Resep dan Cara Membuat Tim Ikan Kembung Bumbu Sederhana Rumahan yang Enak dan Mudah

Seringkali frustasi saat hendak membuat hidangan yang nikmat untuk keluarga namun dengan proses yang mudah dan tidak terlalu rumit?

Nah, kali ini anda tak perlu khawatir lagi. Resep tim ikan kembung bumbu sederhana kali ini bisa ibu hidangkan untuk keluarga termasuk anak-anak.

ikan kembung tim

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tim Ikan Kembung Bumbu Sederhana Rumahan yang Enak dan Mudah

4.8 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tim Ikan Kembung Bumbu Sederhana Rumahan yang Enak dan Mudah

Bahan Utama Ikan Kembung:

  • 500 gram ikan kembung
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • secukupnya garam
  • secukupnya bawang puith bubuk
  • secukupnya merica bubuk

Bahan dan Bumbu Tim Ikan Kembung:

  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 100 gram paprika, iris halus
  • 1 potong jahe
  • 50 gram daun bawang, iris halus
  • 100 gram wortel, potong korek api
  • 1 1/2 sendok makan kecap asin

Bahan Pelengkap Tim Ikan:

  • Setengah bagian jeruk limau
  • taburan bawang goreng
  • potongan cabai
  • sepucuk daun kemangi (untuk hiasan)

Cara Membuat Tim Ikan Kembung Bumbu Sederhana Rumahan yang Enak dan Mudah

Cara Membersihkan Ikan Kembung:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu kali ini adalah dengan membersihkan ikan kembung yang sudah anda persiapkan. Membersihkan ikan kembung menjadi hal yang penting, selain untuk membersihkan kotoran dan menghilangkan kuman. Ada beberapa bagian pada ikan yang harus dihilangkan dan dibersihkan. Nah, bagain ikan yang pertama yang harus dibersihkan adalah bagain perut ikan yakni kita akan buang jeroan ikan. Untuk membuang jeroan ikan anda bisa melakukannya dengan cara, belah perut ikan dengan menggunakan pisau dan keluarkan isi perutnya dengan menggunakan tangan hingga dipastikan tidak ada kotoran dalam perut ikan yang masih tersisa.
  2. Apabila sudah selesai membersihkan isi perut ikan, silahkan lanjutkan dengan membersihkan bagian insang dikepala ikan sebab bagian ini adalah tempat dimana kotoran dan kuman banyak tersimpan. Untuk membersihkan bagian insang ikan, anda bisa melakukannya dengan cara, buka sedikit bagian kepala ikan dan keluarkan insang ikan dengan menggunakan tangan hingga bersih.
  3. Jika semua bagian ikan sudah dibersihkan secara merata, silahkan buat keratan pada tubuh ikan dikedua sisi bagian agar bumbu ikan bisa meresap kedalamnya dengan sempurna.
  4. Setelah itu, lumuri ikan dengan air jeruk nipis, garam, merica bubuk dan bawang putih bubuk secara merata. Pastikan semua bagian ikan terlumuri dengan bumbu ini. Dan diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap kedalamnya.

Cara Membuat Tim Ikan Kembung Sederhana:

  1. Setelah didiamkan selama kurang lebih 15 menit, silahkan bilas kembali ikan dengan menggunakan air untuk menghilangkan kelebihan garam yang akan membuat rasa ikan menjadi asin.
  2. Setelah dibilas dengan air, letakan ikan diatas pinggan tahan panas dan kemudian taburi ikan dengan bumbu dan bahan yang sudah dipersiapkan, lalu tata dibagian atasnya dengan cantik.
  3. Kemudian siram dengan minyak dan kecap asin bagian atasnya untuk menghasilkan bumbu yang sedap dan nikmat.
  4. Setelah itu, silahkan kukus ikan dengan menggunakan api kecil dan kukus ikan hingga matang.

Setelah ikan matang silahkan angkat ikan dari kukusan dan sajikan dalam piring saji. Hidangan ini akan lezat bila disantap selagi masih hangat. Demikian resep spesial membuat tim ikan kembung yang enak dan sedap. Semoga resep ini bermanfaat untuk anda dan ibu semua dirumah.

Jangan lupa share resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons