Resep Hidangan Plecing Kangkung Enak dan Lezat Serta Cara Membuat yang Sederhana

Plecing kangkung, mungkin sebagian orang merasa asing dengan hidangan yang satu ini.

Plecing kangkung merpakan hidangan khusus yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Barat. Khususnya di Pulau Lombok hidangan berbahan kangkung ini sangat terkenal karena memiliki cita rasa yang begitu enak dan lezat.

Untuk bisa merasakan kelezatan dari hidangan plecing kangkung anda tidak usah jauh-jauh pergi ke lombok, karena pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan resep plecing kangkung khusus untuk anda semua.

Hidangan plecing kangkung ini memiliki ciri khas tersendiri yang terletak pada bumbu plecingnya. Di pulau Jawa sendiri biasanya kangkung yang telah di rebus biasanya disajikan dengan bumbu siram yang terbuat dari kacang. Namun lain halnya dengan plecing kangkung ini, dimana untuk pelcing kangkung sendiri bumbu siramnya terbuat dari campuran bumbu dan rempah pilihan seperti cabai merah, cabai rawit, kemiri, bawang merah, terasi, jeruk limau dan lain sebaginya.

Nah, bagi anda yang sudah tidak sabar untuk mencicipi hidangan yang satu ini, maka anda bisa langsung simak resep dan cara membuat hidangan plecing kangkung yang enak dan lezat di bawah ini.

Plecing kangkung

Nama Resep

Resep Hidangan Plecing Kangkung Enak dan Cara Membuat yang Sederhana

4.9 200

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan dan Bumbu untuk Membuat Hidangan Plecing Kangkung yang Enak

Bahan Utama Hidangan Plecing Kangkung

  • 250 gram kangkung
  • 75 gram tauge
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu Halus Hidangan Plecing Kangkung

  • 5 buah cabai merah besar
  • 2 sendok makan terasi bakar
  • 5 butir kemiri sangarai
  • 3 butir bawang merah
  • 3 buah cabai rawit atau sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Hidangan Plecing Kangkung yang Enak

Cara Membuat Bumbu Hidangan Plecing Kangkung

  1. Langkah pertama yaitu, haluskan semua bumbu yang telah disiapkan dengan ditambahkan air kurang lebih 50 ml. Agar lebih praktis serta mendapatkan tekstur bumbu yang lebih lembut maka anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender. Namun jika tidak, anda pun bisa menghaluskannya dengan cara ditumbuk.
  2. Apabila bumbu telah halus, masukan ke dalam tempat atau wadah. Lalu tambahkan air perasan jeruk limau, garam dan penyedap rasa.
  3. Setelah itu, nyalakan api kompor. Lalu masukan minyak ke dalam wajan. Panaskan minyak goreng tersebut. Apabila telah panas, masukan ke dalam wadah yang berisi bumbu halus. Aduk sampai merata, lalu sisihkan.

Cara Mengolah Kangkung dan tauge

  1. Pertama, ambil tauge yang telah anda siapkan. Lalu siram tauge tersebut dengan menggunakan air panas. Kemudian tiriskan
  2. Setelah itu, potong-potong kangkung yang telah anda siapkan.
  3. Cuci sampai bersih, Lalu rebus sebentar kangkung tersebut. Jika sudah, angkat dan tiriskan.

Cara Menyajikan Hidangan Plecing Kangkung

  1. Siapkan piring saji. Lalu ambil kangkung yang telah direbus sesuai dengan selera anda, simpan pada piring saji yang telah anda siapkan tersebut.
  2. Lalu ambil juga tauge sesuai dengan selera anda, letakan tauge di atas kangkung.
  3. Setelah itu, sirami kangkung dan tauge dengan bumbu yang telah dibuat. Tambahkan bumbu sesuai dengan selera anda. Agar tampilannya menjadi lebih menarik, maka anda bisa menambahkan potongan jeruk limau dan cabai.

Hidangan plecing kangkung ini telah siap disajikan. Anda bisa menyantap hidangan ini secara langsung dengan menambahkan kerupuk. Atau anda pun bisa menyantapnya sebagai teman nasi.

Itulah resep dan cara membuat hidangan plecing kangkung. Sangat sederhana bukan? Selamat mencoba di rumah. Jangan lupa untuk membagikan resep ini kepada orang yang ada di sekitar dengan cara klik tombol share. Yuk berikan pula komentar anda pada kolom komentar di bawah ini.

 

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons