Resep dan Cara Membuat Tempura Ikan Goreng yang Renyah Enak dan Sederhana

Tempura ikan merupakan makanan khas Jepang dengan citarasa renyah dan gurih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, yuk coba resep sederhananya disini.

Tempura yang berasal dari Jepang ini ternyata apabila diamati dari asal usul katanya berasal dari Bahasa Portugal. Sudah sejak dulu kala masyarakat jepang mengenal makanan yang dibalut dengan menggunakan tepung yang digoreng yaitu pada zaman Nara-Heinan. Seiring berkembangnya , masyarakat jepang dipertengahan abad 16 mengenal Fritter yaitu makanan yang berasal dari Barat dan berkembang menjadi Tempura.

Tempura yang sangat terkenal di Indonesia ini merupakan makanan jepang yang memiliki nilai sejarah tinggi, bahkan pada zaman Edo. Tempura disajikan dengan tusuk sate dibeberapa kedai dan menjadi makanan ringan oleh rakyat Jepang.

Seiring berkembangnya zaman, tempura dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Bahkan tidak hanya dibeberapa restoran khas Jepang saja,beberapa kedai sering kali menyajikan tempura didalam buku menu.

Rasa tempura yang renyah dan gurih inilah yang cocok ditambah dengan nasi atau sekedar sebagai cemilan dengan bumbu saos yang tersedia.

Kali ini kami akan mengajak anda untuk mencoba resep tempura ikan yang renyah dan sederhana.

tempura ikan

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Ikan Goreng yang Renyah Enak dan Sederhana

4.8 178

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-bahan yang digunakan untuk Resep dan Cara Membuat Tempura Ikan Goreng yang Renyah Enak dan Sederhana

Bahan utama Tempura Ikan Goreng

  • 500 gram ikan tanpa kulit dan tulang/ fillet
  • 1 butir telur ayam
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 175 gram tepung roti
  • 2 sendok makan air
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Pelengkap Tempura Ikan Goreng

Salada atau Kentang goreng

Cara Membuat Tempura Ikan Goreng

  1. Langkah pertama bersihkan ikan fillet sesuai selera
  2. Kemudian kocok telur di dalam mangkuk dengan garam secukupnya, campurkan dua sendok makan air putih, sisihkan
  3. Siapkan tepung pada piring yang lebar
  4. Kemudian siapkan tepung roti di dalam piring yang lebar
  5. Lanjutkan minyak goreng di dalam wajan
  6. Lalu ambil potongan ikan, taruh diatas tepung terigu usahakan tepung hingga rata
  7. Selanjutnya celupkan ke dalam kocokan telur hingga matang, simpan ikan diatas tepung roti, bolak-balik hingga perlahan dan ikan terbungkus rata.
  8. Lalu goreng ikan hingga kekuningan dan lalukan langkah tersebut hingga ikan habis

Sajikan ikan goreng tepung /tempura ikan yang renyah dengan tambahan selada dan kentang goreng . Untuk lebih menikmati hidangan ini anda dapat menambahkan sambal seperti saus sambal, saus tartare atau mayonaise.

Apabila anda kesulitan mencari ikan fillet di dalam kemasan, anda dapat menggunakan ikan laut yang dibuang kulit dan durinya. Sedangkan tips untuk anda dalam menggoreng tempura ikan, usahakan menggunakan wajan anti lengket dan untuk mengurangi kadar minyak pada ikan tempura dapat menggunakan kitchen towel/ tissue dapur di atas piring.

Anda dapat mencoba resep tempura lainnya di website kami , tempura rumahan sederhana, tempura daging , tempura ayam, tempura sosis atau tempura sayuran. Kami menyajikan beberapa menu mancanegara yang dapat menjadi pilihan hidangan utama keluarga. Setelah mencoba resepnya anda dapat berbagi dengan teman atau keluarga melalui media sosial dan juga jangan lupa untuk meninggalkan komentar di kolom komentar di bawah ini.  

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons