Resep dan Cara Membuat Tumis Ayam Sawi yang Sedap, Enak dan Renyah

Sajian tumis ayam sawi adalah hidangan yang enak dan lezat.

Bagi anda yang penasaran ingin tahu sepeerti apa resep membuat sajian tumis ayam sawi yang enak dan renyah, simak langsung seperti apa resep mudahnya dibawah ini. Dengan menyimak resep ini diharapkan anda akan dapat menyajikan hidangan ini dirumah dengan mudah dan sederhana.

ayam tumis sawi

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis Ayam Sawi yang Sedap, Enak dan Renyah

4.6 321

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Ayam Sawi yang Sedap, Enak dan Renyah

Bahan Utama Ayam:

  • 500 gr daging ayam
  • 2 ikat sawi hijau
  • 2 buang jeruk lemon, peras ambil airnya
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • Secukupnya garam

Bahan dan Bumbu Ayam:

  • 2 sendok makan margarin
  • 6 sendok makan kecap pedas manis
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1/4 bawang bombay
  • 100 ml kaldu
  • 2 siung bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 tomat

Cara Membuat Tumis Ayam Sawi yang Sedap, Enak dan Renyah

Tips Mempersiapkan Ayam:

  1. Hal yang pertama bisa dilakukan dengan mempersiapkan ayamnya. Hal ini penting sekali karena ayam harus dicuci dan dibersihkan secara merata sampai kuman dan kotorannya bisa dihilangkan secara merata. Namun sebelum dibersihkan, ayam sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu dengan ukuran yang anda inginkan. Disini saya memotongnya dengan banyak potongan 8 potong. Namun, jika anda merasa potongan ini terlalu besar atau terlalu kecil, maka anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran yang anda inginkan.
  2. Jika ayam sudah dipotong, sekarang masukkan ayam dalam wadah dan akan siap untuk dibersihkan secara merata.
  3. Bawa ayam ke tempat cucian dan bersihkan ayam secara merata. Perhatikan pula, jika anda mendapati banyak kotoran yang menempel pada ayam, atau mungkin bulu-bulu yang masih terdapat pada kulit ayam, maka bersihkan bagian ini secara merata sampai bersih.
  4. Jika ayam sudah dibersihkan secara merata, angkat ayam dan masukkan ayam kedalam wadah untuk kemudian ayam akan siap diangkat dan ditiriskan air cuciannya.
  5. Setela air cucian dikeringkan, sekarang buat bau amis pada ayam bisa diredam. Caranya, gunakan air jeruk nipis dan bahan lain seperti merica bubuk dan juga garam untuk membantu menghilangkan bau amis ini. Aduk-aduk dan remas-remas, lalu diamkan sampai bumbu ini meresap pada ayam selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Tumis Ayam Sawi:

  1. Setelah ayam dibersihkan dan dipotong-potong secara merata, lanjutkan dengan memanaskan wajan diatas kompor dan tunggu minyak ini sampai panas secara merata.
  2. Setelah itu, tumis bawang putih bersama dengan bawang merah dan juga bawang bombay pada minyak yang sudah panas. Aduk-aduk dan tumis bumbu ini sampai mengeluarkan aroma harum yang enak dan lezat.
  3. Kemudian, masukkan ayam kedalam tumisan bumbu dan berikan kecap pedas, garam, merica dan air kaldu. Masak sampai bumbu meresap dan kuah ayam menyusut secara merata.
  4. Masukkan sawi jiga ayam sudah matang, aduk-aduk sebentar sampai sawi matang dan menjadi lebih layu selama kurang lebih 1 menit.
  5. Menjelang diangkat, silahkan masukkan irisan tomat kedalamnya dan masak sampai tomat menjadi lebih layu.

Setelah matang, sajian tumis ayam sawi ini akan siap diangkat dan dinikmati saat masih hangat.

Demikian resep membuat sajian mudah yang lezat kali ini. Semoga dengan menyimak resep ini, anda akan dapat menghidangkan sajian ini dirumah dengan mudah dan spesial.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons