Resep dan Cara Membuat Tumis Kapri Ati Ampela yang Asli Enak, Spesial dan Gurih

Hidangan tumis kapri ati ampela adalah sajian yang lezat yang mudah sekali untuk dibuat.

Selain itu, hidangan ini memiliki kandungan gizi yang cukup yang diperlukan oleh tubuh. Pasalnya kandungan serat dan protein dari kedua bahan utama kali ini akan membuatnya bisa anda sajikan untuk siapa saja termasuk untuk buah hati tercinta anda dirumah.

Nah, agar anda bisa menyajikan sajian lezat ini dirumah dengan mudah dan sederhana, mari kita simak resep membuat tumis kapri ati ampela yang enak berikut ini.

tumis kapri ati ampela

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis Kapri Ati Ampela yang Asli Enak, Spesial dan Gurih

4.8 196

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Kapri Ati Ampela yang Asli Enak, Spesial dan Gurih

Bahan Utama Tumis Kapri:

  • 500 gr Kapri Muda
  • 1 ons Ampela ayam

Bahan dan Bumbu Tumisan:

  • Cabai merah (14 buah)
  • Bawang merah (8 siung)
  • Serai (1 batang)
  • Lengkuas (2 ruas)
  • Bawang putih (4 siung)
  • Asam jawa (1 sendok makan)
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • Gula merah/jawa yang disisir (1 sendok makan)

Cara Membuat Tumis Kapri Ati Ampela yang Asli Enak, Spesial dan Gurih

Cara Mempersiapkan Bahan Utama Sebelum Diolah:

  1. Untuk cara pertama yang bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan-bahan utama. Maksud dari mempersiapkan disini adalah karena bahan utama harus dipotong dan dibersihkan terlebih dahulu. Jadi penting sekali menyisihkan sedikit waktu untuk mempersiapkan bahan-bahan diatas. Akan tetapi, sebelum terburu memotong silahkan siapkan juga peralatan yang akan anda gunakan untuk memotong seperti pisau, talenan dan juga baskom atau wadah. Nah, bila peralatan ini sudah berada dekat dengan jangkauan anda, makan akan lebih mudah untuk anda memotong bahan-bahan utama diatas.
  2. Untuk bahan pertama yang akan dibersihkan dan dipotong adalah kapri. Bersihkan bagian ujung kapri yang runcing dengan dipotong menggunakan pisau. Setelah itu, bersihkan pula bagian serat yang ada dipinggir kapri secara merata.
  3. Setelah selesai, potong kapri menjadi dua bagian dan potong dengan bentuk menyerong secara merata. Masukkan hasil potongannya dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  4. Untuk ati ampela, silahakn bersihkan ati ampela dengan air bersih dan pastikan jika kotoran pada bahan ini dibersihkan secara merata.
  5. Setelah bersih, potong-potong ati dan ampela ayam dengan menggunakan pisau. Sesuaikan ukuran potongan dengan selera yang anda inginkan.
  6. Terakhir, silahkan bersihkan kapri dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran. Remas-remas saat anda mencuci kapri untuk memastikan jika kotorannya dibersihkan secara merata. Angkat dan tiriskan sementara.

Cara Membuat Tumis Kapri Ati Ampela:

  1. Pertama, rebus ati dan ampela dalam panci yang telah diberikan air. Rebus hingga matang dan lunak. Setelah itu, angkat dan tiriskan terlebih dahulu airnya.
  2. Setelah selesai, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis irisan cabai bersama dengan bawang putih hingga tercium bau harum yang lezat.
  3. Lalu masukkan kapri kedalamnya dan bubuhi dengan bumbu seperti garam, gula da asam jawa. Aduk-aduk merata dan masukkan ati dan ampela yang sudah direbus. Masukkan penyedap rasa dan tumis merata.
  4. Tuangkan air kedalamnya dan aduk-aduk secara merata hingga kapri dan ati ampela lebih matang secara merata. Koreksi juga bumbunya hingga pas.

Setelah matag, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan siap menyantapnya selagi masih hangat.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons