Resep dan Cara Membuat Tumis Jagung Cabai Hijau yang Enak, Lezat dan Spesial

Sajikan lezat dan nikmatnya hidangan tumis jagung cabai hijau yang enak.

Sajian ini akan lebih lezat jika disajikan bersama dengan sepiring nasi dan dinikmati selagi masih hangat. Penasaran seperti apa resep membuat tumis jagung cabai hijau? Yuk, kita simak berikut ini.

tumis jagung manis cabai hijau

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis Jagung Cabai Hijau yang Enak, Lezat dan Spesial

4.9 90

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Jagung Cabai Hijau yang Enak, Lezat dan Spesial

Bahan dan Bumbu Tumisan:

  • 2 buah jagung manis
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih, diiris
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 150 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan yang Ditumbuk Kasar:

  • 5 butir bawang merah
  • 2 buah cabai hijau besar
  • 3 buah cabai hijau keriting
  • 2 buah tomat hijau

Bahan Pelengkap:

  • Ebie
  • Cabai bubuk (jika suka)
  • Bawang goreng (untuk taburan)

Cara Membuat Tumis Jagung Cabai Hijau yang Enak, Lezat dan Spesial

Tips Membersihkan Jagung Manis:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu membersihkan jagung manis dari cangkang dan bonggolnya. Untuk melakukan hal ini anda dapat menggunakan pisau untuk memotong bonggol dan kupas kulit jagung dengan menggunakan tangan dengan perlahan. Pastikan jika anda mengupasnya dengan bersih dan merata.
  2. Setelah bagian kulit dibersihkan, lanjutkan dengan membersihkan bagian rambut jagung dengan menggunakan tangan. Caranya, tarik bagian rambut jagung dengan tangan secara peralahan dan lakukan cara ini hingga rambut pada jagung bisa dibersihkan secara merata.
  3. Kemudian, bersihkan pula jagung yang telah dikupas dengan menggunakan air bersih. Caranya, masukkan jagung kedalam wadah, tempatkan dibawah air yang mengalir dan bersihkan jagung hingga merata dengan sempurna.
  4. Setelah itu, baru pipil jagung dengan menggunakan tangan hingga bersih secara merata. Atau ada bisa melakukannya dengan menyisir jagung menggunakan pisau. Caranya ini tentunya akan lebih mudah, akan tetapi ketika menyisir jagung dengan pisau mungkin anda tidak akan bisa menjangkau jagung hingga kebagian dalamnya.
  5. Kemudian, masukkan jagung yang telah dipipil kedalam wadah dan sisihkan sementara sebelum kita masak.

Cara Membuat Tumis Jagung Cabai Hijau:

  1. Jika jagung sudah dibersihkan secara merata, silahkan tempatkan wajan diatas kompor, lalu gunakan api yang sedang. Selanjutnya, silahkan masukkan minyak kedalamnya dan tunggu hingga minyak panas.
  2. Nah, jika minyak telah panas, silahkan tumis bumbu yang telah ditumbuk kasar kedalamya, sambil diaduk-aduk hingga bumbu ini harum, masukkan pula bersama dengan bawang putih. Tumis dan aduk kembali hingga bumbu menjadi lebih harum secara merata.
  3. Jika tumisan bumbu sudah harum, silahkan masukkan jagung manis kedalamnya dan aduk-aduk secara merata hingga setengah layu.
  4. Bubuhi garam bersama dengan merica bubuk dan gula pasir. Dan aduk-aduk secara merata hingga bahan ini tercampur dengan merata.
  5. Terakhir, tuangkan sedikit air kedalamnya dan masak hingga mendidih dan matang secara merata.

Nah, jika kuah tumisan sudah mendididh dna jagung sudah menjadi lebih matang, silahkan angkat sajian ini dan hidangkan dalam mangkuk atau piring saji untuk kemudian hidangan ini akan siap untuk disantap dan dinikmati.

Demikian resep membuat sajian tumis jagung cabai hijau yang enak dan lezat. Semoga resep ini bisa anda buat dirumah.

Jangan lupa klik tombol share berikut agar anda bisa berbagi resep spesial ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons