Resep Jamur Enoki Crispy Nikmat

Resep Jamur Enoki Crispy Nikmat – Apakah anda pecinta jamur crispy? Teksturnya yang renyah dan rasanya yang enak tentu membuat sajian ini banyak disukai. Nah, jamur crispy itu sendiri biasanya terbuat dari jamur tiram. Namun, anda juga bisa mencoba menggunakan jenis jamur lainnya, misalkan jamur enoki.

Jamur enoki ini memiliki bentuk yang panjang seperti korek api. Selain lezat dijadikan campuran tumisan atau sup, namun juga bisa diolah menjadi jamur crispy yang nikmat. Cara membuat jamur cirspy enoki sangat mudah. Yuk simak resepnya di bawah ini.

Resep Jamur Enoki Crispy Nikmat

Jamur crispy enoki terbuat dari jamur enoki yang diolah dengan cara dibalut menggunakan adonan basah tepung terigu dan dilapisi dengan adonan kering tepung terigu dan tepung tapioka. Setelah itu digoreng hingga matang dan warnanya berubah menjadi kuning keemasan. Baru setelah itu bisa disajikan dengan cocolan saus sambal.

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword Jamur, Jamur Crispy, Olahan jamur
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 1 jam
Porsi 3
Kalori 45 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 100 gram jamur enoki

Bahan Celup Kering

  • 10 sendok makan tepung terigu
  • 4 sendok makan tepung tapioka

Bahan Celup Basah

  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • ½ sendok teh ketumbar bubuk
  • 4 sendok makan tepung terigu
  • ½ sendok teh jinten
  • ½ sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1,5 sendok teh garam
  • 1/3 sendok teh baking soda
  • 175 ml air
  • 3 siung bawang putih

Langkah-langkah

Cara Membuat Jamur Enoki Crispy

  1. Pertama, silakan ambil jamur enoki yang sudah anda sediakan terlebih dahulu. Selanjutnya, cuci hingga bersih di bawah air yang mengalir. Lalu tiriskan selama beberapa saat.

  2. Setelah itu, potong bagian ujung akar jamur. Lalu pisahkan antara satu jamur dengan yang lainnya. Sisihkan.

  3. Langkah berikutnya yaitu membuat adonan basah untuk pencelup. Silakan siapkan wadah. Lalu masukan bahan dan bumbu ke dalamnya seperti tepung tapioka, tepung terigu, garam, bawang putih, baking soda, kaldu ayam, jinten dan ketumbar.

  4. Tambahkan air dan aduk-aduk hingga tercampur merata, pastikan adonan tidak terlalu encer ataupun terlalu kental.

  5. Ambil jamur yang sudah dicuci, masukan ke dalam celupan basah satu persatu.

  6. Selanjutnya yaitu membuat adonan celup kering. Silakan masukan bahan-bahan ke dalam wadah seperti tepung tapioka dan tepung terigu.

  7. Jamur yang sudah dicelupkan ke dalam adonan basah silakan celupkan ke dalam adonan kering. Balurkan dengan merata dan kibas-kibas.

  8. Panaskan minyak goreng pada wajan dalam jumlah yang cukup banyak. Masukan jamur yang sudah dibaluri dengan adonan basah dan kering. Goreng hingga jamur matang dan berubah warna menjadi kuning keemasan.

  9. Apabila sudah seperti itu, anda bisa mengangkat dan meniriskannya.

  10. Terakhir silakan sajikan pada tempat saji.

Catatan Resep

Tekstur jamur yang crispy dan rasanya yang gurih akan membuat anda ketagihan. Nikmati dengan saus agar lebih lezat. Itulah resep dan cara membuat jamur crispy enoki. Selamat mencoba.

Baca juga : Resep Soto Sulung Madura Praktis

Leave a Reply

Rating Resep