Resep dan Cara Membuat Suimono Ala Jepang yang Mudah di Rumah

Sajikan soup kuah bening dengan aneka bahan yang bergizi untuk keluarga tercinta, yuk coba dengan panduan resep dan langkah disini. Baca selengkapnya disini.

Suimono tak setenar miso soup , hanya saja dalam bentuk kuah bening ala Jepang ini tidak kalah menggungah selera. Sup ini memiliki perbedaan dengan miso soup, suimono sendiri sangat mementingkan bahan-bahan yang disesuaikan dengan bahan yang sedang musim.

Berbeda dengan miso soup dengan rasa yang mencolok dari kuahnya, sedangkan untuk membuat suimono sendiri memiliki rasa yang tidak mencolok dan sering kali digunakan sebagai jamuan formal. Untuk suimono sendiri seringkali dihidangkan dalam bentuk mangkuk berpernis. Inilah yang menjadikan menu suimono sangat khas di Jepang.

Untuk masalah rasa, kaldu yang khas umumnya dair dashi katsuobushi atau konbu yang diberi sedikit kecap asin dan garam. Beberapa tambahan daun rempah sehingga membuat menu ini menjadi sangat khas,salah satu diantaranya adalah sansho, daun mitsuba dan irisan kulit yuzu seringkali dibiarkan mengapung di soup dengan aroma yang khas.

Suimono sendiri dibedakan berdasarkan kuahnya, apabila disajikan dengan kaldu ikan  dan diberi tambahan garammaka disebut sup ushiojiru.Sedangkan untuk sup bening yang terbuat dari kaldu ikan dan  kerang yang diberi kecap asin disebut dengan sumashijiru.

Inilah resep dan cara membuat suimono ala Jepang yang mudah dan dapat anda coba untuk disajikan ditengah keluarga tercinta, selamat mencoba.

suimono Sumashijiru

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Suimono  Ala Jepang yang Mudah di Rumah

4,9 review 175

Waktu Memasak

Persiapan :20 menit

Memasak :60 menit

Total :80 menit

Jumlah Porsi

3 porsi

Bahan Resep dan Cara Membuat Suimono  Ala Jepang yang Mudah di Rumah

Bahan Utama Suimono  Ala Jepang

  • 3 gelas air
  • 100 gram Kombu (rumput laut kering dari jenis laminaria) berukuran 4×2 inci
  • 100 gram katsuobushi (bonito flakes kering)

Bahan Bumbu Suimono  Ala Jepang

  • 1 sdm kecap
  • 1 sdm sake/dapat diganti bumbu lain
  • 1/4-1/2 sdt garam
  • 1/2 blok tahu/tofu
  • 1/2 ikat mitsuba

Cara Memasak Resep dan Cara Membuat Suimono  Ala Jepang yang Mudah di Rumah

  1. Pertama-tama untuk membuat masukan air hingga mendidih kemudian tambahkan panci dan panakan dengan menggunakan api sedang hingga mendidih,lalu pisahkan kombu. Saring airnya saja.
  2. Kemudian tambahkan katsuobushi dan biarkan air mendidih kemudian matikan api dan diamkan selama kurang lebih 5 menit lalu saring
  3. Selanjutnya bumbui kaldu dashi , tambahan garam , sake dan kecap
  4. Kemudian potong tofu menjadi ukuran kurang lebih 3 cm dan potong mitsuba dengan kasar
  5. selanjutnya tambahkan tofu kedalam sup dan masak hingga mendidih , kurang lebih satu menit.
  6. Selanjutnya tuang sup ke dalam mangkuk dan terakhir taburi dengan mitsuba.  
  7. Sajikan selagi sup hangat dengan tambahan pelengkap seperti nasi putih khas Jepang, selamat mencoba.

Anda dapat mencoba resep-resep lainnya dengan cara membuka web kami di selerasa.com, beberapa menu mancanegara yang terkenal dapat anda coba. Selain itu, anda juga dapat berbagi link dengan teman dan keluarga melalui akun media sosial anda. Jangan lupa juga untuk meninggalkan komentar di kolom yang sudah tersedia di bawah ini, selamat mencoba. 

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons