Resep Donat Krim Korea

Resep Donat Krim Korea – Donat tentunya sudah menjadi salah satu varian cemilan yang banyak digemari mulai dari anak-anak hingga orang tua. Keberadaan donat di tengah-tengah kita sudah ada sejak lama dan juga mudah ditemukan dimana saja mulai dari pedagang keliling hingga mall modern.

Pada dasarnya, donat merupakan adonan tepung terigu yang diberi ragi hingga mengembang dan diolah dengan proses penggorengan. Untuk menambah cita rasanya, donat dapat dilengkapi dengan topping berbagai rasa. Saat ini anda dapat menemukan donat dengan topping yang dibuat dari berbagai bahan baku seperti krim, selai, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Salah satu varian donat yang sedang viral akhir-akhir ini yaitu donat krim Korea. Sesuai dengan namanya, varian donat ini berasal dari Korea yang dikenal sebagai salah satu sajian street food disana.

Tidak seperti donat kebanyakan yang berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya, donat krim Korea lebih menyerupai roti. Donat krim Korea dibuat dengan bentuk donat dengan isian krim di tengahnya yang tampak lumer.

Nah disini, kita sajikan resep donat krim Korea yang dapat anda coba dengan mudah di rumah lo!

Resep Donat Krim Korea

Anda ingin membuat salah satu cemilan yang sedang viral? Donat krim Korea dapat menjadi sajian yang dapat anda buat sendiri di rumah. Cemilan hits yang satu ini ternyata tidak terlalu sulit lho proses pembuatanya, maka dari itu anda dapat menyajikannya kapan saja yang tentunya akan disukai oleh banyak orang. Cita rasa donat Korea dengan rasa creamy dan teksturnya yang lembut memang selalu menggoda untuk disantap.

Sajian Dessert, Snack
Masakan Korea
Keyword Aneka resep Kue, donat krim korea, resep donat korea
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 5 buah

Bahan-bahan

Bahan utama yang dibutuhkan:

  • 65 ml air hangat
  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 5 sendok makan margarin yang sudah dilelehkan
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh ragi instan
  • minyak goreng secukupnya

Bahan untuk membuat isian:

  • 80 ml air es
  • 40 gram whipcream bubuk

Langkah-langkah

Proses pembuatan donat:

  1. Campurkan air hangat dan santan di dalam mangkuk atau gelas hingga menjadi santan hangat.

  2. Siapkan sebuah wadah terpisah. Lalu campurkan santan hangat, ragi instan, dan gula pasir. Diamkan hingga sekitar 10 menit hingga campuran bahan menjadi berbuih.

  3. Masukkan telur lalu aduk menggunakan whisk hingga tercampur merata.

  4. Tuangkan margarin cair lalu aduk kembali hingga tercampur merata.

  5. Di dalam wadah terpisah, masukkan tepung terigu lalu tuangkan adonan basah tadi secara perlahan hingga semuanya tercampur dengan merata. Tutup campuran adonan basah dan kering dengan menggunakan lap basah kemudian diamkan selama sekitar satu jam hingga adonan mengembang.

  6. Setelah adonan mengembang, buat adonan menjadi 12 bagian dengan bentuk bulat-bulat. Simpan adonan yang telah dibentuk di atas kertas roti agar tidak menempel. Diamkan lagi selama 20 menit.

  7. Goreng adonan dengan menggunakan api sedang hingga berwarna cokelat keemasan. Pastikan adonan benar-benar terendam dalam minyak panas

Proses pembuatan isian donat:

  1. Siapkan wadah, campurkan whipcream bubuk dengan air es dengan menggunakan mixer selama kurang lebih 4 menit atau hingga adonan isian menjadi kaku.

  2. Belah donat dengan menggunakan pisau namun jangan sampai terputus lalu masukkan isian donat hingga terlihat lumer. 

  3. Taburi donat dengan gula halus sesuai selera.

Donat krim Korea tentunya cemilan yang sangat lezat dengan cita rasa creamy dan tekstur padat serta lembut. Proses pembuatannya pun sangat praktis dengan bahan baku yang mudah ditemukan.

Selamat membuat donat krim Korea di rumah ya!

(Baca juga: Resep Pie Tanpa Panggang)

Baca Juga  Resep Serabi Nangka

Tinggalkan komentar

Rating Resep