Resep dan Cara Membuat Tempura Ebi yang Enak,Renyah,Sedap dan Istimewa

Yuk,coba resep tempura ebi yang enak dibalut tepung yang renyah dengan saus yang istimewa di rumah dengan sajian yang lezat untuk keluarga.

Tempura merupakan makanan khas Jepang yang sangat banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang gurih,tempura dapat terbuat dari bahan-bahan lainnya seperti bahan sayur,bahan daging,bahan ayam ataupun bahan tahu.Inilah yang menyebabkan penggemar tempura tidak pernah bosan untuk menyantap yang kriuk ini.

Ciri khas dari tempura adalah tepungnya yang krispy,banyak diantaranya yang sudah pernah mencoba akan tetapi kurang memuaskan dari hasil tepungnya yang lembek.Nah, sebelum anda mencoba membuat tempura ebi, kami akan memberikan tipsnya untuk anda.

Perhatikan ketika membuat adonan tempura.Umumnya menggunakan kuning telur saja.Sedangkan untuk tepung yang digunakan merupakan tepung khas tempura atau menggunakan campuran tepung terigu dengan tepung sagu dengan perbandingan 3:1. Selanjutnya perhatikan pula cara mengaduk adonan, aduklah menggunakan sumpit,sebanyak 10 kali. Adonan yang terlalu diaduk merata akan membuat tepung menjadi keras.

Kemudian yang harus diperhatikan selanjutnya adalah minyak yang digunakan,gunakan api sedang dengan minyak yang dapat merendam adonan dengan sempurna. Apabila ingin tepung yang lebih tebal, sebelum diangkat siram kembali dengan adonan lalu masak kurang lebih 7-8 detik sebelum diangkat.

Nah, kali ini anda sudah tahu tips untuk memasaknya. Saatnya anda untuk mengetahui resep komplit cara membuat tempura ebi.

tempura ebi

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Ebi yang Enak,Renyah,Sedap dan Istimewa

4.9 190

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tempura Ebi yang Enak,Renyah,Sedap dan Istimewa

Bahan Utama Tempura Ebi

  • 200 gram udang
  • 200 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur + sedikit air, kocok lepas
  • 125 gram tepung terigu atau secukupnya
  • 125 gram tepung roti
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Tempura Ebi 

  1. Langkah pertama untuk membuat tempura ebi yaitu mengupas kepala dan kulitnya, sisakan ekor dan satu ruas kulit diatas yaitu tepatnya sebelum ekornya.
  2. Kemudian tusuk bagian punggung udang dengan menggunakan tusuk bambu kecil, keluarkan pembuluh darah hitam dipunggung udang
  3. Berikan garam secukupnya
  4. Lalu tepung tapioka diberi sedikit air,remas-remas udang dan cuci hingga dua kali dan menjadi bersih
  5. Setelah itu letakan udang di talenan yaitu posisi punggung diatas fungsinya untuk meluruskan udang supaya menggorengnya dapat memanjang dan tidak bengkok.
  6. Celupkan udang ke dalam kocokan telur, kemudian lapisi dengan tepung roti hingga seluruh udang terselimuti
  7. Bersihkan ekor udang dari tepung roti
  8. Kemudian panaskan minyak agar panas, angkat dan tiriskan

Sedangkan bagi anda yang ingin melengkapinya dengan saus tempura , caranya mudah sekali anda dapat mempersiapkan 150 ml air yang ditambahkan dengan kecap asin , gula dan kaldu ikan.Semua bahan dicampur hingga merata, siap dijadikan saus yang tempura.

Hanya saja tempura dapat ditambahkan pada beberapa menu seperti udon atau ricebowl. Sehingga tempura menjadi hidangan pelengkap yang enak. Terlebih lagi dengan bahan yang digunakan untuk membuat tempura beranekaragam dapat membuat tempura semakin banyak diminati.

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Jangan lupa untuk berbagi resep dengan teman dan keluarga melalui media sosial dan juga berikan komentar di kolom yang sudah disediakan. Selamat mencoba resep tempura dengan bahan lainnya di website kami seperti tempura ikan, tempura ayam atau tempura sayuran. 

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons