Resep dan Cara Membuat Sayur Labu Siam Kuah Santan Kuning yang Lezat dan Praktis

Sayur labu siam kuah santan kuning ini bisa anda buat dengan mudah di rumah sebagai menu santap bersama keluarga.

Rasanya yang lezat akan senantiasa memanjakan lidah anda. Kuah santan yang melengkapi sayur labu siam ini akan membuat hidangan menjadi gurih. Komposisi bumbu serta rempah dan bahan pelengkap lainnya akan membuat hidangan menjadi lebih spesial.

Anda patut mencoba membuatnya di rumah, karena selain mudah prosesnya pun cukup praktis. Di bawah ini kami sajikan resep dan cara membuat sayur labu siam kuah santan kuning khusus untuk anda.

Sayur labu siam bumbu kuning

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sayur Labu Siam Kuah Santan Kuning yang Lezat dan Praktis

4.7 180

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

7 Porsi

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Sayur Labu Siam Kuah Santan Kuning yang Lezat dan Praktis

Bahan Utama Sayur Labu Siam Kuah Santan Kuning

  • 300 gram labu siam
  • 100 gram udang
  • 50 gram petai
  • 100 gram tempe
  • 4 buah cabai merah besar
  • 1 buah daun salam
  • 1000 ml santan
  • 1000 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Tumis Labu Siam Bumbu Santan

  • 2 buah bawang merah
  • 3 buah bawang putih
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Asam secukupnya

Cara Membuat Sayur Labu Siam Kuah Santan Kuning yang Lezat dan Praktis

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sebelum Diolah

  1. Jika bahan dan bumbu seperti di atas telah disiapkan, langkah yang harus anda lakukan yaitu kupas labu siam. Lalu potong labu siam tersebut membentuk dadu. Cuci labu tersebut hingga bersih, lalu tiriskan.
  2. Kemudian, rendam udang yang telah anda siapkan menggunakan air panas.
  3. Potong-potong cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Lalu masukan ketiga bumbu tersebut dan gula merah ke dalam blender. Haluskan ketiganya sampai benar-benar halus.
  4. Potong tempe membentuk dadu.

Cara Membuat/Memasak Sayur Labu Siam Kuah Santan Kuning

  1. Apabila bahan dan bumbu telah siap olah seperti di atas, kemudian langkah yang harus anda lakukan yaitu siapkan wajan atau panci. Kemudian masukan minyak goreng secukupnya. Panaskan minyak goreng tersebut. Apabila telah panas, masukan bumbu yang telah di haluskan. Tumis sampai mengeluarkan aroma.
  2. Apabila telah mengeluarkan aroma anda bisa tambahkan daun salam dan kunyit bubuk. Aduk sampai merata. Masukan udang, tumis hingga berubah warna.
  3. Selanjutnya, masukan labu siam yang telah anda potong-potong tadi. Aduk sampai merata dan masak hingga setengah lunak.4. Setelah itu, tambahkan santan. Aduk kembali sampai merata.
  4. Tambahkan air yang telah disiapkan. Aduk sampai merata. Lalu tambahkan petai.
  5. Bubuhi dengan bumbu-bumbu seperti garam dan gula pasir. Aduk sampai bumbu tersebut larut.
  6. Kemudian tambahkan tempe yang telah dipotong. Aduk kembali sampai merata. Masak semua bahan hingga benar-benar matang. Apabila telah matang, anda bisa langsung angkat dan sajikan.

Sayur labu siam kuah santan kuning ini bisa anda santap dalam keadaan hangat agar lebih nikmat, anda pun bisa menyantapnya bersama dengan nasi putih hangat.

Itulah resep dan cara membuat sayur labu siam kuah santan kuning yang lezat dan praktis. Semoga resep dari kami bisa menjadi referensi ketika anda hendak menyajikan menu santap untuk keluarga tercinta di rumah. Sebagai gambaran, di bawah ini kami sajikan video tutorial yang bisa anda simak.

Sangat mudah dan sederhana bukan? Yuk bagikan resep ini kepada orang-orang yang ada di sekeliling anda. Jangan lupa pula berikan komentar anda pada kolom komentar di bawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons