Resep Donat Kukus Siram

Resep Donat Kukus Siram – Donat kok dikukus? Ya, anda memang sedang tidak salah membaca judul pada resep kali ini dimana kita akan membuat donat dengan proses dikukus dan bukan digoreng!

Donat kukus merupakan salah satu varian makanan yang sedang viral saat ini. Dengan proses pembuatan yang dikukus, donat yang satu ini tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat namun juga tekstur yang sangat lembut saat anda menyantapnya.

Banyak yang menyebut tekstur donat ini sedikit menyerupai bakpao. Namun yang membuat donat kukus dengan bakpao berbeda adalah donat kukus tidak memiliki isian apapun di dalamnya seperti bakpao melainkan dilengkapi dengan topping beraneka rasa di atasnya seperti donat pada umumnya.

Selain menjadi variasi donat yang lebih berbeda dan cocok untuk anda yang sedang bosan dengan donat dengan proses pembuatan yang digoreng, donat kukus juga sangat pas ketika anda sedang menghindari makanan berminyak. Terlebih, saat ini minyak goreng sangat sulit untuk ditemukan di pasaran dan dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Di bawah ini, kami sajikan resep donat kukus siram yang sangat praktis dan mudah untuk dicoba di rumah!

Resep Donat Kukus Siram

Donat kukus sangat cocok untuk anda yang sedang ingin menikmati sajian donat yang sedikit berbeda atau jika anda sedang menghindari makanan berminyak. Terlebih lagi donat kukus merupakan salah satu makanan yang sedang hits saat ini jadi tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk membuatnya di rumah. Pada resep ini, kami sajikan cara membuat donat kukus siram yang sangat mudah untuk dicoba!

Sajian Breakfast, Dessert, Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, donat kukus siram, resep donat kukus, resep donat siram
Waktu Memasak 1 hour 45 minutes
Porsi 20 buah

Bahan-bahan

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 150 ml air hangat
  • 50 gram margarin yang sudah dilelehkan
  • 2 sendok teh susu bubuk
  • 1/2 sendok teh garam

Langkah-langkah

  1. Siapkan sebuah wadah, campurkan gula pasir, ragi instan, dan air hangat lalu aduk hingga semua bahan larut. Diamkan selama sekitar 10 menit dan tampak berbuih.

  2. Tuangkan margarin leleh ke dalam campuran ragi, aduk hingga tercampur merata.

  3. Masukkan terigu, susu bubuk, dan garam hingga anda mendapatkan adonan yang kalis dan tercampur rata. Tutup dengan serbet lalu diamkan selama sekitar tiga puluh menit atau hingga adonan mengembang.

  4. Setelah adonan tampak mengembang, bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil sebanyak dua puluh buah atau anda juga dapat menyesuaikan ukuran donat sesuai dengan selera anda.

  5. Susun adonan yang telah dibentuk menjadi bulatan kecil di atas loyang atau wadah yang tahan panas. Diamkan lagi selama sekitar 30 menit.

  6. Setelah 30 menit, panaskan kukusan lalu kukus adonan selama 25 menit sampai donat matang.

  7. Saat donat sudah terlihat matang dan mengembang dengan sempurna, angkat dari kukusan.

  8. Siram donat dengan topping sesuai selera anda seperti saus cokelat, gula aren, ganache dan lain sebagainya, sajikan.

Anda dapat menggunakan beragam jenis topping untuk melengjali sajian donat kukus siram anda seperti gula halus, matcha, selai, dan lain sebagainya. Selain untuk dinikmati sendiri dan bersama keluarga, donat kukus ini juga bisa menjadi ide bisnis kuliner yang pastinya digemari banyak orang lho!

(Baca juga: )

Selamat mencoba membuat donat kukus siram di rumah!

Baca Juga  Resep Carang Gendis Isi Keju

Tinggalkan komentar

Rating Resep