Resep dan Cara Membuat Tumis Jagung Pipil Jamur yang Enak, Sedap dan Lezat

Sajian hidangan tumis jagung pipil jamur adalah sajian yang enak dan sehat.

Mengapa demikian? Karena hidangan ini dibuat dari bahan utama sayuran yang tentunya baik untuk kesehatan, terutama pencernaan.

Nah, bagi anda yang penasaran ingin tahu seperti apa resep membuat tumis jagung pipil jamur yang enak dan sedap. Mari langsung simak resep spesialnya yang akan kami bagikan dibawah ini.

tumis jagung pipil jamur

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis Jagung Pipil Jamur yang Enak, Sedap dan Lezat

4.9 184

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Jagung Pipil Jamur yang Enak, Sedap dan Lezat

Bahan dan Bumbu Tumisan Jagung:

  • 100 gram jagung manis pipil
  • 200 gram jamur tiram
  • 2 buah cabai hijau besar
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 3 butir bawang merah, diiris
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 2 siung bawang putih, diiris
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 150 ml air
  • 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat Tumis Jagung Pipil Jamur yang Enak, Sedap dan Lezat

Cara Mempersiapkan Sayuran Sebelum Diolah:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu membersihkan sayuran atau bahan utama yakni dengan mempersiapkan jagung pipil. Untuk yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan mengupas kulit jagung dengan menggunakan tangan sampai kulit dibersihkan secara merata. Tarik kebagian belakang dan potong bonggol jagung dengan menggunakan pisau secara merata.
  2. Kemudian setelah itu, silahkan bersihkan rambut pada jagung dengan menggunakan tangan. Caranya, tarik secara perlahan rambut jagung dan bersihkan secara merata hingga tidak ada rambut yang masih tersisa.
  3. Setelah itu, bersihkan terlebih dahulu jagung dengan menggunakan air bersih dan pastikan jika tidak ada kotoran yang masih tertinggal pada jagung.
  4. Kemudian, silahkan pipil jagung dengan menggunakan tangan hingga jagung terpipil secara merata. Masukkan pipilan jagung dalam wadah dan sisihkan sementara.
  5. Untuk jamur tiram, silahkan bersihkan terlebih dahulu dengan dicuci menggunakan air secara merata.
  6. Baru setelah itu, suwir-suwir jamur dengan menggunakan tangan dengan bentuk yang anda inginkan. Masukkan suwiran jamur kedalam wadah dan sisihkan sementara sebelum kita masak bumbu untuk tumisanya.

Cara Membuat Tumis Jagung Jamur:

  1. Untuk yang pertama bisa dilakukan setelah membersihkan bahan-bahan. Silahkan panaskan terlebih dahulu wajan diatas kompor dan tunggu hingga wajan menjadi lebih panas secara merata.
  2. Tuangkan minyak kedalam wajan yang telah panas dan tunggu kembali hingga minyak menjadi panas secara merata. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan layu.
  3. Masukkan cabai hijau kedalamnya, aduk-aduk kembali dan tumis hingga cabai menjadi lebih layu.
  4. Masukkan jamur tiram yang sudah disuwir-suwir dan masukkan bersama dengan jagung manis yang telah dipipil. Aduk-aduk merata hingga semua bahan ini tercampur dengan bumbu tumisan sebelumnya.
  5. Masukkan saus tiram kedalamnya bersama dengan kecap menis, gula pasir, merica bubuk dan juga garam. Aduk merata dan tunagkan sedikit air kedalamnya. Lalu masak hingga matang.

Nah, setelah tumsian matang dan bumbu meresap pada sayuran, silahkan angkat sajian ini dan hidangkan bersama dengan lauk pauk lainnya. Demikian resep dan cara membuat sajian tumis jagung jamur yang enak, lezat dan mudah. Semoga resep ini bisa dipraktikan dirumah dengan mudah.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Bella

Bella

Author at Selerasa
Istri yang hobi makan dan anak dari ibu yang jago masak sampe punya usaha katering kecil-kecilan dengan segala keterbatasannya akhirnya mulai bisa masak dan seneng eksperimen di dapur. Currently penulis, yang pada akhirnya jadi penulis resep adalah profesi yang dianggap paling tepat.
Bella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *