Resep dan Cara Membuat Sayur Jagung Putren yang Enak, Lezat dan Spesial

Musim hujan sudah tiba. Biasanya dimusim penghujan rasa lapar akan jauh lebih meningkat dibandingkan musim sebelumnya.

Untuk itulah, anda harus siap dengan menu makanan dirumah anda. Nah, kali ini ada hidangan lezat yang hangat yang bisa anda buat dirumah dengan mudah. Seperti apa sih resep membuat sayur jagung putren yang enak? Yuk, simak resepnya dibawah ini.

sup jagung putren

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sayur Jagung Putren yang Enak, Lezat dan Spesial

4.9 209

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sayur Jagung Putren yang Enak, Lezat dan Spesial

Bahan Utama Sayur Jagung Putren:

  • 100 gram jagung putren
  • 100 gram wortel
  • 100 gram jagung manis

Bumbu Untuk Sayur:

  • 2 buah cabai merah keriting, dicincang kasar
  • 1 cm jahe, dicincang kasar
  • 3 siung bawang putih, dicincang kasar
  • 3 buah tomat , dibelah dua
  • 2 sendok makan kecap ikan
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • 2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 5 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 1 sendok teh asam jawa
  • 1.000 ml air

Cara Membuat Sayur Jagung Putren yang Enak, Lezat dan Spesial

Tips Mempersiapkan Bahan Utama Sebelum Diolah:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan pada kesempatan kali ini adalah dengan mempersiapkan bahan-bahan utama. Hal ini penting sekali karena bahan-bahan utama harus dipotong dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak dan diolah menjadi hidangan yang sedap. Untuk itu, sebaiknya siapkan terlebih dahulu peralatan yang akan anda gunakan agar anda tak kesulitan saat menjangkaunya.
  2. Nah, kali ini sayuran yang akan dibersihkan adalah bahan utama yakni dengan membersihkan jagung putren. Untuk membersihkan bahan ini bisa dilakukan dengan membelah dua jagung dengan menggunakan pisau dan masukkan jagung kedalam wadah dan sisihkan sementara.
  3. Untuk jagung mais bisa dibersihkan terlebih dahulu bagian bonggol jagung, cangkang dan juga rambut jagung dengan menggunakan pisau. Jika jagung sudah bersih secara merata, silahkan pipil atau sisir jagung dengan menggunakan pisau. Hasil sisiran atau pipilannya bisa anda masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  4. Untuk wortel, silahkan kupas dan bersihkan bagian luar wortel. Setelah bersih, lanjutkan dengan memotong wortel dengan bentuk bulat. Sesuaikan ketebalan dengan selera anda. Masukkan kembali hasil potongannya dalam wadah yang sama saat anda memasukkan beberapa sayuran yang sudah anda bersihkan sebelumnya.
  5. Terakhir, silahkan bersihkan sayuran ini dengan menggunakan air bersih secara merata. Ketika membersihkannya, usahakan untuk sedikit meremas-remas sayuran agar kotorannya bisa dibersihkan secara merata. Angkat sayuran yang sudha dibersihkan dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Sayur Jagung:

  1. Setelah sayuran dibersihkan secara merata. Sekarang kita panaskan minyak dalam wajan yang sudah dipanaskan diatas kompor.
  2. Jika minyak sudah panas, silahkan tumis bawang putih bersama dengan cabai keriting, jahe dan juga daun jeruk. tumis bahan-bahan ini hingga tercium bau harum yang enak dan lezat.
  3. Lalu, masukkan jagung putren kedalam tumisan bersama dengan wortel dan juga jagung manis yang telah dipipil. Aduk-aduk hingga bahan-bahan ini setengah layu.
  4. Masukkan kecap asin bersama dengan merica bubuk, garam, gula pasir, asam jawa dan juga tomat. Aduk sebentar dan tuangkan air kedalamnya. Masak hingga mendidih dan bahan-bahan yang baru saja anda masukkan menjadi lebih matang secara merata.

Sajikan hidangan sayur jagung putren ini dalam mangkuk untuk kemudian diberikan taburan bawang goreng dan disantap saat hangat.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons