Resep Jus Anggur Buah Bit yang Segar dan Lezat

Resep Jus Anggur  – Tidak hanya nikmat dimakan langsung, namun buah anggur juga bisa diolah menjadi jus yang menyegarkan. Dengan dikombinasikan bersama bahan lainnya, sajian jus anggur akan lebih nikmat dan sehat.

Anda bisa menambahkan buah bit pada jus anggur dengan tambahan madu agar lebih mantap. Dinikmati saat dingin-dingin, tentunya akan terasa menyegarkan. Nah, untuk anda yang ingin mencoba membuat jus anggur buah bit di rumah, simak resep dan cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini.

Baca juga : Resep Salad Buah

Resep Jus Anggur Buah Bit yang Segar dan Lezat

Sajian Drinks
Masakan Indonesian
Keyword jus buah, makanan sehat, resep makanan sehat
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 15 menit
Porsi 2
Kalori 154 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 100 gram anggur merah
  • 200 gram buah bit
  • 1 sdm madu
  • 200 ml air
  • 50 gram gula pasir
  • 150 gram es batu

Langkah-langkah

Cara Membuat Jus Anggur Buah Bit

  1. Langkah pertama kali yang harus dilakukan yaitu mencuci buah anggur. Silakan ambil anggur yang sudah anda sediakan, kemudian cuci di bawah air yang mengalir hingga bersih. Pastikan anggur terbebas dari kotoran yang menempel. Selain itu, anda jua bisa mencucinya dengan cara merendam buah anggur. Setelah dicuci, silakan tiriskan buah anggur terlebih dahulu.

  2. Langkah selanjutnya yaitu, silakan potong buah anggur menjadi 2 bagian agar lebih mudah saat diblender. Ketika memotongnya pastikan anda membuang biji buah anggur.

  3. Setelah itu, siapkan blender. Lalu masukan bahan-bahan yang telah disediakan seperti anggur yang sudah dipotong-potong, buah bit, gula pasir dan madu.

  4. Kemudian tambahkan air dan juga es batu sesuai dengan selera.

  5. Setelah semuanya siap, anda bisa blender semua bahan-bahan tersebut hingga halus dan merata.

  6. Terakhir anda bisa menyajikannya pada gelas saji yang sudah disediakan. Sajikan saat dingin agar lebih nikmat.

Manfaat Anggur Untuk Kesehatan

Selain rasanya yang lezat dan bisa diolah menjadi minuman atau topping makanan, buah anggur juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan seperti berikut ini.

Mencegah Kanker

Pada kulit dan ekstrak biji anggur terkandung bahan alami yang dapat memperlambat atau mencegah penyakit kanker, baik itu kanker mulut, faring, esofagus, paru-paru, usus besar dan lain sebagainya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Pada anggur terkandung flavonoid yaitu rutin. Dalam tubuh darah mengalami pembekuan pada kondisi tertentu. Kandungan rutin pada anggur ini dapat membuat laju darah yang membeku menjadi lambat dengan menghambatnya. Sehingga buah anggur ini mempunyai manfaat bagus untuk menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

Mencegah Penuaan Dini

Selain mengandung resveratrol, buah anggur memiliki kandungan antioksidan lainnya  yaitu quaercetin, serta rutin. Antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas akan menyebabkan rusaknya protein, sel, DNA dan menyebabkan keseimbangan tubuh terganggu. Dimana karena kerusakan sel ini akan dapat menyebabkan penuaan dini.

Bagus Untuk Kesehatan Otak

Buah anggur juga bermanfaat untuk kesehatan otak. Resveratrol pada anggur dapat membantu melancarkan peradaran darah ke otak. Darah menjadi sumber oksigen dan gizi untuk otak agar berfungsi dengan baik. Selain itu, berdasarkan penelitian kandungan resveratrol pada buah anggur akan membantu memperkuat daya ingat.

Lihat juga : Resep Jus Buah Sehat

Beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan yang lainnya yaitu :

  • Membantu meredakan gejala alergi, serta peradangan.
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol.
  • Menjaga agar mata tetap sehat.
  • Membantu mengendalikan kadar gula darah.
  • Membantu menurunkan berat badan.
Loading...

One Response

  1. kalisa 28 Agustus 2020

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons