Resep Donat Yunani

Resep Donat Yunani – Seperti namanya, kue yang satu ini berasal dari negeri para dewa. Walaupun bernama donat, namun donat yang satu ini terlihat lebih berbeda yaitu dengan bentuk bulat-bulat seperti bola tanpa lubang di tengahnya.

Nama lain dari donat Yunani adalah Loukoumades dan di negara asalnya biasa dijadikan sebagai cemilan atau hidangan pencuci mulut. Sebenarnya rasa dari donat Yunani tidak jauh berbeda dengan donat pada umumnya dengan rasa manis dan gurih. Proses pembuatannya pun sama yaitu dengan cara digoreng.

Oleh karena itu, untuk menambah cita rasanya, donat Yunani sering disajikan dengan beragam topping seperti gula tabur, cream, madu ataupun selai. Tentunya donat Yunani sangat pas untuk dijadikan sebagai varian cemilan sore hari anda yang pasti akan digemari semua orang mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Di bawah ini kamu sajikan resep donat Yunani yang dapat anda coba dengan mudah di rumah!

Resep Donat Yunani

Mungkin anda sudah bosan mencicipi donat dengan rasa dan bentuk yang begitu-begitu saja. Nah maka dari itu anda dapat mencoba membuat kue donat Yunani dengan tampilan yang lebih berbeda. Bahan baku yang digunakan dan proses pembuatan donat Yunani atau yang biasa disebut Loukoumades ini ternyata sangat mudah untuk dibuat. Donat Yunani ini sangat cocok untuk dibuat cemilan atau sajian pencuci mulut.

Sajian Dessert, Snack
Masakan Yunani
Keyword Aneka resep Kue, resep donat loukoumades, resep donat yunani
Waktu Memasak 1 hour 30 minutes
Porsi 5 buah

Bahan-bahan

  • 100 gram tepung terigu serbaguna
  • 110 ml susu full cream hangat
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh ragi instan
  • 1/2 sendok makan minyak sayur
  • 1/4 sendok teh garam
  • minyak goreng untuk menggoreng

Langkah-langkah

  1. Siapkan sebuah wadah, campurkan susu full cream hangat, gula pasir, dan ragi instan. Diankan campuran ragi selama 15 menit hingga terlihat berbusa. Adonan yang berbusa menandakan bahwa ragi aktif dan jangan gunakan adonan ragi bila tidak berbusa.

  2. Dalam wadah terpisah, campurkan tepung terigu serbaguna, garam, dan campuran ragi yang tadi lalu aduk hingga merata.

  3. Setelah anda mendapatkan adonan yang tercampur dengan baik, tuangkan minyak sayur lalu aduk kembali.

  4. Tutup adonan dengan menggunakan serbet selama sekitar satu jam hingga adonan tampak mengambang sebesar dua kali lipat.

  5. Tuangkan minyak ke dalam wajan lalu panaskan dengan api sedang.

  6. Siapkan plastik segitiga dan masukkan adonan ke dalam plastik.

  7. Masukkan adonan ke dalam wajan dengan menggunakan plastik segitiga dan bentuk adonan menjadi bulat-bulatan berukuran sedang.

  8. Goreng adonan donat dengan menggunakan api sedang sambul dibalik-balikkan agar matang hingga merata.

  9. Setelah warnanya coklat keemasan, angkat donat dan tiriskan.

  10. Hias donat Yunani anda dengan menggunakan toping sesuai selera.

Tekstur dari donat Yunani ini sedikit mirip dengan kue bantal namun lebih renyah karena proses penggorengan dan bahan bakunya yang berbeda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anda dapat menggunakan bahan baku apapun untuk dijadikan topping donat Yunani.

Jika anda ingin membuat donat Yunani yang lebih praktis, anda cukup menggunakan simple syrup, madu, dan gula tabur. Namun jika anda ingin yang lebih istimewa, anda dapat menambahkan cream bersama buah-buahan, selai buatan sendiri, ataupun cream dengan berbagai rasa.

Selamat mencoba resep donat Yunani atau donat loukoumedes di rumah sekarang juga!

(Baca juga: Resep Strawberry Cream Puff)

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut Pandan Kukus yang Lezat, Lembut dan Enak

Tinggalkan komentar

Rating Resep