Resep dan Cara Membuat Tumis Jagung Putren Saus Tiram yang Enak, Sedap dan Nikmat

Sajian tumis jagung putren saus tiram adalah hidangan yang enak dan lezat.

Sajian ini akan dapat anda buat dirumah dengan mudah dan sederhana, pasalnya dari bumbu dan metode pembuatan, hidangan ini cukup mudah untuk dimasak. Ingin tahu seperti apa resep membuat hidangan tumis jagung putren saus tiram berikut ini? Yuk, langsung simak saja.

tumis jagung putren saus tiram

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis Jagung Putren Saus Tiram yang Enak, Sedap dan Nikmat

4.8 167

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Jagung Putren Saus Tiram yang Enak, Sedap dan Nikmat

Bahan dan Bumbu Tumisan:

  • 500 gr Jagung putren
  • 6 biji bakso sapi
  • 500 gr Jamur merang

Bumbu Tumisan:

  • Gula pasir 1/2 sdt
  • Merica hitam 1/2 sdt ditumbuk kasar
  • Bawang merah 7 siung, iris tipis-tipis
  • Cabai merah keriting 3 buah, potong miring
  • Saus tiram 2 sdm
  • Garam 1/2 sdt
  • Bawang putih 3 siung, iris tipis-tipis
  • Minyak goreng untuk menumis secukupnya
  • Air putih 1 gelas atau 150 ml

Cara Membuat Tumis Jagung Putren Saus Tiram yang Enak, Sedap dan Nikmat

Tips Mempersiapkan Sayuran Sebelum Diolah:

  1. Untuk yang pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan sayuran dan bahan utama sebelum diolah dan dimasak menjadi hidangan yang nikmat dan sedap. Sayuran dan bahan-bahan ini harus dipotong dan dibersihkan terlebih dahulu. Untuk itulah, sebaiknya anda siapkan pisau dan tatakan dekat dengan jangkauan anda agar lebih mudah ketika memotong sayuran.
  2. Untuk sayuran yang pertama yang akan dipotong adalah jagung putren. Untuk memotong sayuran ini anda bisa melakukannya dengan membelah dua jagung dan lakukan cara yang sama pada sisa jagung. Setelah jagung selsai dipotong-potong silahkan masukkan jagung kedalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  3. Selanjutnya, untuk jamur merang silahkan potong-potong jamur merang dengan menggunakan pisau dengan bentuk yang anda inginkan. Dan lagi, masukkan kembali jamur kedalam wadah dan siishkan.
  4. Sementara untuk baks sapo anda bisa memotongnya dengan bentuk bulat tipis. Dan pisahkan hasil potongan bakso kedalam wadah lain.
  5. Selesai memotong bahan-bahan utama, silahkan cuci bersih sayuran yang sudah dipotong-potng dengan diremas-remas secara perlahan agar kotoran dan kuman yang menempel pada sayuran bisa dibersihkan secara merata.
  6. Angkat sayuran yang sudah bersih dan sisihkan terlebih dahulu untuk kemudian tiriskan air cuciannya dan sisihkan.

Cara Membuat Tumis Jagung Muda Saus Tiram:

  1. Jika sayuran sudah dipotong dan dibersihkan, panaskan minyak terlebih dahulu dan tumis bawang putih bersama dengan bawang merah. Aduk-aduk secara merata dan tumis hingga bumbu ini mengeluarkan aroma yang harum dan sedap.
  2. Selanjutnya, masukkan cabai merah dan aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur dan layu secara merata.
  3. Kemudian masukkan jamur merang yang sudah dipotong-potong bersama dengan bakso sapi yang juga sudah dipotong secara merata. Aduk-aduk sampai layu sampai bakso terlihat setengah matang.
  4. Yang terakhir, silahkan masukkan jagung putren kedalamnya, Aduk-aduk kembali sampai agak layu. Masukkan pula saus tiram, merica hitam, garam dan juga gula pasir. Aduk-aduk secara perlahan dan tuangkan sedikit air putih kedalamnya. Masak sampai kuah mendidih dan masak pula sampai bumbu meresap kedalamnya dengan merata.

Hidangkan sajian ini bersama dengan nasi dan lauk pauk lainnya. Untuk kemudian anda akan siap menyantapnya bersama dengan keluarga saat masih hangat dan nikmat. Demikian resep dan cara membuat hidangan tumis jagung putren saus tiram yang enak dan sedap.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman sahabat dan keluarga anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons