Resep dan Cara Membuat Risotto Sayuran yang Enak, Lezat dan Sehat

Hidangan risotto sayuran adalah sajian istimewa yang lezat dan akan dapat anda buat dirumah.

Mengapa demikian, karena pembuatan dan resepnya akan kami bahas kali ini sehingga akan terasa lebih mudah untuk anda agar bisa menyajikan hidangan ini.

Selain daripada sayuran, berbagai macam bahan lain sebenarnya bisa dimasukan dan dibuat untuk risotto semisal seperi ikan, udang, ayam, daging dan lain sebagainya. Akan tetapi, kali ini kita akan buat versi yang mudah dan sehat dengan memasukan sayuran. Yuk, simak seperti apa resep membaut risotto sayuran yang enak berikut ini.

risotto sayuran

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Risotto Sayuran yang Enak, Lezat dan Sehat

4.7 354

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Risotto Sayuran yang Enak, Lezat dan Sehat

Bahan Utama Risotto:

  • 1 1/2 cup beras Arborio
  • 1/4 cup kacang polong
  • 1/4 cup buncis
  • 1/4 cup keju Parmesan
  • 1/4 cup jamur

Bahan dan Bumbu Risotto:

  • 1 bawang bombai putih ukuran kecil
  • 3 sdm mentega
  • 3 cup kaldu ayam
  • 1/4 sdt saffron
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm Dill (sejenis daun rempah-rempah)

Cara Membuat Risotto Sayuran yang Enak, Lezat dan Sehat

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Untuk cara yang pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu membersihkan dan mempersiapkan bahan utama yang sudaha nda persiapkan. Hal ini penting skeali karena bahan utama ini harus kita proses sebelum dimasak menjadi hidangan yang enak dan lezat.
  2. Nah, untuk bahan pertama yang akan dipersiapkan adalah beras risotto. Masukkan beras ini dalam wadah untuk kemudian bawa ke tempat cucian. Di tempat cucian, silahkan bersihkan beras dengan air bersih dan buang air cuciannya. Hanya saja, jangan sampai beras risotto hanyut bersama dengan air yang anda buang. Dengan itu, maka gunakan tangan untuk menutupi bagian baskom saat anda membuang airnya.
  3. Selesai membersihkan air cucian dari beras risotto, lanjutkan dengan membersihkan kacang polong. Jika anda menggunakan kacang polong kaleng, silahkan buka bagian kaleng dan tiriskan airnya. Lalu sisihkan sementara.
  4. Untuk buncis, silahkan bersihkan bagian ujungnya dan berishkan pula bagian serat buncis yang ada dipinggirnya. Kemudian potong-potong dengan ukuran 2 cm dan sisihkan dalam wadah.
  5. Sementara untuk keju parmesan, silahkan siapkan wadah kcil dan parutan. Lalu parut keju dengan menggunaka parutan dan masukkan hasil parutannya dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  6. Untuk jamur, silahkan suwir-suwir atau potong jamur dengan bentuk dan ukuran yang anda inginkan dan masukkan hasil potongannya dalam wadah lalu sisihkan juga.

Cara Membuat Risotto Sayuran:

  1. Untuk membuat risotto kali ini, silahkan panaskan wajan dan berikan minyak goreng kedalamnya. Tunggu hingga minyak yang baru saja anda masukkan menjadi lebih panas secara merata.
  2. Selanjutnya, tumis bawang bombay yang telah dicincang dengan menggunakan api sedang hingga layu dan mengeluarkan aroma harum yang sedap.
  3. Selanjutnya, masukkan beras risotto kedalamnya. Aduk-aduk merata agar beras dan bawang tercampur. Lalu biarkan beras tersangrai dalam wajan selama kurang lebih 1-2 menit agar bumbu dari bawang meresap kedalam beras.
  4. Selagi menunggu, panaskan kaldu ayam dalam panci yang terpisah dna gunakan api sedang lalu didihkan. Tambahkan helaian saffron da masukkan dalam kaldu.
  5. Masukkan kaldu kedalam beras risotto dan masak hingga kuah kaldu menyusut sambil terus diaduk-aduk secara merata.
  6. Masukkan sayuran kedalamnya, aduk-aduk secara merata dan masukkan bumbu seperti garam dan merica. Aduk hingga tercampur.
  7. Terakhir masukkan parutan keju dan sajikan.

Hidangan ini akan siap disantap dan dinikmati selagi masih hangat.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons