Resep dan Cara Membuat Sup Jagung Macaroni Kental Untuk Anak yang Gurih, Enak dan Mudah

Hidangan sup jagung macaroni kental adalah sajian menu hidangan utama yang cocok disantap untuk sarapan pagi atau hidangan makan malam.

Nah, bagi anda yang ingin menyajikan hidangan ini dirumah, mari kita langsung simak resep membuat sup jagung macaroni kental dibawah ini.

sup jagung makaroni

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sup Jagung Macaroni Kental Untuk Anak yang Gurih, Enak dan Mudah

4.8 234

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sup Jagung Macaroni Kental Untuk Anak yang Gurih, Enak dan Mudah

Bahan Utama Sup Jagung:

  • 1 buah jagung manis
  • 1 genggam makaroni spiral
  • 100 gram ayam fillet
  • 2 batang sosis
  • 1/2 batang wortel

Bahan dan Bumbu Sup:

  • 1/2 buah bawang bombay, rajang setipis mungkin
  • 2 batang daun bawang, rajang halus
  • 4 siung bawang putih dihaluskan
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1 batang seledri, rajang halus
  • 2 sdt tepung sagu, larutkan dengan air
  • 600 ml air kaldu ayam/sapi

Cara Membuat Sup Jagung Macaroni Kental Untuk Anak yang Gurih, Enak dan Mudah

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan dan membersihkan bahan-bahan utama agar nantinya ketika anda memasaknya, maka anda akan lebih mudah menyajikan hidangan yang sedap. Sebab bahan-bahan utama ini harus dibersihkan dan dipotong terlebih dahulu sebelum dimasak dan diolah menjadi hidangan yang enak dan lezat. Untuk itu, sebelum anda memotongnya, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu peralatan untuk memotong sayuran seperti tatakan, pisau dan juga wadah untuk menampung hasil potongan.
  2. Untuk sayuran pertama yang akan dibersihkan dan dipotong adalah jagung manis. Bersihkan terlebih dahulu jagung manis dari cangkang, rambut jagung dan juga bonggolnya secara merata. Jika sudah bersih, baru pipil jagung atau sisir denga menggunakan pisau dan masukkan hasil pipilannya kedalam wadah, lalu sisihkan sementara.
  3. Setelah selesai dengan jagung, lanjutkan dengan sosis. Untuk sosis ini, silahkan iris melintang dengan ukuran kurang lebih 1 cm dan masukkan dalam wadah yang berbeda.
  4. Sementara untuk wortel, potong dadu dengan menggunakan pisau dan masukkan dalam wadah yang sama saat anda memasukkan jagung kedalamnya. Lalu sisihkan sementara.
  5. Untuk ayam, silahkan bersihkan terlebih dahulu fillet ayam dengan menggunakan air bersih dan buang bagian lendirnya. Angkat ayam yang sudha bersih dan potong dnegan bentuk dadu. Lalu sisihkan juga.
  6. Terakhir, silahka bersihkan semua sayuran yang sudah dipotong, kecuali makaroni, biarkan makaroni tetap utuh.

Cara Membuat Sup Jagung Macaroni Kental:

  1. Untuk yang pertama, silahkan panaskan wajan diatas kompor dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu hingga minyak panas dan tumis bawang putih hingga tercium bau harum yang sedap. Setelah itu, masukkan potongan ayam kedalamnya. Aduk-aduk ayam hingga berubah warna.
  2. Setelah itu, tuangkan air kedalamnya bersama dengan kentang, wortel dan juga jagung manis. Masak hingga mendidih dan matang secara merata.
  3. Baru setelah itu, masukkan sosis yang sudah dipotong-potong bersama dengan taburan bumbu seperti garam, merica, gula dan juga bumbbu kaldu.
  4. Terakhir, masukkan macaroni dan masak hingga macaroni agak mengembang. Baru kentalkan kuahnya dengan larutan mazeina dan masak hingga meletup-letup. Dan masukkan sisa bumbu yang masih ada. Aduk-aduk dan angkat.

Sajikan hidangan ini untuk keluarga dan nikmati selagi masih hangat agar rasanya lebih sedap.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar ada dibawah ini.

Loading...

One Response

  1. Lia sabariah 13 November 2018

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons