesan dengan tekstur yang halus.

  3. Siapkan mixer, lalu kocok margarin selama dua menit dengan kecepatan sedang.

  4. Masukkan campuran tepung terigu tadi ke dalam mixer dan keju yang sudah diparut halus ke dalam mixer secara perlahan-lahan. Lalu aduk dengan menggunakan spatula hingga merata.

  5. Setelah adonan terbentuk dengan teksur yang kalis, gilas dengan menggunakan rolling pin dengan ketebalan sekitar 1 cm.

  6. Olesi loyang dengan menggunakan mentega.

  7. Cetak adonan dengan menggunakan cetakan kue kastengel hingga semua adonan habis.

  8. Campurkan kuning telur bersama susu cair hingga merata. Oleskan campuran bahan tersebut ke permukaan kue lalu taburi dengan keju cheddar parut.

  9. Panaskan oven dengan suhu 160 derajat celcius lalu panggang kue selama sekitar 30 menit.

Menyajikan kue kastangel sebagai salah satu hidangan untuk disajikan pada saat lebaran memang selalu menjadi ide yang bagus. Kue yang satu ini dapat menjadi varian kue kering dengan rasa asin di antara kue kering dengan rasa manis yang biasanya lebih mendominasi.

Selamat membuat kue kastangel di rumah untuk sajian lebaran anda!

(Baca juga: Resep Serabi Nangka)

Baca Juga  Resep Pai Buah

Tinggalkan komentar

Rating Resep