Resep Donat Ubi Ungu

Resep Donat Ubi Ungu – Donat tentunya selalu menjadi hidangan favorit ketika anda menyajikannya di tengah-tengah acara bersama keluarga ataupun teman-teman. Sajian yang terkenal dengan bentuknya yang bulat dengan lubang di bagian tengahnya ini memiliki cita rasa yang lezat dan banyak digemari baik oleh anak-anak maupun orang tua.

Selain itu, donat juga cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah dan anda dapat memodifikasinya dengan menggunakan beragam bahan untuk menciptakan variasi cita rasa yang banyak. Untuk membuat donat, anda hanya membutuhkan tepung terigu, gula pasir, telur, dan ragi instan dengan proses pembuatan yang cukup digoreng saja.

Pada resep kali ini, kita akan membuat donat yang menggunakan ubi ungu sebagai salah satu bahan baku utamanya. Penggunaan ubi ungu ini akan menciptakan cita rasa dan tekstur yang sedikit berbeda dan tentunya lebih lezat. Terlebih lagi dengan penambahan ubi ungu, anda juga akan mengahasilkan donat dengan tampilan yang cantik dan mengandung nutirisi yang berlimpah.

Yuk langsung saja kita simak resep donat ubi ungu di bawah ini yang dapat anda coba dengan mudah di rumah!

Resep Donat Ubi Ungu

Donat selalu menjadi cemilan yang banyak digemari mulai dari anak-anak hingga orang tua. Cemilan yang satu ini dapat dibuat dalam berbagai rasa dimana anda hanya perlu menggunakan beraneka ragam topping mulai dari gula bubuk, meises, hingga ganache. Pada resep kali ini kita akan menggunakan ubi sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan donat yang tentunya akan memberikan tekstur yang lebih berbeda.

Sajian Dessert, Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, donat ubi ungu, resep donat ubi
Waktu Memasak 1 hour 45 minutes
Porsi 10 buah

Bahan-bahan

  • 200 gram ubi ungu
  • 125 gram tepung terigu sedang
  • 375 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram gula pasir
  • 75 gram mentega tawar
  • 50 gram susu bubuk
  • 2 butir kuning telur
  • 200 ml air dingin
  • 6 gram garam
  • 11 gram ragi instan
  • pewarna ungu secukupnya

Langkah-langkah

  1. Kupas dan potong-potong ubi lalu cuci bersih. Kukus ubi hingga matang. Setelah ubi matang hancurkan menggunakan food processor atau ulekan.

  2. Siapkan sebuah wadah lalu masukkan tepung terigu, susu bubuk, gula, garam dan ragi lalu aduk semua bahan hingga tercampur merata.

  3. Masukkan kuning telur, ubi kukus, air dingin, dan pewarna makanan lalu aduk semua bahan dengan menggunakan mixer dalam kecepatan sedang hingga merata dan terbentuk adonan yang kalis.

  4. Masukkan mentega tawar ke dalam adonan yang sudah kalis lalu aduk kembali dengan menggunakan mixer.

  5. Angkat adonan lalu simpan di dalam sebuah wadah yang ditutup dengan serbet atau kain bersih. Diamkan adonan selama 1 jam hingga tampak mengembang.

  6. Potong-potong adonan dengan ukuran yang sama dan bentuk menjadi bulatan lalu lubangi di bagian tengahnya. Diamkan lagi selama 15 menit.

  7. Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang.

  8. Goreng donat hingga berwarna keemasan dan matang pada kedua sisinya.

Donat ubi ungu ini dapat anda jadikan sebagai cemilan sore hari dan sangat cocok untuk anda yang merasa bosan dengan donat yang itu-itu saja. Untuk memperkaya cita rasanya, anda juga dapat menggunakan beragam bahan untuk dijadikan topping pada donat.

Jika anda ingin membuka bisnis kuliner, donat ubi ungu ini juga bisa anda pertimbangkan untuk anda jual karena sangat banyak digemari lo!

(Baca juga: Resep Cookie Kopi Cokelat)

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Kue Putu Ayu Ketan Hitam yang Empuk, Sedap dan Enak

Tinggalkan komentar

Rating Resep