Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Nila Merah Kuah Bening yang Enak dan Sedap

Enak dan sedap, itulah beberapa kata yang sempurna menggambarkan hidangan kali ini.

Sup ikan nila merah kuah bening adalah hidangan utama yang mudah dibuat dirumah. Nah, agar hidangan ini bsa dibuat dengan mudah, yuk, simak resepnya.

resep ikan nila sup merah

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Nila Merah Kuah Bening yang Enak dan Sedap

4.8 133

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sup Ikan Nila Merah Kuah Bening yang Enak dan Sedap

Bahan dan Bumbu Sup Ikan Nila Merah:

  • 3 ekor ikan nila merah
  • 4 buah tomat hijau, dipotong-potong
  • 4 buah belimbing sayur, dipotong-potong
  • 4 butir bawang merah, diiris
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 1 cm jahe, dimemarkan
  • 2 siung bawang putih, diiris
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1, 75 liter air
  • 3 tangkai daun kemangi (ambil daunnya saja)

Bahan Pelengkap Sup Ikan Nila Merah:

  • 1 tangkai daun bawang
  • Secukupnya bawang goreng
  • Sepucuk kemangi (untuk hiasan)
  • 2 iris caba merah (untuk hiasan)

Cara Membuat Sup Ikan Nila Merah Kuah Bening yang Enak dan Sedap

Cara Membersihkan Ikan Nila Sebelum Diolah:

  1. Hal pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu dikesempatan kali ini adalah dengan membersihkan ikan nila yang sudah anda beli. Untuk membersihkan ikan nila yang pertama, kita melakukannya dengan membersihkan sisik pada tubuh ikan sebab disinilah tempat kuman dan kotoran bersarang. Untuk itu, kia bersihkan sisik ikan dengan cara mengeriknya menggunakan pisau dan membuang sisik tersebut hingga bersih.
  2. Setelah sisik ikan dibersihkan, selanjutnya kita bersihkan pula insang dikepala ikan. Caranya, buka sedikit bagian kepala ikan dan bersihkan insang dengan menggunakan tangan, lalu buang insang yang sudah dilepaskan.
  3. Lanjutkan dengan membersihkan isi perut ikan. Caranya, belah ikan dibagian perut sedikit saja dan keluarkan isi perutnya dengan menggunakan tangan dan bersihkan isi perut ikan hingga tidak ada yang tersisa dibagian dalamnya.
  4. Apabila semua bagian ikan sudah dibersihkan, sekarang silahkan potong-potong ikan sesuai dengan selera yang anda inginkan.
  5. Terakhir, lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis secara merata dan diamkan sementara agar bumbu lumuran tersebut bisa meresap pada ikan secara merata.

Cara Membuat Sup Ikan Nila Merah:

  1. Setelah ikan didiamkan sementara, sekarang kita siapkan wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Lalu tunggu hingga minyak panas secara merata.
  2. Setelah minyak panas, masukkan ikan dan goreng hingga ikan berwarna kecoklatan dan tekstur bagian atasnya garing secara merata.
  3. Setelah ikan digoreng, angkat ikan dan tiriskan sementara sebelum masak menjadi sup.
  4. Siapkan wajan, masukkan minyak goreng da tumis bawang merah, bawang putih dan jahe. Lalu tumis hingga semua bahan ini mengeluarkan aroma harum yang lezat.
  5. Setelah harum, masukkan tomat hijau belimbing saur dan gula, lalu aduk-aduk merata sampai bahan-bahan yang baru saja dimasukkan menjadi lebih layu.
  6. Masukkan air kedalamnya dan rebus hingga air mendidih, selanjutnya masukkan ikan nila merah yang sudah digoreng dan aduk-aduk sampai mendidih dan bumbu meresap pada ikan secara merata.
  7. Menjelang diangkat, masukkan kemangi kedalamnya dan aduk-aduk sebentar hingga kemangi layu.

Setelah sup ikan matang, selanjutnya angkat dari rebusan dan sajikan kedalam mangkuk saji. Hidangan ini akan akan terasa lebih lezat jika disajikan dengan bahan pelengkap yang sudah kita siapkan tadi. Demikian resep membuat hidangan lezat yang nikmat.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan tema dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons