Resep dan Cara Membuat Tumis Jamur Kancing Bumbu Saus Tiram yang Enak

Menggunakan jamur kancing sebagai salah satu bahan dasar dalam membuat masakan memang bukan hal yang aneh lagi untuk  masyarak Eropa, hal tersebut disebabkan karena biasanya jamur kancing selalu dijadikan sebagai bahan pelengkap di dalam pizza, omelet, dan makanan khas Eropa lainnya.

Namun, untuk sekarang ini di Nusantara juga terdapat sajian menu olahan dari jamur yag memiliki bentuk menyerupai kancing ini. Semua jenis olahan jamur tiram ini bisa dinikmati dan dapat dengan mudah diolah serta disajikan di rumah masing-masing.

Tumis jamur kancing yang dilengkapi dengan bumbu saus tiram merupakan salah satu olahan dari jamur kancing. Dimana menu ini bisa kita buat dengan mudah di rumah sebagai menu makan. Rasanya yang enak dan khas akan memberikan sensasi kenikmatan di lidah, saus tiram yang melengkapinya akan menbuat tumisan menjdadi lebih gurih.

Nah, jika anda ingin membuatnya, anda bisa simak resep dan cara membuat tumis jamur kancing bumbu saus tiram di bawah ini.

Resep jamur kancing saus tiram

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis Jamur Kancing Bumbu Saus Tiram yang Enak

4.7 231

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Orang

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Tumis Jamur Kancing Bumbu Saus Tiram yang Enak

Bahan Utama Tumis Jamur Kancing Bumbu Saus Tiram

  • 200 gram jamur kancing
  • Minyak goreng secukupnya
  • 50 ml air

Bumbu Tumis Jamur Kancing Bumbu Saus Tiram

  • 50 gram cabe gendot merah
  • 1 buah tomat merah
  • 50 gram bawang bombay
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 1 sachet atau 23 ml saus tiram
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Tumis Jamur Kancing Bumbu Saus Tiram yang Enak

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Jamur Kancing Saus Tiram

  1. Pertama cuci bersih jamur kancing yang telah anda siapkan. Lalu potong-potong jamur kancing dengan ukuran sesuai selera.
  2. Setelah itu, Potong panjang cabai gendot.
  3. Iris kasar tomat.
  4. Iris memanjang bawang bombay.
  5. Cincang halus bawang putih.

Cara Membuat Tumis Jamur Kancing Bumbu Saus Tiram

  1. Pertama-tama, panaskan wajan atau alat utuk memasak lainnya yang telah ditambahkan miyak goreng kurang lebih 3 sendok makan. Biarkan sampai minyak goreng tesebut panas.
  2. Setelah minyak goreng panas, masukan bawang putih dan bawang bombay. Tumis keduanya sampai matang merata dan mengeluarkan aroma harum.
  3. Tambahkan tomat yang telah dipotong-potong. Aduk-aduk sampai tomat layu.
  4. Setelah itu, tambahkan cabe gendot yang telah dipotong. Aduk-aduk sampai cabe gendot matang merata.
  5. Tambakan jamur kancing yang telah dipotong. Tumis jamur kancing sampai matang dan lunak.
  6. Tambahkan air yang telah anda siapkan. Aduk merata.
  7. Tambahkan bumbu yang telah ditentukan di atas seperti misalkan, garam, gula pasir, saus tiram, dan penyedap rasa. Aduk-aduk sampai bumbu larut dan tercampur rata.
  8. Masak kembali sampai semua bahan matang dan bumbu meresap.
  9. Apabila telah seperti itu, matikan kompor. Lalu angkat dan sajikan tumisan ke dalam tempat atau wadah saji yang telah disiapkan.

Tumis jamur kancing bumbu saus tiram telah selesai dibuat. Sekarang anda bisa langsung menyajikannya di meja makan untuk disantap. Agar terasa lebih nikmat, anda bisa menyantap tumisan ini dalam keadaan panas dengan ditambahkan nasi putih hangat.

Itulah resep dan cara membuat tumis jamur kancing bumbu saus tiram. Sederhana dan tidak sulit bukan?Semoga bermanfaat dan semoga resep yang kami berikan ini bisa menambahkan koleksi resep masakan yang anda miliki.

Yuk bagikan resep ini kepada teman atau orang-orang yang ada di sekeliling anda. Caranya sangat mudah, anda hanya tinggal menekan tombol share yang telah kami sediakan. Anda juga bisa menyertakan komentar pada kolom di bawah ini.

Loading...

One Response

  1. widodo 1 Juli 2019

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons