Resep dan Cara Membuat Tempura Sosis Yang Sederhana,Enak dan Istimewa

Coba resep kami yan satu ini, tempura sosis dengan cara yang sederhana akan tetapi tetap enak dengan saus tempura yang istimewa.

Tempura yang umumnya menggunakan udang, kini dapat anda coba dengan menggunakan bahan lain seperti sosis yang tidak kalah enak,gurih dan renyah.Dalam membuatnya tidak jauh berbeda dengan membuat tempura udang rumahan yang sederhana.

Perkembangan tempura tidak hanya dijadikan kudapan, kini disajikan di dalam beberapa menu Jepang seperti tendon yaitu tempura yang ditelatakan diatas kotak nasi atau dikenal sebagai Tenju. Kemudian tempura soba yang disajikan dengan soba hangat. Adapula tenzaru yang terbuat dari campuran soba dingin dan tempura. Bahkan anda juga dapat menemukan tempura dalam ten musubi atau onigiri yang berisi tempura dengan bumbu garam.

Bahan pelengkap tempura biasanya menggunakan tentsuyu yaitu parutan lobak maupun jahe sebagai penyedap dengan tambahan air , miri, katsuobushi, keap asin yang dimasasak untuk menguapkan alkohol lalu disaring.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tempura merupakan bahan yang mudah untuk anda cari sedangkan untuk menyajikan tempura menjadi hidangan istimewanya Anda dapat membuat saus tempura.Beberapa bahan untuk membuat saus tempura harus anda dapatkan di supermarket tertentu.

Yuk, coba resep membuat Tempura Sosis Yang Sederhana,Enak dan Istimewa

tempura sosis

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Sosis Yang Sederhana,Enak dan Istimewa

4.8 190

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tempura Sosis Yang Sederhana,Enak dan Istimewa

Bahan Utama Tempura Sosis

  • 8 Sosis Sapi
  • 200 ml air es
  • 1 butir kuning telur ayam
  • 150 gram tepung tempura/roti
  • 100 gram tepung bumbu

Bahan Pelengkap Saus Tempura

  • 250 ml Dashijiru
  • 30 ml kecap
  • 30 ml mirin
  • 1 sendok makan jahe parut
  • 4 sendok makan lobak putih parut

Cara Membuat Tempura Sosis Yang Sederhana,Enak dan Istimewa

Cara Membuat Tempura Sosis

  1. Langkah pertama tuang air es ke dalam mangkuk kemudian tambahkan kuning telur dan aduk
  2. Lanjutka dengan menambahkan tepung dan aduk dengan menggunakan sumpit, hindari mengaduk terlalu kuat karena adonan akan menggumpal
  3. Panaskan minyak dengan suhu 170 derajat celcius didalam wajan anti lengket
  4. Lalu masukan sosis yang sudah dipotong menjadi dua bagian , goreng hingga warnanya berubah kuning keemasan

Cara Membuat Saus Tempura

  1. Langkah pertama membuat dashijiru yaitu dengan menyiapkan 15 cm kombu, 60 gram katsuo bushi dan 1000 ml air putih.
  2. Cara membuatnya rendam rumput laut kemudian panaskan dengan menggunakan api sedang, jika sudah berbuih angkat rumput laut.
  3. Lalu cairan yang berbuih tadi tambahkan bonito flakes dengan menggunakan api kecil. Biarkan cairan mendidih untuk beberapa menit hingga berbusa.
  4. ketika flake berada di dasar panci saring kemudian rebus kembali dengan 4 cup air.
  5. Lalu panaskan kembali dashijiru dengan tambahan kecap dan cuka kemudian angkat dan pisahkan parutan lobak dengan ukuran kerucutm diaras parutan lobak ditaruh juga parutan jahe.

Sajikan tempura sosis dengan tambahan saus khas yang lebih menjadikan menu ini istimewa. Anda juga dapat mencoba tempura rumaha, tempura ikan, tempura ayam atau tempura udang di resep lainnya. Silahkan untuk berbagi resep di media sosial anda dan jangan lupa untuk meninggalkan pesan/ komentar di kolom bawah ini setelah anda mencoba resep tempura sosis dengan sausnya. 

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons