Resep dan Cara Membuat Sop Jagung Khas Nusantara yang Enak, Spesial dan Lezat

Hidangan sop jagung khas nusantara adalah salah satu sajian yang disukai banyak orang.

Betapa tidak, hidangan yang memiliki citarasa gurih yang special ini begitu mudah dibuat. Apalagi kombinasi sayuran didalamnya yang membuat selera makan semakin sedap. Yuk, simak resep membuat sop jagung khas nusantara berikut ini.

sop jagung nusantara

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sop Jagung Khas Nusantara yang Enak, Spesial dan Lezat

4.8 298

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

7 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sop Jagung Khas Nusantara yang Enak, Spesial dan Lezat

Bahan Utama Sop Jagung:

  • 3 buah Jagung muda
  • 300 gr Bunga kol
  • 300 gr Wortel
  • 2 btr Telur ayam
  • 100 gr Daging sapi

Bahan dan Bumbu Sop Jagung:

  • 2 siung Bawang putih, iris tipis
  • 1 tangkai Seledri, potong tipis
  • 3 lbr Daun bawang, potong – potong
  • 5 siung Bawang merah, iris tipis
  • merica bubuk sesuai kebutuhan
  • Garam secukupnya
  • pala bubuk, secukupnya
  • Air Secukupnya

Cara Membuat Sop Jagung Khas Nusantara yang Enak, Spesial dan Lezat

Tips Mempersiapkan Bahan Utama Sebelum Diolah:

  1. Yang pertama bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan bahan-bahan utama. Hal ini dikarenakan bahan-bahan utama ini harus dipotong dan diolah terlebih dahulu. Untuk itulah, sebelum anda memulai membersihkan dan mengolah bahan-bahan sebaiknya persiapkan terlebih dahulu peralatan untuk memotong seperti talenan, pisau dan juga wadah. Jika peralatan ini sudah anda dekatkan dari jangkauan anda, maka anda akan lebih mudah mengolah bahan-bahan diatas.
  2. Untuk yang pertama akan kita olah dna potong-potong adalah jagung muda. Bersihkan terlebih dahulu bagian cangkangnya. Caranya, kupas cangkang jagung kebagian luar, tarik kebagian luar dan potong bersama dengan bonggol jagung secara merata. Apabila anda merasa kesulitan memotong bonggol jagung denga menggunakan tangan, silahkan gunakan pisau atau mintalah bantuan oranglain yang tenaganya lebih besar.
  3. Setelah membuka bagian cangkang dan bonggol, lanjutkan dengan membersihkan rambut jagung. Lalu bersihkan secara merata. Terakhir, silahkan pipil jagung atau pisahkan bijinya dari bonggolnya untuk kemudian masukkan hasil pipilannya dalam wadah.
  4. Sementara untuk wortel, silahkan potong wortel dnegan bentuk dadu. Akan tetapi, jangan lupa untuk mengupas kulit bagian luarnya dengan menggunakan pisau secara merata.
  5. Untuk bunga kol, silahkan iris bunga kol dengan bentuk tipis secara merata dan masukkan hasil potongannya dalam wadah yang sama dengan wortel dan juga jagung.
  6. Sementara untuk daging sapi, silahkan cincang daging dengan menggunakan pisau yang tajam dan hasil cincangannya masukkan dalam wadah yang terpisah dan sisihkan.
  7. Untuk telur ayam, kocok-kocok telur hingga berbusa dan mengembang secara merata.

Cara Membuat Sop Jagung:

  1. Setelah bahan-bahan dipersiapkan, silahkan tumis bawang merah bersama dengan bawang putih dan bubuhi dengan merica, pada dan masukkan daging giling kedalamnya. Tumis daging hingga berubah warna dan tercium bau harum dari bumbu yang dimasak.
  2. Masukkan air kedalamnya bersama dengan jagung muda, bunga kol, wortel, daun bawang dan juga seledri. Masak sayuran hingga matang dan kuahnya mendidih secara merata.
  3. Jika sayuran sudah matang dan kuah telah emndidih, silahkan masukkan kocokan telur kedalamnya dan aduk-aduk secara merata higga telur berambut.

Setelah hidangan ini matang, silahkan angkat hidangan ini dan sajikan dalam piring saji untuk kemudian hidangan ini akan siap anda sajikan dirumah dengan mudah dan sederhana.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons