Resep dan Cara Membuat Sup Jagung Ayam Kuah Telur yang Lezat, Gurih dan Spesial

Mencari menu sarapan yang enak dan lezat namun mudah untuk dibuat?

Ini dia menu hidangan istimewa yang cocok anda buat dirumah untuk keluarga. Adalah sajian sup jagung ayam kuah telur yang lezat yang resepnya bisa anda coba dirumah. Seperti apa sih cara membuat sup jagung ayam kuah telur? Yuk, kita simak resepnya dibawah ini.

sup jagung ayam kuah telur

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sup Jagung Ayam Kuah Telur yang Lezat, Gurih dan Spesial

4.8 305

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sup Jagung Ayam Kuah Telur yang Lezat, Gurih dan Spesial

Bahan Utama Sup Jagung:

  • 3 buah jagung manis
  • 2 buah paha ayam

Bahan dan Bumbu Sup Jagung:

  • 2.000 ml kaldu ayam
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 75 gram maizena, larutkan bersama air
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 4 sendok teh garam
  • 1 batang daun bawang, potong 1 cm
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 3/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat Sup Jagung Ayam Kuah Telur yang Lezat, Gurih dan Spesial

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu membersihkan bahan utama sebelum dimasak dan diolah menjadi hidangan yang enak dan sedap. Selain itu, bahan-bahan utama ini harus dipotong terlebih dahulu sebelum dicuci. Untuk itu, anda dianjurkan untuk mempersiapkan peralatan untuk memotong diantaranya seperti pisau, tatakan dan juga wadah. Wadah ini akan digunakan untuk menampung hasil sayuran yang sudah dipotong-potong.
  2. Untuk sayuran yang akan dibersihkan terlebih dahulu adalah jagung manis. Bagian yang harus dibuang dan dibersihkan pada jagung manis adalah bagian cangkang jagung, bonggol jagung dan juga rambut jagung yang ada dibagian atas permukaan jagung. Untuk itu, kupas bagian cangkang jagung kebagian luar dan tarik untuk membuang bagian bonggolnya secara merata.
  3. Selesai membersihkan cangkang dan juga bonggol, bersihkan pula bagian rambut jagung. Caranya, tarik perlahan rambut jagung dan bersihkan secara merata. Lalu bersihkan dengan menggunakan air hingga kotoran pada jagung bersih secara merata.
  4. Untuk ayam, silahkan potong-potong fillet ayam dengan menggunakan pisau dan potong diatas tatakan. Anda bisa memotongnya dengan bentuk dadu ekcil-kecil. Masukkan ayam yang telah dipotong dalam wadah, bawa ke tempat cucian dan cuci bersih dengan menggunakan air secara merata hingga dipastikan kotoran bisa dihilangkan secara keseluruhan.
  5. Lalu, rebus jagung manis dalam panci hingga matang secara merata. Angkat jagung dengan menggunakan capitan. Tunggu hingga menjadi lebih matang dan pipil jagung dengan menggunakan tangan. Lalu masukkan hasil pipilannya dalam wadah dan sisihkan.

Cara Membuat Sup Jagung Ayam:

  1. Tumis terlebih dahulu bawang putih bersama dengan bawang bombay dan jahe dalam wajan yang telah diberikan minyak dan sudah dipanaskan secara merata. Tumis bahan-bahan ini hingga tercium bau harum yang enak.
  2. Msukkan ayam yang telah dipotong-potong dalam tumisan dan aduk-aduk hingga ayam berubah warna.
  3. Tuangkan kaldu kedalam tumisan bersama dengan jagung, kecap asin, gula pasir dan juga merica bubuk. Aduk-aduk dan rebus hingga bahan-bahan ini mendidih.
  4. Kentalkan kuah dengan larutan tepung mazeina dan biarkan hingga meletup-letup. Terakhir, masukkan kocokan telur kedalam kuah yang sudah mengental sampai diaduk hingga telur terlihat seperti berambut.

Setelah matang, angkat dan masukkan dalam wadah lalu taburi bagian atasnya dengan daun bawang untuk kemudian hidangan ini akan siap anda nikmati dan santap selagi masih panas.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons