Resep dan Cara Membuat Tumis Jagung Keputren Wortel yang Enak, Lezat Namun Sederhana

Bingung mencari-cari hidangan menu makan siang kali ini?

Atau mungkin anda bosa dengan sajian yang itu-itu saja? Tak perlu khawatir, kali ini kami akan sajikan sebuah menu makanan sederhana namun dengan cita rasa yang lezat dan tak kalah nikmat.

Inilah dia resep membuat tumis jagung keputren wortel yang enak. Yuk, sajikan juga hidangan ini dirumah agar keluarga anda bisa mencicipi sedapnya hidangan tumis jagung keputren wortel berikut ini.

tumis jagung putren wortel

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis Jagung Keputren Wortel yang Enak, Lezat Namun Sederhana

4.7 198

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Jagung Keputren Wortel yang Enak, Lezat Namun Sederhana

Bahan dan Bumbu Tumisan:

  • 200 gr keputren
  • 2 buah wortel
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 sendok teh kecap asin
  • 3 lembar jamur kuping, direndam, dipotong-potong
  • 1/2 buah bawang bombay, dipotong kotak
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 150 ml air
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 batang daun bawang, dipotong 2cm
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat Tumis Jagung Keputren Wortel yang Enak, Lezat Namun Sederhana

Cara Membersihkan Mempersiapkan Wortel dan Jagung:

  1. Untuk yang pertama, kita akan siapkan terlebih dahulu dua bahan utama yakni jagung bersama dengan wortelnya. Nah, kali ini saya akan dahulukan mempersiapkan jagungnya. Caranya, ambil jagung putren yang sudah anda beli, masukkan kedalam wadah dan pilah terlebih dahulu mana jagung yang kualitasnya baik dan mana yang tidak akan anda gunakan.
  2. Setelah itu, silahkan potong-potong jagung dengan menggunakan pisau dan tatakan. Bentuk jagung putren dengan bentuk meyerong tipis agar nantinya lebih mudah matang saat dimasak.
  3. Jika semua jagung sudah dipotong-potong, silahkan masukkan jagung kedalam wadah dan sisihkan semetara sebelum kita masak dan potong bahan-bahan lainnya.
  4. Selanjutnya, kita akan potong wortelnya. Caranya, ambil wortel dari plastik dan kupas terlebih dahulu kulit bagian luarnya. Untuk melakukan hal ini anda bisa menggunakan pisau atau alat pengupas wortel agar lebih mudah.
  5. Jika bagian kulit sudah dibersihkan secara merata, silahkan potong juga wortel dengan bentuk yang sama yakni tipis menyerong. Lakukan hal yang sama pada wortel yang masih tersia.
  6. Lalu masukkan juga kedalam wadah untuk kemudian silahkan ambil jagung dan wortel ke tempat cucian. Dan bersihkan dengan air bersih dengan merata hingga dipastikan tidak ada kotoran yang tersisa. Setelah itu, sisihkan sementara sebelum kita masak.

Cara Membuat Tumis Jagung:

  1. Setelah jagung dan wortel dibersihkan secara merata, panaskan minyak dalam wajan dan tumis bawang bombay bersama dengan bawang putih, jahe hingga harum dan layu.
  2. Kemudian masukkan wortel bersama dengan jamur kuping dan juga keputren. Dan aduk-aduk secara merata hingga semua bahan ini tercampur dan berubah menjadi lebih layu.
  3. Masukkan kecap asin kedalamnya bersama dengan merica bubuk, kaldu ayam dan juga garam. Lalu aduk-aduk secara merata hingga bahan ini tercampur.
  4. Tuangkan air kedalamnya, sambil diaduk-aduk sementara sampai kuah tumisan menjadi mendidih.

Baru setelah itu, silahkan angkat sajian ini dan matikan kompor. Hidangkan sajian ini kedalam piring saji dan nikmati selagi masih hangat. Semoga resep ini bermanfaat dan bisa anda praktikan dirumah dengan mudah.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons