Resep dan Cara Membuat Tumis Sayur Sawi Asin yang Enak dan Sederhana

Ketika mendengar sawi asin pastinya anda semua akan merasa bingun dan heran. Ya karena sawi asin ini memang jarang sekali diolah menjadi hidangan makanan dengan alasan karena kurangnya pengetahuan terhadap sayur ini.

Sawi asin ini sebenarnya adalah sayuran sawi yang telah difermentasikan. Dimana sawi asin ini memiliki rasa segar ketika disantap, terasa sedikit masam serta sedikit manis. Dan sawi asin yang baik adalah sawi yang memiliki daun berwarna gelap dan sedikit hijau serta batangnya berwarna hijau pucat. Nah, sawi asin ini pun bisa diolah menjadi tumisan sama seperti halnya sawi hijau ataupun sawi putih.

Tumis sayur sawi asin ini bisa menjadi menu pilihan bagi anda ketika hendak memilih menu untuk  makan siang ataupun makan malam. Rasanya yang enak akan membuat acara makan anda terasa lebih spesial. Bahkan meskipun anda belum pernah mencicipinya sama sekali tetapi dijamin anda akan merasa ketagihan.

Proses membuat tumis sawi asin ini sangatlah sederhana sekali. Pada dasarnya hampir sama dengan cara membuat tumis sawi hijau ataupun putih. Untuk itulah ketika membuatnya anda tidak akan dihampiri rasa kesulitan. Namun yang menjadi masalahnya sawi asin ini tidak mudah untuk didapatkan. Ketika mencari sawi ini di pasar mungkin yang anda dapatkan adalah sawi asin dengan tampilan yang tidak menarik. Tapi jika anda ingin mendapatkan sawi asin dengan kualitas baik anda bisa mendapatkannya di supermarket.

Nah, di bawah ini akan kami sajikan resep dan cara membuat tumis sayur sawi asin yang enak dan sederhana khusus untuk anda.

resep tumis sawi asin

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis Sayur Sawi Asin yang Enak dan Sederhana

4.6 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan Untuk Membuat Tumis Sayur Sawi Asin yang Enak dan Sederhana

Bahan Utama Tumis Sayur Sawi Asin

  • 200 gram sawi asin
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 2 buah cabai merah
  • 2 buah bakso ikan
  • 1 buah wortel
  • 1 buah tomat
  • 1 1/2 sdm kecap ikan
  • 100 ml air
  • 2 sdm minyak goreng

Bumbu Tumis Sayur Sawi Asin

  • 3 siung bawang putih
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt kaldu ayam
  • 1/4 sdt gula pasir

Cara Membuat Tumis Sayur Sawi Asin yang Enak dan Sederhana

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Tumis Sayur Sawi Asin

  1. Pertama, potong terlebih dahulu sawi asin yang telah disiapkan.
  2. Iris panjang bawang bombay yang telah disiapkan.
  3. Iris cabai merah dengan arah menyerong.
  4. Potong bulat bakso ikan.
  5. Potong bulat wortel dan belah tomat menjadi 6 bagian.
  6. Cincang kasar bawang putih.

Cara Memasak Tumis Sayur Sawi Asin

  1. Langkah pertama yaitu, panaskan terlebih dahulu minyak goreng yang telah disiapkan. Lalu tumis bawang putih, bawang bombay dan cabai merah hingga tercium harum.
  2. Kemudian, tambahkan bakso ikan dan wortel. Aduk semua bahan hingga merata.
  3. Setelah itu, masukan sawi asin dan tomat, aduk kembali hinga merata.
  4. Selanjutnya, tambahkan kecap ikan, merica bubuk, kaldu ayam bubu dan gula pasir. Aduk kembali hingga merata. Lalu tuangkan air dan masak semua bahan hingga matang. Setelah matang angkat dan sajikan.

Itulah resep dan cara membuat tumis sawi asin yang enak dan sederhana. Tumis sawi asin ini akan lebih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat serta dengan nasi hangat dan lauk pelengkaplainnya. Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan resep ini kepada orang-orang terdekat anda agar mereka pun bisa merasakan sensasi nikmat dari tumis yang satu ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons