Resep dan Cara Membuat Tumis/Cah Kapri Keputren yang Enak, Sederhana Namun Lezat

Hidangan tumis kapri keputren adalah sajian masakan yang lezat dan istimewa.

Bagi anda yang saat ini sedang mencari menu hidangan untuk makan bersama dengan keluarga, sajian kali ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Simak yuk seperti apa resep membuat tumis kapri keputren yang enak.

tumis kapri keputren

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis/Cah Kapri Keputren yang Enak, Sederhana Namun Lezat

4.8 243

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis/Cah Kapri Keputren yang Enak, Sederhana Namun Lezat

Bahan Utama Tumis Kapri:

  • 100 gram kapri
  • 75 gram taoge
  • 100 gram jagung putren
  • 5 buah bakso sapi

Bahan dan Bumbu Tumisan:

  • 3 siung bawang putih, dicincang kasar
  • 1 sendok teh garam
  • 2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 3 sendok makan saus tomat
  • 5 butir bawang merah, dicincang kasar
  • 1/4 sendok teh kaldu sapi bubuk
  • 300 ml air
  • 1/2 sendok makan tepung sagu dan 1/2 sendok makan air, dilarutkan untuk pengental
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 3/4 sendok teh gula pasir
  • 1 batang daun bawang, dipotong 2 cm
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat Tumis/Cah Kapri Keputren yang Enak, Sederhana Namun Lezat

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan mempersiapkan bahan-bahan utama terlebih dahulu. Sebab bahan ini harus dipotong dan diolah terlebih dahulu sebelum dicampur dan dibumbui menjadi hidangan yang enak. Akan tetapi, sebaiknya anda persiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan untuk memotong. Agar nantinya jika peralatan ini sudah berada dekat dengan anda, maka anda akan lebih mudah mempersiapkan bahan-bahan diatas. Peralatan yang mungkin anda butuhkan untuk memotong diantaranya adalah pisau, talenan dan juga beberapa wadah untuk menampung hasil potongan sayuran yang sudah anda buat.
  2. Untuk bahan pertama yang akan dipotong terlebih dahulu tentunya adalah bahan utama yakni kapri. Kapri perlu dibersihkan bagian ujungnya yang runcing. Untuk itu, potong bagian kedua ujung yang runcing dan tarik kearah yang berlawanan untuk membersihkan serat pada kapri.
  3. Setelah bagian tersebut dibersikan, silahkan potong kapri menjadi dua bagian dan potong dengan bentuk menyerong. Lalu masukkan hasil potongannya dalam wadah dan sisihkan sementara.
  4. Untuk bahan selanjutnya yang akan dipersiapkan adalah jagung keputren. Sama dengan kapri, anda bisa memotong jagung keputren dengan bentuk serong dan belah menjadi dua untuk setiap satu batang jagung keputren. Hasilnya, masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  5. Kemudian untuk taoge, bersihkan bagian ekor toge dengan dipotong dan dibersihkan menggunakan tangan dan sisihkan dalam wadah.
  6. Sementara ujntuk bakso sapi, potong-potong bakso sapi dengan bentuk bulat tipis. Dan lagi, masukkan hasil potongannya dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  7. Terakhir, silahkan bersihkan semua bahan yang sudah dipotong, kecuali bakso sapi. Bersihkan bahan-bahan tersebut dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan kuman yang masih bersarang dalam sayuran. Angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Tumis Kapri Keputren:

  1. Siapkan wajan, letakan diatas kompor dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu sebentar sampai minyak panas.
  2. Setelah panas, silahkan tumis bawang merah bersama dengan bawang putih dan juga daun jeruk hingga bahan-bahan ini matang serta mengeluarkan aroma harum yang sedap.
  3. Kemudian masukkan jagung keputren kedalamnya bersama dengan kapri. Aduk-aduk sampai bahan ini layu dan tambahkan saus tomat bersama dengan garam, merica, gula pasir dan juga kaldu bubuk. Aduk-aduk merata sampai bahan ini tercampur.
  4. Tuangkan air kedalam tumisan sedikit saja dan masak hingga mendidih. Terkahir, masukkan taoge kedalamnya aduk merata.
  5. Lalu kentalkan kuahnya dengan larutan tepung sagu. Kemudian masak hingga meletup-letup. Tambahkan daun bawang dan aduk merata.

Angkat hidangan ini jika sudah matang dan nikmati bersama dengan keluarga dirumah.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons