Resep dan Cara Membuat Rendang Daging Telur Puyuh yang Spesial dan Enak

Anda tentu tidak asing dengan sajian rendang daging.

Hidangan nikmat yang diolah dengan cara memasak daging bersama dengan santan dan bumbu rempah yang beragam ini memang memiliki cita rasa yang begitu kaya dan khas nusantara.

Nah, jika biasanya anda seringkali menyantap sajian rendang daging yang biasa. Bagaimana jika kali ini anda dapat merasakan dua sensasi berbeda antara daging dan telur dalam satu sajian yang sama yakni rendang?

Nah, resep membuat rendang daging telur puyuh kali ini adalah jawabannya. Bagaimana, penasaran seperti apa resep membuat rendang dagng telur puyuh yang special dan enak? Kita simak resepnya berikut ini.

resep rendang daging telur

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Rendang Daging Telur Puyuh yang Spesial dan Enak

4.9 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Rendang Daging Telur Puyuh yang Spesial dan Enak

Bahan Utama Rendang Daging Telur Puyuh:

  • 300 gram daging
  • 1.5 liter santan (dari 2 butir kelapa)
  • 1/2 sdt garam
  • 15 butir telur puyuh, direbus
  • 100 gram kacang merah segar, direbus
  • 6 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
  • 2 buah asam kandis
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Rendang Telur Puyuh yang Dihaluskan:

  • 10 butir bawang merah
  • 25 gram cabai merah besar
  • 2 sendok teh garam
  • 3 siung bawang putih
  • 75 gram cabai merah keriting
  • 2 cm jahe
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Rendang Daging Telur Puyuh yang Spesial dan Enak

Cara Mengolah Daging:

  1. Pertama-tama sebelum daging kita berikan bumbu dan olah sedemikian rupa, ada baiknya jika terlebih dahulu kita olah dan cuci bersih daging agar kotoran yang ada pada daging bisa dihilangkan. Potong-potong daging dengan bentuk persegi seukuran yang diinginkan.
  2. Setelah daging dipotong-potong kesemuanya, silahkan cuci daging dengan air bersih dan pastikan semua kotoran pada daging dibersihkan dengan benar.
  3. Setelah daging dibersihkan, tuangkan daging kedalam wadah dan tiriskan air cuciannya.

Cara Memasak Rendang Daging Telur Puyuh:

  1. Siapkan wajan tuangkan satu sendok makan minyak, tunggu hingga panas dan tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk dan tumis hingga bumbu yang ditumis tercium bau harum dan daun rempah yang baru saja dimasukkan menjadi lebih layu.
  2. Setelah selesai dengan tumisan yang sudah tercium bau harum, masukkan santan kedalam tumisan, aduk-aduk hingga merata dan pastikan santan yang baru saja dimasukkan tidak menjadi pecah, untuk itu lanjutkan mengaduk.
  3. Masukkan asam kandis dan dan aduk-aduk hingga asam larut kedalam rebusan santan hingga merata.
  4. Masukkan daging yang sudah dipotong-potong dan telur puyuh yang sudah direbus masak hingga daging empuk dan kuah santan menjadi lebih kering.
  5. Masukkan kacang merah dan aduk-aduk hingga kacang menjadi lebih empuk dan bumbu meresap kedalam kacang maupun daging secara merata.

Apabila kuah santan sudah mengental dan hampir mengering, itu tandanya masakan rendang kita telah matang. Ambil piring saji, matikan kompor dan tuangkan rendang daging bersama dengan butiran telur puyuh kecil dan hidangkan. Hidangan ini akan terasa lebih lezat jika disajikan dan disantap beramai-ramai dengan anggota keluarga. Apalagi jika disantap dengan nasi hangat yang pulen. Sudah pasti rasanya akan terasa begitu nikmat dan begitu lezat. Nah, dengan melihat resep ini, anda akan dapat membuat hidangan rendang daging telur puyuh dirumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Silahkan klik tombol share dibawah ini untuk berbagi resep dengan teman dan sahabat anda serta jangan lupa untuk memberikan komentar anda di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons