Resep dan Cara Membuat Risotto Seafood yang Mudah, Enak dan Lezat

Hidangan risotto seafood adalah hidangan yang enak dan lezat.

Sajian ini akan cocok anda sajikan untuk keluarga dirumah dan dinikmati selagi hangat. Selain menambahkan berbagai macam hidangan seafood, sajian risotto ini sebenarnya bisa dibuat dari beraneka ragam bahan yang anda sukai seperti menambahkan daging, sayuran atau mungkin ayam.

Nah, agar anda juga bisa menyajikan hidangan mudah dan lezat dari mancanegara ini. Maka mari kita langsung simak seperti apa resep membuat risotto seafood dibawah ini.

risotto seafood

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Risotto Seafood yang Mudah, Enak dan Lezat

Review

4.6 review 502

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Risotto Seafood yang Mudah, Enak dan Lezat

Bahan Utama Risotto:

  • 300 gram beras risotto
  • 150 gram udang
  • 50 gram kacang polong
  • 100 gram kerang hijau
  • 150 gram cumi

Bahan dan Bumbu Risotto:

  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 buah bawang bombay, cincang kasar
  • 2 sendok makan mentega tawar
  • 1/2 sendok teh merica hitam, tumbuk halus
  • 600 ml kaldu udang, dari rebusan kepala dan kulit udang
  • 50 gram keju parmesan parut
  • 3 sendok makan mentega tawar, untuk menumis

Cara Membuat Risotto Seafood yang Mudah, Enak dan Lezat

Cara Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Lakukan hal yang pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan utama diatas. Maksudnya mempersiapkan disini adalah dikarenakan bahan diatas harus dipotong dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak menjadi hidangan yang lezat dan enak. Untuk itu, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan anda butuhkan untuk memotong seperti pisau, talenan dan juga beberapa wadah.
  2. Setelah disiapkan, silahkan bersihkan bahan yang pertama yakni beras risotto. Untuk membersihkan beras ini bisa dilakukan dengan memasukan beras kedalam wadah untuk kemudian cuci bersih beras dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan kuman pada beras.
  3. Selanjutnya, untuk udang silahkan kupas kulit udang dengan mengunakan tangan dan potong bagian kepala. Akan tetapi, bagian kepala udang ini tidak dibuang sebab akan digunakan untuk membuat kuah kaldu udang. Setalah dikupas, sisakan bagian ekor dan masukkan dalam wadah dan sisihkan.
  4. Untuk cumi, kerat-kerat cumi dengan menggunakan pisau dan potong dengan bentuk kotak-kotak sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Lalu sisihkan juga.
  5. Sementara untuk kerang hijau, silahkan bersihkan kerang dengan air bersih dan bershkan pula bagian luar kulit kerang dengan digosok menggunakan sponge dan angkat jika sudah bersih. Lalu rebus kerang dalam panci dengan air. Setelah itu kupas kulit kerang dan sisakan daging kerang dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  6. Untuk kacang polong, silahkan masukkan kacang dalam wadah dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Risotto Seafood:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan setelah bahan-bahan utama dibersihkan, adalah dengan menumis bawang bombay dalam wajan yang telah diberikan minyak dan dipanaskan. Tumis bahan ini hingga tercium bau harum yang lezat dan nikmat.
  2. Kemudian, masukkan udang bersama dengan kerang hijau dan juga cumi kedalam tumisan. Aduk-aduk bahan tersebut hingga warnanya berubah secara merata.
  3. Tuangkan beras risotto kedalam tumisan seafood dan aduk-aduk secara merata hingga bahan ini tercampur.
  4. Masukkan kaldu udang yang dibuat dari kepala udang. Aduk-aduk secara merata.
  5. Kemudian masukkan kacang polong dan bubuhi dengan garam juga merica hitam. Aduk-aduk secara merata dan masak hingga air kaldu terserap kedalam beras secara merata. Tutup panci dan masak selama kurang lebih 10 menit sampai risotto matang secara merata.

Menjelang diangkat, sajikan bersama dengan parutan keju parmesan yang ditaburkan dibagian atasnya. Sajikan saat hangat.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda dibawah ini.

Loading...