Resep Iga Bakar Pedas Spesial

Resep Iga Bakar Pedas Spesial – Selain dagingnya, bagian iga sapi juga bisa diolah menjadi hidangan yang lezat. Iga sapi biasanya dimasak menjadi sop yang gurih. Namun, selain itu juga bisa dibuat iga bakar bumbu pedas. Rasanya yang enak dijamin akan bikin semua keluarga ketagihan.

Untuk bisa menikmatinya anda bisa membuat sajian iga bakar sendiri di rumah. Pasalnya, cara membuatnya sangat mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkannya juga sederhana. Mari simak resep dan cara membuat iga bakar pedas spesial di bawah ini.

Resep Iga Bakar Pedas Spesial

Iga bakar pedas, iga direbus terlebih dahulu. Lalu dimasak dengan bumbu kecap pedas hingga meresep. Lalu dibakar hingga matang.

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep iga, Resep iga, Resep iga bakar
Waktu Persiapan 13 minutes
Waktu Memasak 1 hour 30 minutes
Porsi 7 porsi
Kalori 254 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 500 gram iga sapi
  • 6 siung bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • 10 cabai merah keriting
  • 8 siung bawang merah
  • 2 sendok makan kecap manis
  • Air secukupnya
  • 8 buah cabai hijau
  • Garam secukupnya
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 3 sendok makan madu
  • Gula pasir secukupnya

Langkah-langkah

Cara Membuat Iga Bakar Pedas Spesial

  1. Jika semua bahan-bahan sudah siap, anda bisa langsung membuat iga bakar pedas. Silakan ambil iga sapi yang sudah anda sediakan. Lalu cuci terlebih dahulu iga sapi sampai bersih di bawah air mengalir. Pastikan tidak ada kotoran atau darah yang tertinggal.

  2. Langkah berikutnya silakan siapkan panci dan isi dengan air secukupnya. Lalu rebus air hingga mendidih.

  3. Selanjutnya masukan iga sapi yang sudah anda bersihkan tadi. Rebus iga hingga matang dan empuk, serta mengeluarkan kaldu. Jika sudah seperti itu, silakan angkat iga dan sisihkan terlebih dahulu dengan kaldunya.

  4. Kemudian haluskan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, ketumbar, cabai hijau dan cabai rawit merah. Anda bisa menguleknya dengan tambahan sedikit minyak. Selain diulek, anda juga bisa menghaluskannya dengan cara diblender. Pastikan anda menghaluskan bumbu hingga benar-benar halus.

  5. Selanjutnya siapkan wajan dan letakan di atas kompor. Lalu tuangkan minyak ke dalam wajan. Panaskan minyak sampai meletup-letup.

  6. Setelah minyak panas, bumbu yang sudah dihaluskan masukan ke dalam wajan. Tumis hingga harum dan matang.

  7. Tambahkan garam secukupnya. Aduk dengan merata.

  8. Langkah berikutnya silakan masukan iga sapi yang sudah anda rebus tadi. Lalu tambahkan air kaldu sisa merebus iga. Aduk merata dan masak iga hingga airnya sedikit menyusut.

  9. Tambahkan aneka bumbu seperti madu dan kecap manis. Aduk merata dan masak lagi hingga airnya menyusut dan bumbunya meresap serta melekat pada daging.

  10. Setelah dimasak, anda bisa langsung membakar iga. Silakan ambil grill pan, lalu simpan di atas kompor. Pan silakan diolesi dengan menggunakan sedikit mentega agar iga sapi ketika dibakar tidak lengket.

  11. Kemudian bakar iga sapi di atas pan. Ketika membakar iga anda bisa mengolesinya sesekali dengan sisa bumbu kecap. Olesi iga sapi dengan bumbu hingga ke seluruh bagian iga.

  12. Bakar iga sapi sampai benar-benar matang. Pastikan anda tidak terlalu sering membolak-balikan iga karena matangnya tidak akan merata. Anda cukup membalikannya sekali saja apabila sisi bagian satunya telah matang dengan sempurna.

  13. Apabila iga sapi sudah matang dengan merata, anda bisa mengangkat dan menyajikannya di atas piring saji.

Catatan Resep

Itulah resep dan cara membuat iga bakar pedas spesial. Selamat mencoba di rumah.

 

Baca Juga  Resep, Cara Membuat dan Memasak Steak Daging Sapi dan Saus Steak Sederhana yang Empuk Saat Dibakar

Tinggalkan komentar

Rating Resep