Resep dan Cara Membuat Tumis Sayur Sawi Hijau Cah Udang yang Nikmat dan Sederhana

Sawi hijau atau kita lebih sering menyebutnya dengan sebutan caisim, caisin atau sawi bakso merupakan sejenis sayuran yang sangat sering kita jumpai dalam bakso ataupun mie ayam agar kedua hidangan tersebut bisa terasa lebih segar dan nikmat.

Namun selain itu, sawi hijau sendiri sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk diolah menjadi beragam masakan lainnya. Diaman salah satu olahan sawi yang cukup populer yaitu tumis sawi hijau.

Tumis sawi hijau ini sering dibuat untuk dijadikan sebagai hidangan keluarga. Rasanya yang begitu nikmat , gurih dan segar terlebih lagi citra rasanya yang begitu khas akan menggugah selera makan anda. Nah ketika diolah sebenarnya tumis sawi hijau pun bisa ditambahkan bahan pelengkap lain, dimana salah satu bahan yang bisa ditambahkan tersebut yaitu udang.

Ketika udang dikolaborasikan dengan sawi, maka kita pun sudah bisa menebak dan membayangkannya sendiri. Dimana udang ini akan membuat tumis sawi hijau yang dibuat menjadi lebih spesial dan istimewa lagi.

Tumis sawi hijau udang ini sangat cocok disajikan dan disantap dengan nasi putih hangat serta lauk pelengkap lainnya. Namun masakan yang satu ini juga nikmat jika kita santap langsung tanpa menggunakan nasi. Sebagai salah satu masakan atau kuliner legendaris, pastinya anda semua sudah pernah mencicipi masakan yang satu ini. Namun jika memang anda belum pernah mencicipinya sama sekali anda jangan pernah merasa berkecil hati, karena pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang resep dan cara membuat tumis sawi hijau cah udang yang nikmat dan sederhana. Untuk lebih jelasanya anda bisa langsung simak pembahasa di bawah ini.

resep tumis sawi hijau udang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis Sayur Sawi Hijau Cah Udang yang Nikmat dan Sederhana

4.8 133

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan atau Bumbu yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Sayur Sawi Hijau Cah Udang yang Nikmat dan Sederhana

Bahan Utama Tumis Sayur Sawii Hijau Cah Udang

  • 1 ikat sawi hijau
  • 150 gram udang rawa
  • 50 ml kaldu
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Tumis Sayur Sawi Hijau Cah Udang

  • 4 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 3 cabai hijau besar
  • 5 cabai merah besar
  • 1 potong lengkuas
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sendok makan saus ikan
  • Garam secukupnya
  • 25 gram gula merah
  • Vitsin secukupnya

Cara Membuat Tumis Sayur Sawi Hijau Cah Udang yang Nikmat dan Sederhana

Cara Menyiapkan Bahan dan Membuat Bumbu Tumis Sayur Sawi Hijau Cah Udang

  1. Pertama-tama cuci bersih sawi hijau. Kemudian potong dengan ukuran kira-kira 5 cm.
  2. Cuci juga udang yang telah disiapkan.
  3. Iris tipis bawang merah dan bawang putih.
  4. Iris cabai merah cabai hijau.
  5. Memarkan lengkuas.

Cara Membuat/Memasak Tumis Sayur Sawi Hijau Cah Udang

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu, panaskan minyak yang telah disiapkan. Lalu masukan udang terlebih dahulu hingga udang tersebut menjadi layu.
  2. Setelah itu, tumis bawang merah dan bawang putih hingga tercium harumnya. Lalu, masukan cabai merah dan cabai hijau yang telah diiris.
  3. Selanjutnya, masukan sawi yang telah dipotong dan dibersihkan. Aduk sampai sawi menjadi layu.
  4. Kemudian tambahkan air kaldu, aduk sampai merata. Lalu masukan daun salam, lengkuas, garam, gula merah, vitsin serta saus ikan. Aduk kembali sampai merata. Tunggu beberapa saat hingga sawi matang. Terakhir sajikan.

Itulah resep dan cara membuat tumis sayur sawi hijau cah udang yang nikmat dan sederhana. Tumis sawi hijau udang ini bisa dijadikan referensi anda ketika hendak menyajikan menu makan siang ataupun makan malam. Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan resep ini kepada teman atau sudara terdekat anda agar mereka pun bisa merasakan kenikmatan dari tumis sawi yang satu ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons