Resep dan Cara Membuat Sop Ikan Haruan Goreng khas Kalimantan Selatan

 

Ingin masakan yang berkuah, kami coba hadirkan resep dan cara membuat sop ikan haruan goreng khas Kalimantan Selatan.

Sekarang ini banyak sekali aneka jenis masakan, mulai dari bahan daging, ikan, sayuran, mie dll. Karena itu tidak heran apabila sekarang ini banyak sekali varian-varian aneka masakan yang menyajikan berbagai aroma serta aneka rasa yang khas. Namun bagaimana dengan masakan ikan? Masakan ikan juga salah satu jenis masakan yang banyak sekali, baik ikan laut ataupun ikan air tawar sekarang ini mampu dimodifikasi sedemikian rupa agar menciptakan rasa yang enak dan lezat. Sama halnya dengan masakan sop yang kali ini akan kami bahas. Masakan sop kali ini kami coba buat dengan bahan dasar ikan, yaitu ikan haruan atau biasa disebut dengan ikan gabus. Ikan haruan ikan yang hidupnya di air tawar ini memiliki dagingnya yang tebal dan sangat enak kala dimasak. Selain rasanya ikan haruan ini juga memilikibanyak kandungan berupa protein yang tinggi, kemudian omega 3, vitamin dll.

Sop ikan haruan ini sangat cocok anda hidangka ditengah-tengah keluarga tercinta terlebih bagi sang anak. Dengan mengkonsumsi sop ikan ini tentunya akan memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi keluarga anda. Baiklah tanpa berlama-lama lagi yukkita simak dibawah ini, bagamina resep dan cara membuat sop ikan haruan goreng khas Kalimantan selatan.

resep sop ikan haruan

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sop Ikan Haruan Goreng khas Kalimantan Selatan

Review

4.9 review 33

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Sop Ikan Haruan Goreng khas Kalimantan Selatan

Bahan dan Bumbu

  • 500 gram Ikan haruan/ gabus
  • 1 buah wortel
  • 2 butir cengkeh
  • 1 ruas jari kayu manis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 750 ml air
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/4 sdt pala parut

Cara Membuat Sop Ikan Haruan Goreng khas Kalimantan Selatan

Cara Memasak

  1. Yang pertama ikan haruan/ikan gabus dibersihkan seperti buang bagian dalam isi perutnya, setelah itu potong sesuai selera, kemudian beri garam dan asam, lalu diamkan sebentar 10 menit.
  2. Selanjutnya siapkan wajan, kemudian beri minyak goreng, lalu panaskan dan goreng ikan haruan hingga matang dan kering, angkat dan sisihkan.
  3. Setelah itu siapkan wortel, lalu kupas dan diiris tipis, sisihkan.
  4. Selanjutnya panaskan minyak sekitar 3 sendok makan, kemudian tumis bahan bumbu halus, lalu masukan juga cengkeh serta kayu manis, aduk rata hingga harum.
  5. Selanjutnya tuang air dan juga masukan wortel, masak hingga layu dan matang.
  6. Kemudian masukan ikan yang sudah digoreng, kemudian masukan bumbu berupa merica, lalu gula, garam, lalu penyedap rasa dan juga beri kecap, aduk merata perlahan, masak hingga matang.
  7. Angkat dan siap disajikan bersama taburan bawang goreng.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Sop Ikan Haruan Goreng khas Kalimantan Selatan yang bisa anda buat dan sajikan di tengah-tengah keluarga tercinta. Sop ikan haruan dihidangkan bersama dengan nasi putih kemudian dotambah dengan kerupuk tentunya membuat nafsu makan keluarga anda akan bertambah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Sop Ikan Haruan Goreng khas Kalimantan Selatan pada semua teman serta keluarga tercinta anda dimanapun berada,dan jangan lupa juga untuk  memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda