Resep dan Cara Membuat Sate Daging Sapi Madura yang Empuk dan Enak

Siapa yang tak kenal dengan sajian sate daging?

Hidangan daging yang dibuat dan diolah dengan cara memotong-motong daging sapi dan memanggangnya diatas bara api ini seringkali menjadi hidangan makanan istimewa yang banyak disukai. Hidangan ini umumnya akan dengan mudah bisa anda jumpai kapanpun dan dimanapun, terutama di pedagang kaki lima. Dan rasanya hampir setiap kita berkunjung ke daerah di nusantara, kita akan dengan mudah menemukan penjual sate.

Nah, bagi anda yang ingin membuat sendirI sajian sate daging. Kali ini kami memiliki resep membuat sate daging sapi Madura yang empuk dan enak. Seperti apa sih resep membuatnya? Inilah dia resep membuat sate daging sapi Madura yang empuk dan enak.

resep sate madura

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sate Daging Sapi Madura yang Empuk dan Enak

4.8 87

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sate Daging Sapi Madura yang Empuk dan Enak

Bahan Utama Membuat Sate Daging Sapi Madura:

  • 500 gram daging sapi has dalam
  • 150 ml kecap manis
  • 2 sdm air asam jawa
  • 150 gram kacang tanah kupas, disangrai, dicincang halus
  • 5 sdm minyak goreng

Bumbu yang Dihaluskan Untuk Membuat Sate Daging Sapi Madura:

  • 10 butir bawang merah
  • 1/2 sdt merica
  • 3 cm lengkuas
  • 1/4 sdt jintan
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt ketumbar
  • 60 gram gula merah, disisir halus
  • 3 buah cabai merah keriting

Cara Membuat Sate Daging Sapi Madura yang Empuk dan Enak

Cara Mengolah Daging Sebelum Dimasak:

  1. Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan terlebih dahulu memotong-motong daging Sapi yang telah disiapkan dengan bentuk dadu ukuran kecil. Jangan memotong daging terlalu besar atau terlalu tebal aga daging mudah matang secara merata.
  2. Setelah daging dipotong-potong, masukkan daging dalam wadah ukuran yang sedang dan sisihkan sementara kemudian tutupi bagian atas daging dengan menggunakan daun pepaya. Sisihkan sementara.

Cara Membuat Sate Daging Sapi Madura:

  1. Haluskan semua bahan yang harus dihaluskan, baik menggunakan belender atau dengan metode manual dengan menggunakan cobek dan ulekan. Haluskan semua bahan hingga benar-benar halus secara merata.
  2. Selesai menghaluskan bumbu, sekarang ambil daging dalam wadah yang sebelumnya disisihkan. Kemudian lumuri semua bagian daging dengan bumbu yang telah dihaluskan. Pastikan jika semua bagian daging dilumuri dengan baik dengan menggunakan bumbu halus yang anda buat.
  3. Setelah dilumuri dengan baik, sekarang bungkus daging dengan menggunakan daun pepaya agar daging menjadi lebih empuk dan mudah matang sewaktu dibakar.
  4. Sebelum dibakar, diamkan terlebih dahulu daging agar bumbu yang dilumuri bisa meresap pada daging dengan keseluruhan selama kurang lebih 2-3 jam.
  5. Setelah itu, baru siapkan panggangan dan ambil tusukan, silahkan tusuk-tusuk sate dengan menggunakan tusukan.
  6. Panggang sate hingga matang dengan bara api yang stabil. Sambil sesekali diberikan olesan kecap manis dan mentega untuk membuat rasanya lebih sedap dan nikmat.

Sate daging sapi khas Madura siap disajikan dan dihidangkan untuk keluarga tercinta. Sajian ini akan terasa lebih sedap dan mantap jika diberikan bumbu kacang tanah yang sedap dibagian atasnya dengan bertemankan acar timun yang sedap dan mantap. Demikian resep membuat sajian sate daging sapi khas Madura. Semoga resep ini bermanfaat dan selamat memasak.

Jangan lupa share resep hidangan special ini bersama dengan teman dan sahabat anda tercinta dan berikan komentar anda mengenai resep yang kami bagikan kali ini di kolom komentar dibawah ini.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons