Resep dan Cara Membuat Sate Daging Kambing Khas Madura Bumbu Kacang Asli yang Enak

Anda tentu tidak asing dengan sajian sate daging bukan?

Sajian makanan yang dibuat dari bahan dasar daging yang dibuat dengan cara menusuk-nusuk potongan daging dan diolah dengan cara dibakar ini memang memiliki aroma yang menggoda dan rasa yang begitu nikmat.

Selain itu, di tanah air sendiri ada begitu banyak jenis dan ragam sate yang hadir. Namun dari sekian banyak jenis sate tersebut, sate Madura merupakan salah satu favorit masyarakat Indonesia dan seringkali menjadi pilihan yang tepat untuk menyantap sate. Nah, berikut ini kami pun akan berbagi resep dan cara membuat sate daging kambing khas Madura dengan bumbu kacang. Seperti apa resep dan cara membuatnya? Kita simak berikut ini.

resep sate kambing madura bumbu kacang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sate Daging Kambing Khas Madura Bumbu Kacang Asli yang Enak

Review

4.9 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sate Daging Kambing Khas Madura Asli yang Enak

Bahan Utama Untuk Membuat Sate Daging Kambing Madura:

  • 500 gram daging kambing
  • 2 buah jeruk limau
  • 150 ml kecap manis
  • 20 tusuk sate

Bahan Membuat Bumbu Kacang:

  • 500 ml air
  • 1 buah jeruk limau
  • 100 ml kecap manis

Bahan Bumbu Kacang yang Dihaluskan:

  • 250 gram kacang tanah, goreng
  • 2 buah cabe merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • garam secukupnya

Cara Membuat Sate Daging Kambing Khas Madura Bumbu Kacang Asli yang Enak

Cara Membuat Sate Daging Kambing:

  1. Langkah pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu yakni dengan memotong-motong daging kambing dengan bentuk dadu sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Hanya saja, jangan memotong daging terlalu besar, agar daging yang dibakar dapat matang secara merata dan keseluruhan.
  2. Setelah daging dipotong, sekarang masukkan daging dalam wadah ukuran sedang dan cuci bersih daging dengan menggunakan air mengalir dan pastikan jika kotoran yang ada pada daging dihilangkan dengan keseluruhan.
  3. Selesai dicuci, sekarang ambil tusukan sate dan tusuk-tusuk sate menggunakan tusukan. Lakukan hal yang sama pada semua bagian sate secara merata.
  4. Bungkus sate dnegan menggunakan dau pepaya yang diremas-remas kemudian sisihkan sementara sebelum kita buat bumbu kacangnya.

Cara Membuat Bumbu Kacang:

  1. Pertama, campur semua bahan bumbu kacang yang telah dihaluskan, kemudian campurkan dengan kecap manis dan air.
  2. Masak campuran ini diatas wajan hngga berminyak dan matang. Setelah matang angkat masakan saus kacang.
  3. Ambil sedikit bagian saus kacang, masukkan dalam mangkuk dan olesi daging yang dibungkus dengan menggunakan bahan saus kacang secara merata.
  4. Diamkan daging selama kurang lebih satu jam dan pastikan jika bumbu olesan daging bisa merata pada semua permukaan daging.
  5. Setelah didiamkan, baru siapkan panggangan dan bakar sate diatas bara api, sambil sesekali berikan sedikit olesan margarin dan saus kecap secara merata.

Jangan lupa untuk membulak-balikan sate yang dibakar agar matang merata. Setelah matang, angkat sate dari pembakaran dan sajikan dalam piring saji kemudian sajikan dengan bumbu kacang yang masih tersisa. Dihidangkan selagi panas dari pembakaran akan lebih menggoda dan disantap saat hangat akan terasa lebih lezat, apalagi jika bertemankan dengan nasi putih hangat. Rasanya tidak akan ada yang menandingi.

Demikian resep membuat sate Madura bumbu kacang yang asli dan begitu enak. Semoga resep ini bermanfaat dan selamat mencoba memasaknya dirumah anda.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda mengenai resep yang diposting kali ini.

Loading...

Resep Daging Trending

resep semur daging Resep Daging Sapi Special
Resep Soto Daging Resep Soto Daging Sapi Bening Enak dan Spesial
 Resep Rendang Daging  Aneka Resep Rendang Sapi Mudah dan Lezat
 Resep Semur Daging Resep Semur Daging Sapi Pedas nan Spesial
 Resep Bola-Bola Daging Resep Bola-Bola Daging Cincang Mudah dan Praktis