Resep dan Cara Membuat Telur Gulung, Sajian Enak dan Sehat Untuk Sarapan

Telur gulung adalah salah satu menu sederhana yang mudah dibuat di rumah. Telur gulung bisa dijadikan sebagai menu sarapan yang sehat dan enak untuk keluarga tercinta di rumah. Anda juga bisa menjadikan telur gulung sebagai bekal si kecil ke sekolah atau bekal ke kantor. Rasanya yang enak dan gurih, dengan campuran nori di dalamnya akan sangat memanjakan lidah. Apalagi telur gulung ini dilengkapi dengan bahan-bahan spesial yang tentunya akan menambah kenikmatan rasanya.

Bahan dan bumbu membuat telur gulung cukup praktis. Anda juga bisa membuatnya dengan mudah dan cepat. Meskipun belum pernah membuat sebelumnya, tetapi anda tidak akan merasa kesulitan. Agar anda tidak kebingungan saat membuatnya, mari simak resep dan cara membuat telur gulung sajian enak dan sehat untuk sarapan di bawah ini. ( Baca juga : Resep Pizza Mie Telor )

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Telur Gulung, Sajian Enak dan Sehat Untuk Sarapan

4,9 review 890

Waktu Memasak

Persiapan : 25 menit

Memasak : 25 menit

Total : 50 menit

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Telur Gulung

Bahan Utama Telur Gulung

  • 6 butir telur
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 lembar nori
  • 50 ml kaldu sapi
  • Garam secukupnya
  • 3 buah sosis sapi
  • Mentega tawar secukupnya

Bahan Pelengkap Telur Gulung

  • 1/2 buah ketimun jepang
  • 1/2 sendok makan saus sambal
  • 1/4 buah paprika hijau
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 100 gram kentang mini
  • 100 gram mayones
  • 6 lembar lettuce

Cara Membuat Telur Gulung, Sajian Enak dan Sehat Untuk Sarapan

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan Telur Gulung

  1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan bahan-bahan. Silahkan ambil nori yang sudah anda siapkan lalu potong-potong.
  2. Cuci ketimun jepang. Lalu buang bijinya dan iris setengah lingkaran.
  3. Kupas kentang mini, lalu cuci sampai bersih. Kukus sampai matang dan empuk, kemudian potong menjadi dua bagian.
  4. Iris kasar lettuce dan cincang kasar paprika hijau.

Cara Membuat Telur Gulung

  1. Silahkan siapkan wadah berukuran sedang.  Kemudian masukan telur yang sudah anda siapkan ke dalam wadah tersebut bersama dengan bumbu seperti merica, kaldu ayam dan garam. Aduk telur hingga merata dan mengembang. Lalu masukan nori yang sudah dipotong-potong. Aduk kembali sampai merata.
  2. Setelah itu, panaskan wajan teflon berbentuk persegi yang sebelumnya sudah diolesi menggunakan mentega tawar.
  3. Jika wajah sudah panas, silahkan tuangkan telur tipis-tipis pada wajan. Letakan satu buah sosis di ujung bagian depan.
  4. Selanjutnya gulungkan ke belakang. Tuang lagi telur ke dalam wajan tipis-tipis. Tunggu beberapa saat hingga setengah kering. Gulungkan dari arah belakang ke bagian depan. Ulangi lagi hingga adonan habis.

Cara Mengolah Pelengkap

  1. Aduk ketimun bersama dengan kentang, lettuce, saus tomat, mayones, paprika dan saus sambal. Aduk bahan-bahan tersebut sampai merata.
  2. Siapkan piring saji. Lalu letakan telur gulung di atas piring saji tersebut. Kemudian sajikan telur bersama dengan pelengkapnya.

Telur gulung sudah selesai dibuat. Sajikan dalam keadaan hangat agar lebih nikmat. Anda juga bisa menyantapnya bersama dengan nasi hangat agar lebih berselera.

Itulah resep dan cara membuat telur gulung. Mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman-teman anda. Caranya dengan klik ‘share’ yang sudah kami sediakan.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons