Resep dan Cara Membuat Tumis Ayam Sederhana yang Empuk, Gurih dan Lezat

Hidangan tumis ayam sederhana adalah sajian yang enak yang begitu mudah untuk dibuat.

Sajian ini pun tentunya akan bisa anda sajikan dirumah untuk keluarga tercinta. Dengan demikian, sajian menu makanan dirumah akan semakin beragam dengan tambahan menu yang satu ini.

Nah, agar anda pun bisa menyajikan hidangan ini untuk keluarga. Maka mari kita simak resep membuat sajian tumis ayam sederhana yang empuk dan gurih dibawah ini.

ayam tumis sederhana

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis Ayam Sederhana yang Empuk, Gurih dan Lezat

4.8 342

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Ayam Sederhana yang Empuk, Gurih dan Lezat

Bahan Utama Ayam:

  • 4 buah paha ayam
  • 3 siung bawang putih, cincang kasar
  • 3/4 sendok teh garam
  • 2 cm jahe, cincang kasar
  • 1/4 buah bawang bombay, cincang kasar
  • 4 buah cabai rawit merah, cincang kasar
  • 1/2 sendok makan saus sambal
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1 batang daun bawang, dipotong serong
  • 150 ml air
  • 1 tangkai daun ketumbar
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat Tumis Ayam Sederhana yang Empuk, Gurih dan Lezat

Tisp Mempersiapkan Ayam Sebelum Diolah dan Dimasak:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan ayamnya. Hal ini penting sekali karena ada beberapa bagian pada ayam yang arus dibuang dan dibersihkan yang mana tentunya langkah kali ini menjadi hal yang penting yang tidak sebaiknya untuk dilewatkan. Untuk itu, pastikan anda selalu membersihkan ayam meski anda merasa ayam sudah datang dengan keadaan bersih. Akan tetapi, sebelum membersihkan ayam pastikan jika anda sudah memotong-motong ayam dengan ukuran kecil-kecil atau sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.
  2. Setelah ayam dipotong-potong, selanjutnya masukkan ayam kedalam wadah untuk kemudian ayam akan segera kita bersihkan.
  3. Ditempat cucian, bersihkan daging ayam secara merata hingga bersih. Bersihkan pula ayam dari bulu-bulu halus yang mungkin masih menempel pada ayam. Selain itu, bersihkan pula kotoran dan kuman yang masih menempel pada ayam secara merata.
  4. Selesai ayam dibersihkan sampai merata, lanjutkan dengan mengangkat ayam ke tempat semula atau wadah sebelumnya dan tiriskan air cuciannya. Pastikan jika pada baskom tidak terdapat air yang masih menggenang.
  5. Sementara itu, untuk menghilangkan bau amis atau bau khas dari ayam sebelum dimasak adalah dengan memberikan kucuran air jeruk nipis dan taburan garam pada ayam secara merata. Remas-remas ayam dan aduk-aduk sampai bumbu meresap kedalamnya dengan merata. Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ayam Tumis Sederhana:

  1. Setelah ayam dipotong dan dibersihkan, lanjutkan dengan memanaskan miyak sedikit bagian saja dalam wajan dan tunggu higga minyak panas secara merata.
  2. Setelah panas, tumis bawang putih bersama dengan bawang bombay, jahe dan juga cabai rawit hingga tecium bau harum yang enak dan sedap.
  3. Selanjutnya, masukkan ayam kedalamnya dan aduk-aduk ayam sampai berubah warna secara merata.
  4. Masukkan saus sambal bersama dengan bumbu seperti garam dan jga merica bubuk. Aduk-aduk secara merata sampai semua bahan tercampur.
  5. Tuangkan air kedalamnya dan masak ayam sampai matang serta tekstur ayam menjadi lebih empuk. Tambahkan daun bawang kedalamnya bersama dengan daun ketumbar. Aduk-aduk sampai merata dan tumis sampai bahan ini layu.

Nah, setelah matang angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian hidangan ini akan siap anda nikmati dan santap saat masih hangat.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons