Resep dan Cara Membuat Tumis Jagung Putren Udang yang Lezat, Mudah dan Sederhana

Sajikan lezat dan mudahnya hidangan tumis jagung putren udang yang lezat.

Sajian ini akan dapat anda buat dirumah dengan sederhana, karena bahan-bahan yang digunakan pun cukup mudah anda dapatkan. Seperti apa sih resep membuat tumis jagung putren udang yang lezat? Yuk, simak langsung resep berikut ini.

tumis jagung putren udang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis Jagung Putren Udang yang Lezat, Mudah dan Sederhana

4.9 187

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Jagung Pipil Udang yang Lezat, Mudah dan Sederhana

Bahan Sayuran Untuk Tumisan:

  • 100 gram jagung putren
  • 200 gram udang api –api
  • 50 gram kapri
  • 100 gram wortel

Bahan Bumbu Tumisan:

  • 1 1/2 sendok makan saus tiram
  • 2 buah cabai merah besar, dipotong bulat
  • 1/2 buah bawang bombay, diiris panjang
  • 2 buah cabai hijau besar, dipotong bulat
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 200 ml kaldu ayam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan minyak, untuk menumis
  • 1 sendok teh tepung sagu, kentalkan dengana air

Cara Membuat Tumis Jagung Pipil Udang yang Lezat, Mudah dan Sederhana

Tips Untuk Mempersiapkan Sayuran Sebelum Dimasak:

  1. Untuk langkah yang pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan sayuran. Maksudnya mempersiapkan disini adalah dengan memotong dan membersihkan sayuran sebelum kita masak dan tumsi menjadi hidangan yang enak dan lezat. Untuk itu, sebaiknya silahkan siapkan pisau dan juga tatakan agar anda lebih mudah menjangkau peralatan ini saat hendak digunakan.
  2. Potong sayuran pertama yakni bahan utamanya jagung keputren. Potong dengan bentuk serong tipis dengan menggunakan pisau. Siapkan wadah dan masukkan sayuran kedalamnya lalu sisihkan sementara.
  3. Setelah selesai, kemudian silahkan bersihkan udang api-api dengan mengupas bagian kulitnya dan membuang bagian kepalanya. Hanya saja, sisakan bagian ekor agar tetap menempel dengan tubuh udang. Lakukan hal yang sama pada sisa udang yang masih ada.
  4. Untuk wortel, silahkan kupas terlebih dahulu kulit bagian luar wortel dengan mengggunakan pisau hingga bersih. Setelah itu, potong-potong wortel dengan bentuk memanjang. Lakukan pula hal yang sama pada wortel yang masih tersisa hingga bersih merata.
  5. Sementara untuk kapri, silahkan buang bagian seratnya saja dan masukkan dalam wadah.
  6. Cuci semua bahan sayur dan udang secara merata dengan menggunakan air bersih secara merata. Saat mencuci sayuran, anda bisa meremas-remasnya dengan menggunakan tangan agar kotoran pada sayur bisa dibersihkan secara merata. Setelah itu, sisihkan sementara.

Cara Membuat Tumis Jagung Putren Udang:

  1. Panaskan wajan diatas kompor dan tuangkan minyak goreng sedikit saja kedalamnya. Tunggu hingga minyak panas secara merata dan tumis bawang bombay hingga tercium bau harum yang sedap.
  2. Setelah itu, masukkan cabai merah kedalamnya bersama dengan cabai hijau. Aduk-aduk sampai setengah layu dan cabai tercium bau harum.
  3. Masukkan udang yang sudah dibersihkan dan dipotong bagian kepalanya. Aduk-aduk sampai udang berubah warna. Gunakan api sedang agar udang tidak cepat gosong.
  4. Kemudian, masukkan wortel kedalamnya bersama dengan jagung putren dan juga kapri. Aduk-aduk sampai semua bahan layu dan setengah matang.
  5. Masukkan bumbu kedalam tumisan seperti saus tiram, saus tomat, merica bubuk dan juga garam. Aduk-aduk secara merata sampai semua bahan tercmpur.
  6. Tuangkan kuah kaldu kedalam tumisan, masak hingga mendidih dan menjelang diangkat, silahkan kentalkan kuah tumisan dengan air larutan tepung sagu. Aduk-aduk dengan cepat sampai kuah mengental.

Baru setelah itu, silahkan angkat sajian ini dan hidangkan untuk keluarga anda. Taburkan pula bawang goreng dibagian atasnya dan berikan taburan cabai kering untuk menambah rasa pedas jika anda suka.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan temand dan juga sahabat dan anda. Jangan lupa pula untuk berikan komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons