Resep dan Cara Membuat Puding Semangka yang Enak, Lembut dan Istimewa

    Bosan dengan sajian puding yang itu-itu saja? Ingin menyajikan puding yang lebih spesial dan cantik untuk keluarga tercinta di rumah? Anda bisa membuat puding semangka yang enak dan lembut. Puding bentuk semangka ini siap menghiasi meja di rumah anda.

    Puding semangka istimewa ini bisa dijadikan sebagai makanan penutup, cemilan atau suguhan  untuk tamu. Rasanya yang lezat dijamin akan membuat mereka ingin setiap saat mengunjungi rumah anda.

    Mari buat puding semangka di rumah dengan langkah dan resep  yang praktis ini. Di bawah ini kami hadirkan resep dan cara membuat puding semangka  untuk anda semua. ( Baca juga : Aneka Resep Dessert )

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Puding Semangka yang Enak, Lembut dan Istimewa

    Review

    4,9 review 980

    Waktu Memasak

    Persiapan : 20 menit

    Memasak : 60 menit

    Total : 80 menit

    Jumlah Porsi

    18 potong

    Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Puding Semangka yang Enak, Lembut dan Istimewa

    Bahan Puding Warna Merah

    • 250 gram daging jambu biji merah
    • 250 ml air
    • 1 bungkus agar-agar putih
    • 100  gram gula pasir
    • 4 tetes pewarna makanan merah
    • 4 buah putih telur
    • 2 sendok makan gula pasir
    • 30 gram kismis

    Bahan Puding Kuning

    • 1 bungkus agar-agar putih
    • 200 ml air
    • 50 gram gula pasir
    • 2 tetes pewarna makanan kuning

    Bahan Puding Hijau

    • 1 bungkus agar-agar putih
    • 300 ml air
    • 50 gram gula pasir
    • 3 tetes pewarna makanan hijau tua

    Cara Membuat Puding Semangka yang Enak, Lembut dan Istimewa

    Cara Menyiapkan Bahan-Bahan

    1. Pertama kali langkah yang harus dilakukan yaitu memotong-motong daging jambu biji merah yang sudah disiapkan agar lebih mudah untuk dihaluskan.
    2. Kemudian potong kismis berbentuk kecil. Selain kismis, anda bisa menggantinya dengan menggunakan biji selasih yang sudah direndam dalam air panas sampai mengembang.

    Cara Membuat Puding Semangka

    1. Silahkan siapkan blender yang akan digunakan untuk menghaluskan daging jambu biji merah. Lalu masukan jambu biji yang sudah anda potong-potong tadi bersama dengan air. Blender daging hingga halus dan ukur sekitar 450 ml.
    2. Setelah itu, masukan jambu yang sudah diblender bersama dengan gula pasir sebanyak 100 gram dan agar-agar ke dalam panci berukuran kecil. Masak semua bahan-bahan tersebut sambil diaduk hingga mendidih. Lalu berikan pewarna makanan merah sebanyak 4 tetes dan aduk hingga warna tercampur rata.
    3. Langkah selanjutnya, silahkan kocok putih telur sampai mengental.  Masukan sedikit demi sedikit gula pasir sambil terus dimixer sampai adonan kaku.
    4. Kemudian tuangkan adonan agar-agar ke dalam adonan putih telur. Lalu aduk sampai adonan merata.
    5. Silahkan tuangkan adonan yang pertama ke dalam wadah atau cetakan berbentuk segitiga yang sudah diolesi menggunakan air matang sebelumnya. Sisipkan potongan kismis dalam adonan. ( Lihat juga : Puding Roti )
    6. Sambil menunggu hingga adonan yang pertama beku, anda bisa mengolah adonan kedua atau puding kuning. Pertama silahkan tuangkan agar-agar dalam panci bersama dengan air. Aduk sampai merata. Masukan gula pasir dan terus aduk hingga gula larut.
    7. Setelah itu tambahkan 2 tetes pewarna makanan kuning. Aduk sampai merata. Tuangkan adonan yang kedua ini di atas adonan yang pertama yang sudah beku. Kembali dinginkan.
    8. Untuk membuat adonan hijau, anda bisa melakukannya dengan langkah yang sama seperti adonan kuning. Jika adonan sudah jadi silahkan tuangkan di atas adonan kuning yang sudah beku. Dinginkan semua adonan hingga beku.
    9. Jika adonan puding sudah dingin silahkan masukan ke dalam lemari es. Kemudian keluarkan dari cetakan dan potong-potong sesuai selera.

    Demikian resep dan cara membuat puding semangka. Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk  share resep ini kepada teman anda.

    Loading...